Tips Merawat Anak Kucing

pose tidur Dorami yg aneh... XD

tidur sambil salto ala Dorami :|

Nemu anak kucing yg terlantar ditinggal induknya di pinggir jalan dan berniat utk memeliharanya? Berikut adalah beberapa tips dr saya :

.

.

1. Anak kucing tampak lemas dan tidak sehat? Ada baiknya dibawa ke klinik hewan terlebih dahulu utk memastikan kondisinya. Kita nggak pernah tau kan anak kucing itu udah ngapain aja dan udah diapain aja? Jd lebih baik dibawa ke klinik dulu utk memastikan sekaligus meminta saran dokter serta resep obat jika dibutuhkan. Itu jg kalau memang bermurah hati utk mengeluarkan sejumlah uang utk kucing tersebut, sih. :) Berdasarkan pengalaman, sekali check up biasanya ngabisin 40.000 rupiah. Tp itu biaya check up nya doang. Belum sama obat-obatannya. Oya, dokter jg bisa memperkirakan usia anak kucing karena penanganan lebih lanjut harus sesuai dgn usia si kucing jg.

.

.

2. Begitu pulang dr klinik, beri SUSU YANG TIDAK MENGANDUNG LAKTOSA pd anak kucing. Kebanyakan kesalahan orang awam dlm memelihara anak kucing yg tidak memiliki induk adalah memberi anak kucing tersebut susu sapi yg biasa dikonsumsi oleh manusia (dimana mengandung laktosa). Berdasarkan buku yg saya baca *ciyeeehh… berasa kutu buku deh gue* tubuh kucing tidak memiliki enzim utk mencerna laktosa tersebut sehingga dapat menyebabkan kucing diare bahkan bisa mati. Sebenarnya, susu khusus utk anak kucing bisa dibeli di pet shop. Tp harganya mahal banget, bo’! Lebih mahal kayaknya drpd susu sapi utk manusia. Salah 1 solusinya adalah dgn memberi susu kacang kedelai (dimana tidak mengandung laktosa) yg banyak dijual di supermarket. Harganya pun lebih terjangkau. Gunakan pipet utk memberi susu, tapi tetep harus hati-hati supaya anak kucing tidak tersedak. Dan oh ya, biasakan memberi susu dlm keadaan hangat atau dipanaskan terlebih dahulu.

.

.

3. Makanan utk anak kucing disesuaikan dengan usianya. Usia kurang dr 1 bulan, sebenarnya belum boleh diberi makan. Ia hanya mampu mengkonsumsi susu saja. Jika usianya antara 1 hingga 2 bulan (CMIIW), sudah bisa diberi makanan, tapi yg lembek dan mengandung air (bisa dibeli di supermarket jg). Setelah usia 2 bulan, anak kucing mulai mampu mengkonsumsi makanan padat dan kering karena di usia ini biasanya gigi sudah mulai tumbuh sempurna. *beuh… berasa jd dokter hewan bener* =)) Letakkan makanan di tempat makanan yg tidak mudah tumpah. Kalau perlu, beli tempat makan khusus hewan yg memang sudah disesuaikan dgn kebutuhan kucing. ;) Oh ya, kucing biasanya akan diare ketika makanannya diganti. Jd kalo mau ganti menu makanan utk kucing, lakukan secara bertahap.

.

.

4. Berdasarkan pengalaman (…dan buku yg saya baca), mata anak kucing sering sekali mengeluarkan cairan. Oleh sebab itu, lebih baik bersihkan dan usap kedua mata anak kucing dgn air hangat supaya kotoran tidak menumpuk di kedua matanya. Paling tidak sekali sehari, sih…

.

.

5. Ajarilah anak kucing membuang kotoran pd tempatnya sejak usia dini. *kalo yg ini sih bahasanya ibu-ibu yg lg ngasih tips seputar anak =)) * Karena kotoran kucing itu bisa jd mengandung protozoa (toksoplasma) yg berbahaya bagi manusia, khususnya bagi perempuan dan ibu hamil. Banyak banget yg nanya, gimana caranya supaya kucing nggak buang air sembarangan lagi? Caranya adalah dgn meletakkan nampan khusus (biasanya disebut litter tray) berisi pasir yg diletakkan di sudut yg nyaman dan sepi (karena kucing butuh konsentrasi dlm membuang kotorannya :)) ) . Kemudian triknya adalah, biasakan meletakkan kucing di atas pasir tersebut sesering mungkin supaya ia terbiasa. Karena, secara naluri sebenarnya kucing selalu mencari pasir sebelum membuang kotoran. Percayalah! It works, pada Dorami! :D

.

.

6. JANGAN memberi obat cacing pd anak kucing yg usianya masih kurang dr 1,5 bulan. Iya, sengaja saya capslock di bagian “jangan” karena benar-benar larangan keras. :| Berdasarkan pengalaman, memberi obat cacing pd anak kucing TIDAK pd usianya dan TIDAK dgn takaran yg tepat, dapat menyebabkan anak kucing muntah-muntah dan tidak nafsu makan lg. *yak, beneran… ini kejadian pd Dorami :(( * Mengenai dosis, lebih lanjut sebenarnya bisa ditanyakan pd dokter hewannya langsung sih karena memang tidak bisa sembarangan.

.

.

7. Anak kucing yg jarang keluar rumah cukup dimandikan 2 minggu sekali saja. Eh, tp sebenernya soal mandi ini jg tergantung, sih. Si anak kucing suka maen dan ngobok-ngobok tempat sampah, nggak? (kayak Dorami :P ) Kalo itu mah begitu badannya terasa lengket dan kotor, lebih baik langsung dimandiin aja. :)) Tp sebenarnya, secara naluri kucing tidak suka pd sesuatu yg kotor. Begitu ada sedikit kotoran menempel di badan dan kakinya, pasti dia langsung risih dan kotorannya tersebut langsung dijilat-jilat sampai bersih. Oh ya, kalau mau membeli shampoo khusus kucing, harganya cukup bervariasi. Mulai dr 30.000 hingga yg mahal banget sampe ratusan ribu rupiah jg ada. (hasil survey di pet shop. hihihi…)

.

.

8. Soal vaksin (seperti vaksin rabies), ada baiknya dikonsultasikan ke dokter hewan dulu karena vaksin akan diberikan secara berkala. (sebenarnya saya tau sedikit ttg vaksin ini. tp saya lg malas aja ngejelasinnya karena buntut-buntut nya tetap butuh penjelasan yg panjang =)) ) Yg jelas, sekali vaksin butuh biaya sekitar 130.000.

____________________________________

See? Punya binatang peliharaan itu susah-susah gampang. Nggak jauh beda mah dgn merawat anak sendiri. Apalagi kalo binatang peliharaannya masih kecil dan tidak punya induk. Siap-siap ajalah jd ibu tiri. :)) Dalam memelihara hewan pun, sebenarnya butuh ilmu. Nggak bisa asal adopsi trus hewannya cuma diliat-liat kayak pajangan doang tanpa dipelihara dgn benar. Mereka jg makhluk hidup. Kalau merasa mampu memeliharanya, pelihara lah dgn tanggung jawab. :)

Beberapa malam yg lalu, saya dan Mbubh tanpa sengaja menemukan anak kucing yg hidung dan mulutnya mengeluarkan darah. Tubuhnya kaku banget, bikin khawatir. Padahal induknya ada loh di deket situ, mengawasi anaknya yg sedang sekarat ini. Tp ya induknya tampak tak mampu berbuat apa-apa. *ya iyalah… gimana caranya dia mau nolongin anaknya, coba? :( * Oleh sebab itu, saya dan Mbubh berinisiatif membawanya ke klinik hewan dan memeriksakannya. Bahkan Mbubh bela-belain beli kandang khusus hewan kalau-kalau lain waktu kami menemukan kucing (eh, bisa jd binatang yg lain jg) yg sekarat lg karena udah beberapa kali kejadian, kayak Dorami jg. :)) Untunglah sekarang kondisi anak kucing tersebut sudah semakin membaik. ^^

Sudah, cukup sekian tips dr saya. :D Semoga bermanfaat. ;)

64 thoughts on “Tips Merawat Anak Kucing

  1. @ Chic, Obi-wan : hahaha… Emangnya tito bisa ya nulis kayak gini? Kalo bisa sih aku salut. 😀 Oooppss… *dijewer mbubh*

    @ nikenmakki : iya, melihara kucing emang ada resikonya, sih. kalo mau cari aman, memang lebih baik jangan terlalu dekat dgn kucing. ;))

  2. wuahh… tipsnya lengkap banget. sepertinya disupervisi sama pak dokter :D

    sering liat anak kucing yang merana, ga tega, tapi ga bisa ngambil juga. jadinya yaa saya meleng aja.

    btw, layoutnya keren. blog-nya pakar IT emang beda ya :D

  3. hahaha.. boleh2, berarti kudu serius yaa kalo emang mau niat melihara kucing..

    selama ini pengen punya kucing tapi males ribet2 kaya di atas :|

  4. Idem sama Ridu, males ribetnya. Padahal kasian kalo liat anak kucing kayak gitu. Di tambah, saya jarang pulang. Nanti kalau saya nemu anak kucing dengan kondisi memperihatinkan, saya kasih ke Mbak Jum aja deh ya. :D

  5. ternyata ribeeeeeeeeta! waktu kecil justru pwenah melihara anak kucing sampe gede banget, tapi sayangnya setelah2 bertahun2 bersahabat saya malah harus pindah ke kota lain.. :'(
    setelah itu males melihara kucing lagiiii

  6. @ Popi : iya, Dorami tuh emang ngegemesin banget. kalo udah deket dia, gemes pengen nyiumin. :-*

    @ Hey, Jude! : hihihi… ini tipsnya berdasarkan pengalaman pribadi, buku, saran dokter, dan info dr tito jg. :D eh? pakar IT??? siapa??? siapaaa…??? =))

    @ ridu : sebenernya utk beberapa hal, ga wajib jg kok, du. ;)) kayak ngasih obat cacing, mandiin, dan vaksin itu ga terlalu wajib, kok. :P

    @ Payjo : boleh, boleh dikasih ke aku. tp nanti ya, kalo Dorami udah gede. :)) ngurusin 1 baby aja repotnya udah setengah mati, loh. =))

    @ suci : mungkin karena kamu sehati dgn kucingmu itu. jd susah pindah ke lain hati. hihihi… ;))

  7. benar.. benaarr… saya setuju! peliharalah pet-mu dengan penuh tanggungjawab. mereka mahluk hidup yg juga bisa merasakan sakit, panas, dingin, bosan, stress, dll….
    mereka bukan barang pajangan.

  8. Emank yang dimaksudkan, kucingnya dalam jenis apa mas????Ras Kucing Tiffany,Kucing Toyger, kucing Siam, kucing turkish van, Ragdoll, kucing persia, ato…????

  9. @ phery : hahaha… iya, sih. melihara kucing sepertinya memang membutuhkan waktu khusus. :D

    @ de asmara : gaya tidur Dorami emang suka aneh-aneh, mbak. kadang sambil jungkir balik, kadang sambil ngumpet di dlm celanaku, kadang sambil nungging di balik bantal. ngibur banget dah pokoknya. bikin ngakak tiap bentar. =))

    @ Dika : wah, aku belum pernah memelihara kucing ras. ini berdasarkan pengalaman memelihara kucing kampung doang, sih. :D tp informasi di sini jg saya ambil dr buku yg jg membahas kucing ras. bedanya cuma kekebalan tubuh kucing kampung biasanya lebih kuat dr kucing ras. kalau kucing ras bener-bener ga boleh dikasih makan sembarangan, kalo kucing kampung sih kadang masih bisa “toleransi” terhadap beberapa jenis makanan. ;) engg… btw, saya cewe loh. kok dipanggil “mas”? :|

  10. jadi inget dulu kucing saya si Mio juga ngak punya induk pas dikasih susu coklat ngak mau, hanya mau susu putih aja. waktu itu saya kasih dia susu dancow. alhamdulillah cocok malah dia doyan :D

  11. @ delia : wah, baguslah kalo info ini bermanfaat. :D salam kenal kembali. ;) salam ya buat anak kucingnya. :-*

    @ benx : huakakakak… =)) usulan yg bagus! :)) Dorami bisa maen pelem ga, yah? :-?

    @ cocoret : oh… kalo utk yg 1 itu kayaknya ga bisa diajari. harus bakat alami. [-(

    @ orange float : coba perhatiin pup-nya. agak encer dan terlihat ada berkas darah ga dibagian dub*rnya? kalo iya, itu tandanya sebenarnya kucing diare. :D kalo kucingnya masih keciiil banget, ga sampe 1 bulan umurnya, bisa mati loh kalo sampe diare. :P

  12. mbak aku punya kucing yang baru melahirkan.ibunya dulu sih gak suka friskis,…aku sih mau ngasih friskis ke dia nantinya takut ia gak mau kayak ibunya.gmna nih mbak

  13. gi mana mau mengobati kucing yang sering muntah kekuningan..selalu banget ngak mau makn minum pun ngak..
    tolong emailakn saya jawapannya..di tempat saya tidak ada klinik haiwan…

  14. salam kenal…
    aku baru jadi kakek yg dikaruniai 3 ekor cucu lucu2… hihi
    tp karna induknya ga becus ngerawat anak… jd aku ingin ngerawat mereka…
    yg pingin aku tanyain… untuk pemberian susu formula bayi takarannya gimana? lalu apa mesti teratur ato ketika mereka lagi lapar aja?
    thanks….

  15. salam kenal. . . aq seorang ibu baru,yang ngadopsi anak kucing yang blm bsa “meong”, jenis betina dan sangat lucu, suka bingung gmn cara ngerawatnya. mau bawa ke dkter hewan disini masih langka. sekarang si ‘bubu’ punya sodara (kya’nya sie bnran sodara, cz akrab bgt, makan maunya 1 tmpat, pub jga, bo2 tumpuk2an, mau mandiin tp takut klo sakit.. bingung ngerawatnya,gmn ya? tolongin dong… thx

  16. q baru nich dlm maslh kcing…drmh q skrang ad kitten yg bru brumur 1 mnggu yng dtinggal induknya,slurhnya da 4, yg 3 dibwa ma induknya, cm herannya yg 1 ni ga dbawa…q dah cba kasih dia susu frmula,cm susah jga cara msukin kmulutnya..kra2 gmna cara ngasih susunya spya ga nyakitin dia? berapa kali dia harus dkasih makna(susu) dlm 1 hari’n apabila dia lg tdur pa mesti dbangunin? hehehehe… brapa takaran susu yg harus masuk per 1X makan? mhon pecerahannya :) Thanks

  17. waa….tips yg lengkap, pas sma yg aq cari.. ;)
    mw tnya dunkz, klo bersihin tempat tidur kucing, tempat kotoran kucing pke apa y? apa ckup pke air aja? apa pke cairan apa…gt…hehehehe… :D

  18. tips’na keren,jd sngat terbantu…
    aq mw tanya nich,,tw gga dokter hwan/klinik hwan yg pemerintahan punya..atw yg kra2 biaya’na gga tlu mahal..??

  19. makasih ya… dah berapa juta jiwa kucing yang gw biarkan tergeletak ngeong-ngeong tapi gw bingung miaranya….. akhirnya tau dah.

  20. Thx sista infonya….soalnya anak kucing gw ditinggal induknya yg mati kelindes org yg g bertanggung jawab :( makanya bingung gmn cr memeliharanya…umurn anak kucingnya kira2 baru 1 bulan lagi lucu2nya baru suka main… :)

    sekedar sharing…untuk nentuin dosis obat ke kucing bisa kita gunakan faktor konversi. Faktor konversi dosis dari manusia ke kucing 0,076 maksudnya jika dosis obat A untuk manusia 400mg/KG BB, maka dosis untuk kucing= 400 x 0,076

    semoga bermanfaat….

  21. kucing aku namanya mudel, umurnya udah 2 thn 7 bln, dia dah tiga kali beranak tp anaknya klo ga ilang, ya mati. kemaren malem, anaknya yg aku ksh nama ucrit jg mati, ak jg ga tw penyakitnya apa, yg jelas 2 hari sebelum mati, dia kyk yg sesek nafas smpe akhirnya mati,,sedih bgt rasanya..padahal hampir tiap hari klo aku ma ibu pergi kepasar, mudel ma ucrit sll ikut nganter sampe taman deket pasar truz nungguin aku ma ibu disitu smpe akhirnya aku datang…setia bgt ya kyk haciko…skr si mudel lebih manja ma aku,mgkn krn dia kehilangan temen kali ya…..
    klo aja aku kaya,,rasanya aku pengen bgt buka asrama kucing, biar bs nampung kucing2 terlantar……..

  22. Iya ni kucing ku beranak 4 mati,pertama mati 2 trus 1bulan kemudian tepatnya tadi sore mati 1 lagi,matanya putih gitu kyk buta,kesian :'(
    Tinggal 1 ekor ku kasih nama hachi..
    Mudah2an gak mati lg ya..
    Cm bingung dengan mata anak kucing yg selalu ketutup kotoran itu :|
    Tips nya mbak usefull banget dah :)

  23. tolong info: di rumahq ada kucing kampung hamil datang sekitar semingguan lalu trus baru saja melahirkan tgl 17 agustus 2011 kemarin, ada 4 ekor lucu2… pgn melihara tp takut ntar rumah kotor kena kotoran kucing atau klo salah malah mati anaknya, apa ada teman2 yg bisa bantu share info: apa yg hrs saya lakukan untuk mencegah 2 hal tsb di atas? terima kasih buanget.

  24. siiipz tips na…
    bisa membantuq merawat kucing nemu…
    sebenerna ce gk nemu…
    di buang ma orang…
    (juahat bgt >.<)

  25. anda jagan kacau atau bermain dengan anak kucing itu sehingga 2bulan kerana kulit dia lembut anak kucing saya baru 2minggu 2hari

  26. aq baru mengadopsi anak kucing yang dibuang dipinggir jalan kasian banget….,kucing2 dirmh pd marah ada penghuni baru padahal tadinya aq mau ibunya kucing q mau menyusui ehhh….malah marah2,gmna ya cara merwtnya mhn info maksh…….

  27. Aduuhh..saya serasa dpt pencerahan baca artikelnya mbak >.< Saya jg pecinta kucing lokal, dan melihara jg, slalu kucing datangan lalu akhrnya betah drmh. Yg skrg saya pelihara namanya encim, kucing belang tiga tp dominan putih. Tp yg maw saya bhs skrg bkn si encim. Ini saya dititipin ank kucing hutan sm tmn saya, usianya kira2 1 bln, saya agk kerepotan melihara bayi kucing soalnya biasa saya dpt kucing yg udh gede trs dipelihara smpe beranak pinak. Klo bayi kucing ga ada induk gini (kucing hutan lg) saya ribet bnrrr..mesti dijagain bnr kyk bayi asli. barusan si baby kucing hutan yg saya ksh nama Moochaii (penggemar drama korea City Hunter), dy diareee..aduh ksian bgt, kyknya gara2 slh susu ya..saya ksh susu formula buat bayi :( tp mulai bsk saya ksh susu kedelai dh,mksh bgt info nya mbak. Doain si moochaii cpt smbuh yaa..

  28. Say..butuh dukungan infonya dunk..kucingku(kucing biasa sih,kucing kampung)kemarin br mati..gak ngerti kenapa,sakit apa..padahal anaknya br usia 1-2 minggu. Skrg aku bingung gmn ngerawat ke 3 babynya.gak tega ngeliat mereka nangis2 nyari induknya..lalu aku tinggal dikota yg blm ada dokter hewan n pet shop..hiks..

  29. @priscillia: sama dunx….kemaren qu baru nemu anak kucing jg, g tau umurnya berapa….yg pasti ce dy blum bisa berdiri tegak. pagi ne kog dy pup ada darahnya ya…???? (semalem tak kasih susu dancow trus tak ganti s*m untuk bayi usia 0-6 bulan). baru tadi siang tak bliin susu buat baby kucing skalian dotnya. tapi susah banget ngasih susunya…!!!!! qu ma hubby ampe kuwalahan….smoga dy bisa survive ampe dewasa…cz baca2 di internet, baby kucing <1 bulan tanpa induk tu susah bwt survive….

  30. Setuju banget sama artikelnya, karena sekarang saya ngurus 6 kucing dewasa, 6 kucing usia 1tahun, dan 4 bayi kucing. Beda umur beda perlakuan dan beda sifat semua.

  31. Duh… salah beli susu nih…
    Mbak… kalo semisal susu buat baby manusia ada nda yang cocok buat baby kucing??
    Ak kemarin ngasih SGM 0-6 trus kan habis, ak ganti Lactona 0-6 ak kira sama. en ternyata besoknya si Momo sakit, diare jg. tapi si Mimi biasa aja.. duh…
    Ni ak lg bingung banget.. Susu kucing mahal bngt soalnya..

  32. aku baru adopsi kucing. sekarang ada 5 kucing. nama mereka adalah 1. Pevitha Gorontalo Sutrisno (peppy) 2. Bibi Bola-bola impiani di malam sunyi (bibi) 3. Juju Shizuka Shinzui Kokoronotomo (juju) 4. Bubu Bundar-Bundar Aduhai (Bubu) 5. Eti astaga Ajojing Gonjang-ganjing terkadang pontang-panting (eti) trus yang kabur ada c Uno mulgiatno sama Yetti Takoek deh… :)

  33. gimana dengan susu rendah laktosa? Aku nyari2 susu royal canin stocknya abis semua, jadi aku beliin dia susu bayi yang rendah laktosa… Efeknya sama bahayanya ga sih? Mohon bantuannya

    • Kucingnya kucing apa? Kucing kampung bukan? Setau saya sih nggak apa2 jg kalo dikasih susu rendah laktosa. :) Kalo pun ada efeknya, dia hanya akan diare.

  34. salam kenal mbak, dapet pencerahan ini aku ketemu blog mbak hehe.

    aku ada masalah sama anak kucing yang baru aku pungut mbak, kira-kira udah satu minggu, dan sekarang kondisinya makin buruk. awal ketemu dia masih bisa jalan walau sempoyongan, sekarang berdiri aja susah, banyak jatohnya, jalannya terseok-seok, dan berbaring terus. dan yang paling menyedihkan buat aku, matanya baru terbuka sebelah kanan aja, mata kirinya menumpuk kotoran/belekan dan terlihat seperti koreng.

    apa yang sebaiknya aku lakukan sama matanya? aku sih udah mandiin pake lap basah air hangat, usap matanya gitu, tapi ngeri takut salah karena bentuknya yang seperti koreng itu. kayaknya dia kesakitan banget dari gerak tubuhnya.

    aku kasih dia susu lewat dot dan dia gamau gitu. dot buat bayi manusia sih, tapi apa bayi kucing harus pake pipet dan ga bisa pake dot?

    tolong pencerahannya mbak, keadaannya urgent banget, aku gamau dia dipanggil Yang Maha Kuasa dulu, belum rela. oh iya mbak, namanya Luna.

  35. Mbak TSnya mana ya….udah byk bgt yg konsultasi kok gak ada jawaban???
    saya jg mau konsultasi soal anak kucing yg terserang penyakit mata dan cacingan,itu ngobatinnya gmn ya??
    mau bawa ke klinik hewan,di tempat saya gak ada dokter hewan(maklum daerah pinggiran).
    trus untuk susunya berarti gak boleh dikasih susu bayi ya mbak?harus pake susu kedelai ya??

  36. min, kucing peliharaan q di rmh aneh deh. dy ga bisa ngerawat anaknya sendiri. udah 3x melahirkan dan ga da yg bertahan hidup lbh dari 2 hari. boleh ga sih begitu lahir lgsg dijauhkan aja dari induknya? kalo ga lgsg dipisah suka dipindah2 tempat anaknya ma induknya, tau2 qt nemunya udah mati aja. mohon tips ya min

  37. Suka banget sama artikel’a.. apalagi yg comment pecinta kucing semua..
    Uukkhh rasanya sehati :) .
    Kucing ku umur 1 bulan lewat dc.. eh dia gak mau nyusu k’induknya . tiba2 badannya lemes gt. mungkin krna dlemparin adek aku trus kali ya. trus gimana ini solusinya biar dia nafsu makan lg dan gak lemes? :(

  38. kucing aku baru punya anak usia nya 1 bulan lebih. biasanya umur brp boleh dikasih obat cacing? obat cacingnya apa? combantrin boleh?

  39. Mau nanya dong.. kalau anak kucing yang belum berumur 2bulan tapi dia kena jamur. Solusi nya apa ya? Katanya harus disuntik apa gitu yang saya juga ga tau. Kan dka belum berumur 2 bulan lebih. Jdi rada mikir dikit sih hehehe.

  40. kak tanya dong, aku br nemu kucing liar, pas keujanan dia ngeong depan pintu rumah, y uda ak bawa masuk, dan kyaknya pgen aku adopsi, kbetulan totolnya bagus, item putih gt lucu.
    untuk perawatan kucing liar gmna ya?
    msi kecil ini kucingnya…

  41. Mau nanya ni aq pnya kucing dia lg skit bersin” trs muntah sm diare dksih apa yaa biar smbuh umurny bru 4mingguan..

  42. Toolong… kl ada yg mau adopsi kucing. Sy ada 2 anak kucing kampung dr atap rmh, ditinggal induknya sdh 1 mg, kebetulan sy geli sama binatang berbulu dan sehari-hari kerja berangkat gelap plg sdh gelap, sdgkan di rnh gak ada org lain. Selama ini sy kasih susu di tmpt tp gak mau minum, skrg triak2 terus, kl sy pegang dgn alas tisu malah semakin keras suaranya dan panik. Gak tega sih ngeliatnya tp sy gak berani deketinnya krn geli. Kl ada yg minat silakan hub sy di 081382312169, tks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *