:: About The Template ::

Malam ini gw (lagi2) begadang (:| demi mencari template yg sesuai dgn pilihan hati. Yah, biasanya di pagi buta gitu jaringan speedy baru bisa mengakrabkan diri dgn gw yg banyak maunya ini. Yeah… You know lah… (khususnya buat orang2 yg ada dlm list YM gw). Akhir2 ini gw suka keluar-masuk YM tiap bentar (udh kayak ing** aja! :-& ) karena jaringan speedy yg teramat sangat super duper lemot abies (jangan sampe gw bikin postingan “Emosi Jiwa 2”! :-L )

Dan setelah sekian kali browsing apakah gw mendapatkan template yg diinginkan? Eng ing eng… GA JUGA, TUH! Gw belum jg menemukan template yg bener2 sesuai ama selera gw. Bagi gw, emang mencari template yg tepat itu susah2 gampang! *-:) Ga jauh beda dengan mencari jati diri. (Halah… :-j ) Mungkin karena selera gw ketinggian kali ya, sampe2 gw belum jg menemukan template yg benar2 sesuai dengan pilihan gw? =)) *narsis mode on* :P

Beberapa hal yg gw pertimbangkan dlm memilih template :

  1. Desain (secara gw punya jiwa seni yg cukup tinggi. Huek!!! :-&)
  2. Content (uhmmm… kira2 mudah diubek2 ga tu template?)
  3. Ga bikin lemot (ga lucu aja kalo tiba2 blog gw jd kekurangan pengunjung gara2 template gw bikin berat!)
  4. Cocok sama karakter gw (ini ada hubungannya sama “jati diri” td!)
  5. (Kira2) juga disukai orang lain.

Mungkin ada yg bertanya : “Kenapa sih, ga nyari template yg simple aja?” Jawabannya jg simple : “Karena gw pengen punya template yg sesuai sama kebutuhan gw dan orang2.” (lihat 5 hal di atas!). Percuma aja gitu gw buat template yg simple… eh, ternyata banyak kekurangannya! #-o Tidak memuaskan gw sendiri dan orang2 yg berkunjung.

Nah, “sesuai sama kebutuhan” ini mungkin menimbulkan pertanyaan baru. Template spt apa yg menurut gw “sesuai sama kebutuhan”? Let’s check this out :

  1. Ada Profile, Archive, Recent Post… yah, hal2 wajib yang biasanya udh ada di content template kebanyakan.
  2. Shout Box (agar gw dapat “berinteraksi” secara mudah dgn para pengunjung blog gw.)
  3. Link (agar gw mudah mengunjungi “blog tetangga”)
  4. Recent Readers (yg gw dapet dr sini. Hal ini utk memudahkan gw mengecek siapa saja yang sudah berkunjung ke blog gw. Bagi sebagian org mungkin ga terlalu penting. Tp penting bgt buat gw supaya gw bisa melakukan “kunjungan” balik.)
  5. Visitor Statistic (yeah… U know lah…)
  6. My Banner (kali ada yg berminat masang banner blog gw! hehe… :)
  7. Photo Album (biar lebih mudah, gw masukin foto2 gw di sini.)
  8. Profile Friendster (hal ini jg mungkin bagi sebagian org ga terlalu penting. Tp cukup penting sih buat gw karena profile di Blogger ini ga terlalu lengkap!)
  9. Recent Comment (agar lebih mudah buat gw utk mengetahui komentar2 terakhir yg masuk)
  10. Icon Y!m (agar pengunjung blog tau gw lg OL apa ga. Yah… kali aja ada yg mau ditanyain… :D )

Selebihnya… cuma tambahan2 aja. Tp ke 10 hal di atas adalah wajib buat gw! Yah, mungkin ada yg ga setuju ama gw dlm bbrp hal. It’s Ok, kok! Toh masing2 org mempunyai kebutuhan yg berbeda2. ;)

So… gw masih akan terus mencari dan mencari template yg tepat, neh! Uhmmm… mungkin ada yg bisa bantu? ;;)

6 thoughts on “:: About The Template ::

  1. wah.. ini kembaran mirip banget sifat /karakter nya.. termasuk suka ngoprek2 blog/template.. :P

    yuk.. begadang.. yuk.. :D

  2. Bikin sendiri non, secara blogmu ini termasuk blog yang paling berat aksesnya dari blog yang kukunjungi. apalagi lokasi blogmu di blogger yang segalanya mesti ngambil dari luar blogger. it’s very very hurting…

  3. @ Mas Mashuri : Monggo Mas… dipasang aja, atuh! ;) Ga ribet kok bikinnya! :D

    @ Mas Joni : Hehehe… iya neh, Mas! ;P
    Begadang? Hayuuu aja! ;D

    @ Mas Galih : Pengennya sih gitu, Mas…
    Kalo aja aku bisa bikin template sendiri…
    Pasti aku akan bikin sendiri!
    Jd bener2 sesuai ama selera hati! ;P
    Tp apalah daya? Tangan tak mampu! Hikz… :'(

    Iya neh, ada jg yg bilang ke aku kalo template ini agak berat.
    Makanya, mau aku ganti lg.
    Tp belum nemu yg cocok! :(

  4. klo gak bisa bikin template sendiri, paling nggak njiplak aja…

    Intinya template itu kan isinya struktur html beserta alamat-alamat gambar yang dipakai di background… kalo kamu cerdas, walaupun gak mudeng html sebenernya bisa dinalar kok.. misalnya kamu telusurin di template itu gambar ini tulisan di kode template di sebelah mananya, gambar itu di mana… trus yg itu kamu ganti dengan gambar2 mu sendiri… ntar dari template yg sama bisa keliatan beda seperti bener2 templatemu sendiri… :)

    klo di blogger emang sptnya kamu perlu tempat hostingan lain untuk menyimpan gambar2 yg bakal km pake sbg background..

    pake aja yg gratisan. kalo cuma buat nyimpen gambar biar bisa diakses dari mana aja (tmsk dari templatemu, kamu bisa pake geocities (geocities.com). ato google pages (pages.google.com)

    ato kayak di photobucket (tp ada End User License Agreement d photobucket utk ngelink balik ke photobucket gambar2 yg kamu pake di situs lain.. jadi gak tak rekomendasiiin.. tp temenku ada yg pernah nyoba)..

    gambar2 yg kamu sediain juga harus kamu pas-pasin sama templatemu, terutama ukurannya.. jadi ya agak gampang2 susah

    template kamu kayaknya berat gara2 musti banyak konek sana-sini.. misale ke flickr, ke penyedia shoutbox, dsb2x… itu gak enaknya pake blogger. fasilitas ngandalin dari blogger. gak bisa bikin sendiri.. :d

    kalo icon YM.. kemarin aku nggambar sendiri.. karna bosen pake yang dari Yahoo (jelek ..) kalo mau pake juga, hubungin aq aja japri via imel… ntar tak kasih tagnya.. maksudnya biar yg make gak banyak, n jadi ngeberatin situs nya BEM Kampusku. Aku taro di sana karna servernya di Texas.. lebih deket ke Yahoo daripada server ku yg di semarang..

  5. Dear Huda…

    Yuph! Gw udh pernah nyoba kok ngubek2 template yg udh ada
    Tp belum jd, sih…
    Soalnya bikin spt itu harus nunggu mood dulu
    Coz gw termasuk org yg percaya kalo yg namanya “seni” itu jg terlahir dr “mood”
    (Hehehe… sok berfolosofi seni segala neh gw! ;P)
    Tunggu aja ya template kreasi gw!
    And thx atas semua infonya! ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *