Cari Kerja Itu… Gampang-gampang Susah!

Beberapa waktu yg lalu, saya sempet nyewa dan menonton film “Post Grad”. Bukan film baru sih, karena film ini keluaran tahun 2009. Ceritanya tentang seseorang cewe bernama Ryden yang lg susah-susahnya nyari kerja setelah ia lulus dr bangku kuliah. Hahaha… Nostalgia banget nonton film ini. Berasa ngeliat diri saya sendiri beberapa bulan yg lalu.

.

Rasanya pernah mengalami kejadian yg hampir sama persis. Terutama saat Ryden begitu excited nya ketika mendapat panggilan interview dari perusahaan yang dilamarnya, latihan interview di malam sebelum interview dilakukan (hihihi…), rasa khawatir jika tidak ada 1 pun perusahaan yg menerima, sekaligus cemas akan menjadi pengangguran dalam waktu yg cukup lama, sampe panik kalo-kalo ada temen yg nanyain, “Kamu sekarang kerja di mana?” di saat belum ada kepastian bekerja. Huwaaahh… Siapa yg nggak pernah mengalami kejadian kayak gini, ya?

.

Untungnya saya hidup di jaman modern. Nyari kerja tinggal browsing dan ngirim CV ke perusahaan yg dilamar via email. Nggak perlu susah-susah nenteng ijazah trus nawarin diri dari pintu ke pintu. Persis seperti yg ada di sinetron jaman baheula yg pernah saya tonton. :P Sekian banyak CV yg saya masukkan, beberapa perusahaan (mulai dari perusahaan kecil sampe perusahaan besar) benar-benar memanggil saya utk interview, dan akhirnya hanya sedikit yg menerima saya. Hihihi… Namun tentu, saya pilih yg terbaik.

.

Dan utk bisa diterima bekerja di perusahaan tempat saya bekerja sekarang ini, bukan hal yg mudah. Saya harus menjalani beberapa kali interview di hari yg berbeda. Dan saya beruntung, karena ternyata tidak sampai 1 bulan saya menganggur setelah wisuda. Kalau mau dibilang gampang, ya cukup gampang. Wong nyari lowongannya jg tinggal browsing dan masukin CV nya jg via email doang. Kalo mau dibilang susah, tentu jg susah. Karena interview yg saya jalani berlapis-lapis. Tiap malam cemas, apakah interview yg saya jalani berjalan dgn baik atau tidak. Atau apakah saya sempat melakukan kesalahan dlm menjawab pertanyaan?

.

Serunya nyari kerja tanpa ngandelin koneksi itu… Berasa sedang berada dlm sebuah kompetisi! Apalagi kalo yg ngelamar banyak. Wuiiiihh… Itu kalo sampe lolos, girangnya bakal sama kayak lg menangin kuis berhadiah BMW, loh! Hihihi… Eh jujur yah, saya pernah loh ngomong kayak gini sama seseorang, “Halaaahh… Lo dapet kerjaan ngandelin koneksi doang aja udah sombong! Kalo lo dapet kerjaan nggak ngandelin koneksi dan lo bersaing dgn sekian banyak pelamar, baru lo boleh sombong di depan idung gue!” Wkwkwk…

.

Ah tapi ya, kalo soal kerjaan itu sih sebenernya jg nggak sepenuhnya berkat usaha kita sendiri. Tp juga tergantung kapan Tuhan mau ngasih dan pekerjaan seperti apa yg Tuhan mau kasih utk kita. Jd khususnya buat yg lg nyari kerja, nih… Kalo sampe sekarang belum ada perusahaan yg manggil buat interview atau pun belum ada perusahaan yg menyatakan bahwa kamu sudah diterima bekerja di perusahaannya, JANGAN BERKECIL HATI!

.

Yg penting tetep usaha secara maksimal. Lakukan yg terbaik. Benerin CV kalo perlu. Yg penting jujur. Be yourself. Karena kalo kamu bohong atau ngarang-ngarang karaktermu ketika interview, itu bakal ketahuan juga nantinya kalo udah bekerja. Selebihnya, serahkan pd Tuhan. Untuk sesuatu yg tidak berada dlm kapasitas kita, pokoknya serahkan pd Tuhan saja. Lakukan apa yg bisa kita lakukan dan berbesar hatilah. Inget loh, rejeki kita itu udah ada yg ngatur. Jd jangan pernah meragukan kuasa-Nya. ;) *berasa jd motivator beken*

.

So, berasa nostalgia jg ketika membaca postingan ini? :D Ayo dong, sharing pengalaman kamu di masa-masa susahnya nyari kerja. ;))

21 thoughts on “Cari Kerja Itu… Gampang-gampang Susah!

  1. Bweeeh… Inget taun 2005-2006, susahnya nyari kerjaan. Submit CV kesana-kemari, interview keliling Surabaya (naik motor sih berangkatnya, jd kemana-mana bawa peta). Setelah semua pengalaman itu, jd bersyukur bgt sama kerjaan yg sekarang (^_^) klo soal gaji ya gausah ditanya lah klo Guru mah. Tp alhamdulillah bekerja disekolah ini mempertemukan aku dgn suamiku & walo smpe skrg blm pny anak sendiri, tp aku punya murid2 yg luar biasa…

  2. pekerjaan yg skrg aplly lewat e-mail … interview 2 kali pake skype dan kerjanyapun pake skype plus browser LOL

    gak pernah ketemu fisik sama yang interview … kok ya percaya yah hihi~

  3. Pingback: Cari Kerja Itu… Gampang-gampang Susah! | Pusat Informasi Lowongan Kerja

  4. bener nih? yakin? nantangin saya sharing pengalaman saya cari kerja di reply window ini…?? Alamat bisa 3 lembar bolak-balik loh!! fufufufu…

    saya pribadi alhamdulillah tiap dapet kerjaan bukan karena koneksi, tapi sejujurnya ga bangga2 banget, karena saya tau persis ini bisa terjadi bukan karena saya mampu, tapi semata2 karena Tuhan sayang bgt sama saya… & justru dg diterima kerja malah jadi tempat saya belajar lebih banyak.

  5. alhamdulillah aku ga ngalamin susahnya nyari kerja..untung2an banget pas dapet kerjaan yang sekarang bahkan sebelom sidang kuliah digelar..yah intinya sih kalo udah rejeki ga akan ketuker.. nasib ;)

  6. dulu pas semester akhir kuliah sempet khawtir juga, kalau jadi pengangguran, hadeeuh takut jadi buah bibir orang juga..
    “hadeeuh kuliah jauh2 tapi tetep aja nganggur..”

    pedes banget dah kalau denger kek gitu,
    tapi Alhamdulillah sebelum hari wisuda, ada salah satu perusahaan yang mengundang saya Interview, padahal sya tidak tau ini perusahan apa, katnya sih dia dapet data mhs nya dari Fakultas..

    Interview 2 hari, dan Alhamdulillah lolos,, dan saya ditempat ini sampai skr..
    hehe..

    patut di syukuri, walaupun masih suka lirik2 ke perusahaan yang lain..
    :D

  7. Bener banget, cari kerja itu nggak mudah. Perlu waktu lama buat saya untuk mendapatkan pekerjaan yang ternyata nggak sesuai samasekali dengan background edukasi saya. Tapi toh saya jalani karena saya yakin semua itu bisa jadi batu loncatan untuk karir yang lebih baik. Alhamdulillah terbukti :D

  8. hihihi beneeeeeerrr banget,,meskipun belon genap sebulan pas itu uda banyak temenku yang diterima kerja, sedangkan diriku belon satupun menerima panggilan iview sampe no hope gitu :( alhamdulillah sekali iview langsung ketrima di perusahaan yang dulu ^^

  9. alhamdulillah sih selama ini cari kerja selalu dipermudah jalannya, walau gak pake koneksi. lulus kuliah 3 bulan saja nagnggur eh udah ada perusahaan nyari desainer ke kampus gw, karena gw dah lulus langsung disuruh interview dan lolos.

    pindah jakarta juga sama, saya nganggur 3 bulan, kirim CV dan porto ke sana-sini lalu taraaa…. dapetlah saya di sebuah perusahaan yang besar dan lebih menjanjikan. dan sesuai sama keinginan saya.. ah senangnya… :D jadi saya bersyukurrr banget hehehe…

  10. lha wong sampek skrg yg namanya dapet kerja karena koneksi itu masih ada, nepotisme masih ada di pabrik tempat saya kerja sekarang, huksss.
    /*yg dulu gak percaya ada koneksi2 gitu, skrg melihat sendiri dg mata kepala sendiri hiksss………nyesekkkk

    —–Curcol——–

  11. hehehe,,,,,,,,numpang comment y……..tau gak?dewi dulu smpt stresss samp jrwt pd keluar.tp giliran dpt pggilan n diterima, borongan datengnya hehehehe……. intinya, apa yg kita dpt sekarang kita syukuri aja n jalani dgn sebaiknya. ok?
    mampir jg k http://dewypanca.blogspot.com/ yah…….just an ordinary blog aja kok…..:))

  12. lo kerja kok di cari2.. biar kerja yang mencari kita.., kalo di cari emng susah…, bgus bka usaha dan mandiri…., kerja sma orang banyak tekanan…, ya.. tapi kita menuju kesitu butuh kesabaran… juga…

  13. woah… alexis bledel!!! *theartoflossfocus*

    saya malah nyantol-nya yaa ‘Up in the Air’ itu. adegan2 pemecatan itu, ibaratnya, kita dimutilasi hidup-hidup. jadinya yaa, kesannya, kalo di usia tertentu, nyari kerja jadi berasa berat, apalagi di masa resesi macam ini. sedikit heran juga sama instansi pemerintah, yang tiap tahun bisa buka lowongan. apakah ada semacam regulasi terkait dengan efisiensi kerja karyawan juga ya? soalnya, di tempat saya yang macam ini ketat sekali :3

  14. kalo gue dah lama jga nganggurnya ampe g kebayang capeknya sewaktu kuliah dan kapan bisa dapat pekerjaan seperti orang lain bangun pagi siap2 dengan pakaian kerjanya..
    emg hidup g bsa d duganya..
    serasa sewaktu kuliah ingin cari kerja secepatnya dan bisa bantu ortu..tpi setelah lulus susahnya cari kerja jdi nambah beban ortu lagi……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *