Riau Dibalik Kamera

Yes, gw sekarang udah balik ke Jakarta. Tepatnya sejak kemarin, sih. Tp karena masih capek dan ditambah pula dgn disibukkan oleh tugas-tugas kuliah yg sangat menyita waktu, jd blog ini sempet dicuekin jg utk sementara. Makanya, gw belom terlalu beredar di dunia blogsphere ini… :D But, don’t worry! Kali ini gw sempet2in “ngasih oleh2” hasil hunting foto gw selama 13 hari berada di Riau kemarin.

 

Kenapa gw sebut “Riau”, bukan nyebut nama kotanya aja? Karena di Riau ini, gw bolak-balik di 4 kota : Pekanbaru, Minas, Duri, dan Dumai. Yah, emang wilayah kekuasaan Chevron (dulunya Caltex) semua! :)) :P Sebenarnya gw sekeluarga tinggal di Duri. Tapi karena di Duri ga ada bandara, maka gw harus transit dulu di Dumai (Bandara Pinang Kampai). Trus, karena Duri jg masih tergolong kota kecil, maka kalo mau beli apa2 kadang kami sekeluarga suka ke Pekanbaru, apalagi tadinya rumah kita emang di sana. Trus, kalo mau ke Pekanbaru, harus lewat Minas dulu! Ya begitulah kira2 hubungannya… :))

 

Nah, berhubung banyak yg nitip oleh2, jd gw jadiin aja foto2 berikut ini sebagai oleh2 gw selama liburan di Riau :

 

Ucapan selamat datang ini menjadi “penyambut” kita ketika akan memasuki kawasan kompleks Chevron (Caltex).

 

Security check! Tunjukkan pass dulu sebelum masuk kawasan Chevron… ;)

 

Beginilah suasana jalan di dalam kompleks Chevron. Gimana? Bersih banget dan banyak pohon2, kan? ;;)

 

Suasana perumahan di kompleks Chevron jg apik dan asri. *hayah… bahasanya ga kuat! :))*

 

Eitz… ada bus sekolah jg loh di sini!

 

Bosen keliling2 di dalam kompleks yg luas banget itu, ayo kita jalan2 ke luar! Mau di dalam atau pun luar kompleks, jalannya sama2 bersih kan?

 

Jembatan Siak, yg menghubungkan Rumbai (Kota kecilnya Pekanbaru) dengan Pekanbaru. Terletak di atas sungai siak.

 

Sungai Siak dari atas Jembatan…

 

Eh, ketemu Monas Kecil! Iya, Pekanbaru jg punya Monas, loh… ;))

 

Nama jalan di Pekanbaru selain menggunakan tulisan latin, jg menggunakan tulisan Arab Melayu (arab botak).

 

Kaca Mayang, salah 1 tempat hiburan utk anak-anak di Pekanbaru. Ah, jd ingat masa2 TK dulu… :))

 

Air mancur ini terletak di depan Kaca Mayang.

Pesawat di tengah kota ini termasuk salah 1 maskotnya kota Pekanbaru, loh! ;)

 

Mall Pekanbaru ini belum ada apa2nya dibanding Mall SKA yg guede banget itu! :D *sayang, ga sempat ambil fotonya… :(*

 

Jangan heran ngeliat warna-warni ngejreng bangunan2 ini. B-) Warna bangunan seperti ini sudah sangat biasa di Pekanbaru. :))

 

Ah, siapa bilang Pekanbaru itu kota yg miskin? Buktinya ada bangunan2 segede gini yg sedang dibangun di tengah kota! ;))

 

Ok, cukup sekian jalan2 di Pekanbaru nya! Mari kita kembali ke Duri… ;) Eh, jalanan yg banyak pohonnya gini kok skrg susah bgt ya dicari? :D

 

Hehehe… ini baru namanya kota minyak! :D Dalam perjalanan Pekanbaru-Minas-Duri-Dumai, gambar2 di atas akan banyak tampak selama perjalanan.

 

Cukup sekian foto2nya. Sayang, gw ga sempet ngambil foto lokasi FFI yg kemarin itu. Soalnya emang ga sempet lewat sana… hix… :( Tp gpp lah, mungkin lain waktu. ;)

 

 

 

 

Nb : buat yg mau tentang Kota Pekanbaru lebih jauh, silahkan klik di sini

77 thoughts on “Riau Dibalik Kamera

  1. WuzZ..satu detik kebuka semua fotonya. *sombong*

    Duh, beda banget sana Tangerang. Kotor. Kota terkotor 2004/2006? *Gimana nih pak Ismet :-w *

    Tumben ga ada foto2 narsis :-\

  2. @ Praditya : hahaha… hare gene msh fakir benwit? :)) Oooppps… sorry! :|

    @ Payjo : ciyeh, ada yg sombong… ;)) :P iya neh, gmn seh pak Ismet? :-w *sok kenal*. btw, berhubung jd wartawan, disisihkan dulu jiwa kenarsisannya utk sementara. :))

    @ jimmy : iya, dukz! :-> tp makmur2 gitu kok gw tetep kurus, ya? :D

    @ almascatie : ayo, maen2 aja! ;;) pasti bakal terkesima deh liat kotanya yg bersih… :))

    @ Nisa : jangan ngiri dunkz Nis… ;;) ;)) tengkyu… tengkyu…

  3. Mirip sama Balikpapan deh! Beda banget ya ama kota2 di pulau Jawa,nil.. Dulu juga sempet ngerasain idup di Sangatta (Kaltim) dan berpetualang ke kota2 di dekatnya (Sangatta-Bontang-Samarinda-Balikpapan) yaitu pas gw kerja praktek (KP). Kayanya disana tuh damaaaaaiiii banget yah? :)

  4. wah kangenn..jalan yang menuju ke rumbai itu..soalnya kalau pulang hampir tiap hari bolak-balik jemput adikku yang masih sekolah di rumbai..
    btw, jadi ingat zaman2 dulu, waktu sering latihan nyetir di jalan caltex (orang2 msh sering sbut ini yah..?), soalny jalannya sepi mulus..heheh..tapi setelah sampai di tempat pemeriksaan..terpaksa berhenti dulu. ndak punya passnya soalnya.. :D

  5. Heh, pelanggaran hak cipta tuuuhhh!
    Itu foto yg “Jl. Jend. Suderman” taken by Nieke gitu,
    kok gak dibuat seyh??
    Susah2 tuh dapet foto bagusnya,
    the one and only,
    malah gak dibikin itu dari saya :-w

    Soal Riau,
    Riau sekarang emang dah maju banged sodara2! :-b
    Sebelum mall2 di Jakarta make2 sistem Security Check pake2 alat pendeteksi bom,
    Riau udah jauh lebih dulu,
    bahkan, Bicycle Line yg katanya mau diadain di Jakarta itu, udah jauuuuhhh lebih dulu ada di Riau,
    bahkan sjak saya skolah jaman jebot juga udah ada!!!

    Untuk soal kemajuan,
    sebenernya Riau itu sangat maju,
    cuman yah itu,
    slama gak smuanya dikelola pemerintah aja,
    qeqeqeqeqe ;))

  6. hadooo, tante.
    itu potonya kaga dikompres yah? gede banget.. :|

    eniwei, aku baru skali tuh ke Pekanbaru, dulu waktu masi tinggal di Padang. aku suka tuh suasana jalannya.

    klo di sana plang jalan pake tulisan latin sama tulisan Arab Mlayu, di sini pake tulisan latin plus Aksara Jawa. dan sampe skarang, gw kaga bisa baca aksara jawa! :))

  7. @ Wawan: ho oh tuh Wan. FYI aja neyh yah, ngambil foto ini penuh perjuangan banged, berhubung bokap ngebut jd foto yg gue ambil suka ngeblur! blum lagi gue sampe keki diliyatin Bapak2 polisi yg berdiri di bawah plang jalan itu, dia senyum2 kegirangan gitu, dikira gue mau motoin dia apa!? huh! [-(

    tp soal pipti pipti, sori yah, Wan [-x gue gak tau apa posisi lo dlm ‘kasus’ ini :-b

    *malah ngegosip sm wawan di kolom komennya Nilla.. siap2 aja Wan komen2 ini diapus, soalnya Nilla mule ‘menertibkan’ komen2nya skarang ;)) *

  8. wah, keren! bersih banget! hahahaha…

    sumpah keren itu komplek.. eh.. kota..

    eniwei, ini komen pertama gw bukan ya di blog ini? hehehe..

  9. Riau? hmm.. kangen.. [-o<

    Arab Melayu? Jadi inget jaman SD gak pernah mudheng soal pasal2 nya. Klo baca sih gak masalah. Tp klo nulis, mana huruf yg make saksi, mana yg gak.. masih suka bingung..

  10. @ dedek : wah, saya belum pernah ke Sidoarjo! :D

    @ mang ojat : yuph! sama2 daerah penghasil migas ini… ;))

    @ andi bagus : kalo soal pemandangan sih, pekanbaru mah ga ada apa2nya dibanding Sumatra Barat, Ndi. cuma lebih bersih dan rapi aja. ;)

    @ Nazieb : makanya, main2 ke Riau… :P

    @ bodrox : apalah arti sebuah nama? :)) :D terserah mau manggil pake nama yg mana. ;))

    @ wawan : maaf mas, saya udh lama ga jualan! :)) hus hus… sana lari yg kenceng! :-w

  11. @ Ratie : iya, tuh! denger2 dr si mamang kalo Kaltim ga jauh beda ama Riau. yeah, sesama kota penghasil migas. :P owww… pernah lama di kalimantan ya, mbak?

    @ Dy : lain kali kalo mau maen ke camp, kontak2 aja, Dy! ;;) eh, adikmu sekolah di Rumbai toh? di mana? Cendana lg jangan2… :))

    @ Nieke : hidup Riau… <:-p eh, kayaknya ga penting deh dibuat “photo taken by Nieke”. bukan fotografer terkenal soalnya. kalo fotografer terkenal, boleh deh! ;;) :)) piiizzz ah, sista! :)>-

    @ wawan : td katanya mau kabur… kok balik lg? :-w

    @ bodhi : iya, ini comment pertama lo di sini bodh! patut dirayakan… <:-p :)) makanya, jangan maen di Bandung mulu lo… :P

    @ huda : kalo dulu sih aku cukup pinter lah huda pas pelajaran arab melayu. skrg udh rada2 lupa! ;)) ayo, kapan mau ke Riau lg, huda? ga kangen apa? :D Riau skrg udh keren banget, loh! ;;)

  12. Masuk kawasan Chevron (Caltex) seperti masuk negeri dongeng. Beda banget dengan kawasan yang bertetangga dengan kawasan Chevron ini.

  13. mbak .. mbak .. orang pekanbaru kan?? kenal ama molen ga?? temen saya juga orang pekanbaru .. :p eh .. namanya sapa ya dia teh .. tau nya molen aja namanya :p hehehe

    btw .. nice city .. beda banged ma sini .. bengkulu kota gempa :p ntar ah kapan2 maen kesonoh :D

  14. iya deh..ntar kalau mau masuk camp aku kontak nilla atau nieke, ;))…tapi kalau kalianny lagi di jakarta gimana dong..heheh..
    gak, adikku sekolah di SMP 6 rumbai..dulu sebenarny aku tinggal di Rumbai, baru setahunan yg lalu pindah..jadi krn nanggung mo pindah sekolah juga, makany jadi sering bolak-balik arengka- rumbai.

  15. @ Mbak Dinda : huaaaaaaa… mbak… kangen! :(( ehmm, iya aku pernah ke Bogor. sayang bgt ya bogor yg merupakan kota perkebunan itu malah kalah bersih ama Riau yg kota migas! :(

    @ Mas Galih : wah, mas Galih sudah pernah ke Riau neh tampaknya… :D tp skrg kawasan yg bertetangga dgn kawasan Chevron jg udh mulai ikutan maju kok, Mas! ;)

    @ bengsin : aku pernah sih ke Bengkulu, tp cuma numpang lewat doank. ;)) waduh, molen siapa ya? aku jg bukan anak gaul Pekanbaru, kok! jd ya ga kenal semua penduduk Pekanbaru. :))

    @ Muhammad Zulfikar : bukan! arab melayu itu tulisan arab yg berbahasa melayu. sampe2 ada 1 mata pelajaran yg membahas ttg pasal2 penulisannya loh! :D

    @ mbak isnuansa : ayo mbak, main2 ke Riau! ;) ;))

    @ Dy : iya yah, kalo aku ama Nieke lg ga di Pekanbaru gimana? :)) ya kontak2 kalo kami lg di sana aja. hehehe.. :P owww… kok sampe pindah ke arengka, Dy? :-? Rumbai kan tentram dan damai… ;;) *hayah*

  16. Nilla, ada tuh patung2 kecil (cinderamata) yang sepasang pakai baju tradisionil, katanya dari Riaum benar apa enggak ?

    Khoq photo nya Nilla lagi in action khoq enggak ada ?

  17. saya suka foto jalanan lurus yg kanan kirinya masih banyak pohon, kesannya sangat asri gitu smoga gak ditebangi buat perumahan atau ruko. entah nanti seiring dengan semakin majunya riau mungkin akan banyak pendatang baru yg mengais rejeki disana dan pastinya akan sulit mendapati pepohonan nan rindang di kanan dan kiri jalan itu

  18. woooww… ternyata Riau begitu bersih yah ,kotanya terlihat teratur gituh…beda sama yg aku bayangin sebelumnya…. trus keliatannya sejuk udaranya…
    jd pgn kesana…makanan khas Riau apa nil?

  19. 8-x8-x masi pengen bergentayangan dsni,,,hihihi,,,,
    @nieke..posisi gue penyerang, striker murni…[halah…]3:-o..

    @mas kokki..eh nila dinks,,,
    bogor emang kotanya kotor, tapi manusianya memiliki hati yang bersih,seperti saia..imut2 n g pernah berbohong..hiihihi

  20. huhuhu lumayan nih wat ngobatin rasa kangen.
    jembatan siaknya jadi ngejrenk gitu yah, perasaan warna2nya jadi cerah gitu baru pada di cat kali yah…. ato mang cameranya yg keren. huhuhhu
    baru nyadar malah kalau nama jalan di tulisin pake arab melayu segala.
    =)) kaca mayang huhuhuu tapi kok berasa beda yah? ni bagian depan pa belakang nih?
    huhuhu bapak2/ibu2 didalam bak itu serasa terbang kali yah.
    gedung administrasi yang besar kali itu dah mau selesai yah? pasti bagus kali tu jadinya nti, penasaran pengen masuk perpustakaannya.

    huhuhuhu
    makasihyah dah ngobatin rasa kangen.

  21. bagi aku tempat yang sekarang jauh lebih tentram dan damai..selain rumahny lebih luas, maklum dulu masih tinggal di perumnas..heheh..mo main2 ke kota gak jauh2 amat..bisa ngabuburit pas puasa tanpa perlu mikirin terjebak macet di jembatan lekton/siak :))..ah..tapi di mana aja pasti tentram dan damai kok..asalkan dekat keluarga ;))

  22. @ mas didut : namanya jg “Riau dibalik kamera”… :P ;))

    @ om GusKoko : patung2 kecil? kayak boneka gitu ya, Om? :-? Iya Om, utk sementara jiwa narsisnya disingkirkan dulu! nanti gambarku bisa merusak foto2 keren itu… :) *hayah*

    @ mas Totoks : iya yah, mas… :( mudah2an deh pemerintah kota Riau jg semakin tegas terhadap kasus2 penebangan pohon itu. kan sayang aja pohonnya cakep2 gitu malah ditebang…

    @ mbak Icha : makanan khas sana? apa, yah? :-? duh mbak, Riau itu heterogen. skrg udh banyak pendatang. jd udh susah nemuin makanan khas sana… ;))

    @ Anang : yeah… ;;)

    @ goyangan : maksudnya? aku liatin yg baik2 aja gitu? waduh, udh hunting yg jelek2nya kok, malah ga dapet! :)) kalo mau tau Pekanbaru secara objektif, baca aja yg dr Wikipedia itu! ;))

    @ wawan : huuuuuuuu… imut2 apaan? :)) bukannya lo masih suka bohong ya, wan? =))

    @ bedh : berarti udh lama jg ga ke Riau ya, bedh? ;)) kalo yg pake tulisan arab melayu itu emang masih tergolong baru, kok! ;) baru ada sekitar tahun 2003 atau 2004 kalo ga salah. hehehe… ayo, ke Pekanbaru lg! :D

    @ Dy : owww… gitu. ;)) iya, yg penting sih dekat ama keluarga. ga kayak sekarang… :((

    @ fisto : hah? serius? :-o mau ngapain? emang sekarang dimana? :D

    @ yoyokk : iya… ;)) :P

  23. ya amvuuunnn,,,kapan sigh gue ngebohongin loe…tamvang polos sperti saya ini tak pernah berbohong.. :o:o:o
    coba degh tanya orang2 bogor kalo g percaya,, :>:>

  24. ini motretnya sambil kebut2an di dalem mobi ya?? :-?
    kok gambarnya pada miring2 gitu…

    Asik juga kayaknya disana? jadi pengen bikin Basecamp disana juga… Eh Nil, bagus mana sama jogja? [-( :d

    Kakak kelas saya *UPN* ada tuh yang sekarang lagi kerja di Riau *tapi gak tau dimana… ;)

  25. @ khuclukz : banget… ;;) ;))

    @ putlie : ga usah ke jogja aja, mbak! kan udh pernah. mending ke Riau aja… :D

    @ aLe : asyem! ya ada lah…! :))

    @ ebeSS : selebnya yg mana ya, Om? :D lamaran…? =))

    @ wawan : ogah! >:P kalo orang2 Bogor-nya kayak elo semua, males gw nanyanya… =)) :P

    @ aji putra : iya, Papa ku bawa mobilnya suka ngebut. jd gambarnya miring2 gitu… :)) bagusan Riau kalo menurut aku mah. :D kan dapet Kalpataru tahun 2007 kemarin. ;;) ;))

  26. :d/…

    wow..nilla …lo pulkam juga toch…
    wuichh da liputan jalanjalannya..nyaingin blog gw nich…
    wehehehehe

    keren liputannya..hebat pekanbaru skrg y…
    :-?

  27. si molen ternyata rumah nya di daerah kompleks UNRI lama.. daerah gobah gitu ntah apa namanya .. blun pernah kesana :p

    ya sudah deh kalo ga kenal .. lagian dah yakin sih ga akan kenal … orang si molennya udah sejak kapan di bandung :p hehehehe :D

    nb : btw niat juga ya tiap yg komen di jawab smua .. hebad :D heheh

  28. Keren-keren gambarnya ….Gambar2 Pekanbaru yang keren tuh banyak banget di MULTIPLY dan FLICKR … Cari aja,, tapi sayang gambar Rumbai dan Duri kurang banget soalnya hahaha.. Ketimbang tinggal di Rumbai,, mahh enakan Pekanbaru Pusat Kota lah kemana-mana ;p~ .. lebih maju, berkembang, dan prospektif.

    Saya ini warga Pekanbaru Pusat Kota lohh .. (dulunya) ..ahahahahaa

    Koleksi gambar Pekanbaru yang keren ada di LINK di bawah ini
    http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=521721

  29. Tata kotanya kayak di Balikpapan, Kaltim. Kota minyak beneran.. Dipinggir jalan juga banyak pohon dan disisi yang lain adalah panorama laut, lebih tepatnya kota balikpapan berada dipesisir dan menghadap langsung ke selat makassar :). Tapi sayang, sekarang udah gak di Balikpapan, sejak kuliah di Jogja n 2 tahun belakangan ini mondar mandir pulau jawa :)

  30. udah 3x sih ke pekanbaru, sempet ke SKA juga, emang gedhe mall nya, tapi banyak yang kosong :d/
    pekanbaru udah lumayan maju sekarang, padang mah kalah, tapi padang menang di wisata alamnya dwonk /:)

    komplek chevronnya ngingetin sama komplek RAPP, dulu pernah dines kesana, persis kayak chevron githu. salam dari padang…

  31. @ toim : nyambung kok, nyambung… :D

    @ AnnO’ : hahaha… aku ga maksud menyaingi blog mas anno’, kok! :)) iya, hebat bgt Riau skrg. ;)

    @ diana : yg sabar ya, mbak… :P

    @ ario dipoyono : makasih! :D

    @ bengsin : owww… jd orgnya udh di bandung? ;)) iya lah. dijawab semua biar adil. :P

    @ stey : sekeren aku kan, mbak? ;;) :))

    @ Fany : ayo, mbak! sekali2 main ke Riau. ;)

    @ ilham_rj : hmmm… bagus2 ya foto di sana. :-? eh, tp Rumbai lebih tentram dan damai, loh! :)) *ga mau kalah. :P* loh, jd skrg udh tinggal dimana? :-??

    @ – Aria – : iya, banyak yg bilang mirip sama kalimantan. ;)) sama2 kota minyak, sih… :D

    @ [H]Yudee : yuph, ngambil dr dlm mobil. gpp lah sekali2 aku ga narsis. :P

    @ titov : hahaha… iya, kalo tempat wisata emang lebih banyak di Padang. :)) tp kayaknya skrg tempat wisata di sana kurang terurus, ya? :-? sayang bgt itu… [-( salam jg dr Riau! ;)

  32. huaaa… huaaa ….. :d
    baru tau kalo di blogmu yg sebelah sini ada foto2 di riau juga…
    foto2 itu mengingatkan saya waktu jalan2 kesana bulan lalu..
    jadi pengen ke riau lagi… kapan ya???

    btw kok gambar2 yg di kota dumainya ga ada?? padahal kalo menurutku dumai itu kotanya punya karakteristik yg khas lho.. model2 bangunannya dan ruko2nya.. :P

  33. iye, kpn2 masukin pic gedung idrus tintin yg di mtq itu dek. aih, kpn yah q sempet balik ke pku. btw q d duri lama jg dulu sblm pindh ke minas dan rumbai, keep update .. :d

  34. Setelah saya baca baca dan saya liat poto potonya, saya minta tolong nih Mbak…. Tolong hapus poto di tugu pesawat bunderan Kantor Gubernur Riau nya, yang lagi naek mobil di belakang itu kan saya Mbak… Kan saya jadi malu di liatin orang banyak :”>
    Oh iya Mbak… poto rumah saya kok ga ditampilin sih :-t
    :”>

  35. keren… i luv riaaaaaauuuuuuuu………………….. miss u……………………

    eh, gw lg kuliah ne d undip,, gw kangen banget ma ni prov…

    buat yg buat blog,, kalo da ksempatan add ef ez gw y di gue_choky08@yahoo.com

    gw pengen cerita2 nih ma lu2 pade..
    hehe

    tengs.. c..

  36. Mampir yah..
    Lam kenal..
    Foto2nya jadi pengobat rasa rindu. Lagi terdampar di Medan niyyy… Pengen cepat pulanngggg…:((

    Blognya ku-Link, boleh kan..?
    Kunjungi balik yahh.. He he.. :d

    Thx..

  37. 17 tahun sudah kutinggalkan caltex. terakhir di Minas. komplek cendrawasih 154, hehe, aku masih hapal!

    kadang aku rindu pengen kesana lagi.

  38. Sudah lama aku nggak kesana,padahal lahir dipekanbaru hiks..hiks..
    setelah lihat foto-foto ini terasa banget dekatnya kota itu dalam hati.mulai dari suasananya ( viewnya terasa luas).Dulu rumahku jalan mangga no 64.spt apa ya sekarang?.Setiap minggu aku dan keluarga main ke rumbai(caltex),rindu aspal hitamnya.makan rambutan di sampan,bangkinang dengan nanasnya…semoga aku sempat kesana lagi..love n miss u Pekanbaru…always

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *