Sedikit Cerita tentang Ayah Saya

 

FYI, SAYA sudah mudik ke Duri… ;;)

 

Btw, siang ini Ridho (adik saya yg masih duduk di kelas 1 SD) menelpon ke rumah. Katanya bus sekolah yg biasa mengantar jemput anak2 di kawasan kompleks udh pergi. Jd dia minta dijemput. Hal tsb terjadi karena sebelum pulang, Ridho belanja dulu. Jd dia ketinggalan bus, deh… Lalu apa tanggapan ayah saya?

 

Beliau hanya berkata, “Pulang aja jalan kaki ke rumah!”

 

Hahaha… saya udh ga heran. Begitulah ayah saya. Bukan, bukannya beliau tidak peduli terhadap anak2nya. Tp beliau tidak ingin mendidik anak2nya menjadi anak2 yg terlalu manja. Kalau kami melakukan kesalahan, jangan harap Ayah saya akan membela! “Silahkan nikmati konsekuensi sendiri!”. Kira2 begitu prinsip beliau.

 

Jd inget kejadian saya kena razia KTP di suatu malam minggu sepulang nonton konser NIDJI di La Piazza dan nonton midnite bareng teman2. Saat itu si polisi meminta ayah saya menjemput di kantor polisi. Waktu itu saya hanya bisa tertawa dlm hati, “Hahaha… Gila! Mana mau Papa menjemput?”. Mau ngasih si polisi sejumlah duit sogokan supaya mau melepaskan saya dan teman2? Hohoho… itu artinya saya harus rela ga makan sekian hari. Karena si Ayah ga akan mau memberikan uang tambahan utk si polisi tsb.

 

Siapa suruh masih keluyuran tengah malem? Siapa suruh belanja dulu sebelum pulang? Siapa suruh ga makan? Siapa suruh males2 belajarnya? SIAPA SURUH! Ya, itu kata2 andalan ayah saya jika anak2nya mendapat konsekuensi dr apa yg mereka lakukan. Bagi ayah saya, “Hanya orang bodoh yg tidak mampu belajar dr pengalaman2nya. Keledai aja masih lebih pinter!”

 

Tp biar begitu, saya tidak pernah menganggap ayah saya sadis dan tidak berperasaan. Meskipun badan ini dulu sempat menjadi sasaran ikat pinggangnya… (iya, IKAT PINGGANG! Karena saya ga mau berhenti bertengkar dgn si Nona yg 1 itu atau malas2an sholatnya). Tp tetap di mata saya beliau adalah ayah yg teladan. Saya bisa spt skrg karena didikan beliau. Ayah saya memberikan andil yg sangat besar dlm hidup saya.

 

Biar begitu ayah saya jg kadang masih suka memanjakan anak2nya. Dulu waktu beliau masih kerja di Dumai dan tau saya akan pulang ke Duri dr Jakarta beliau sering berkata, “Mau Papa jemput di Dumai aja, say? Biar ga capek2 naik bis dr Dumai ke Duri.” atau ketika saya sdg kerja keras belajar utk menghadapi ujian, “Mau Papa bikinin kopi?” atau ketika saya harus membayar hutang puasa, “Papa temenin ya makan sahurnya…”

 

*hix…*

 

Luv U, Dad!

 

 

 

 

51 thoughts on “Sedikit Cerita tentang Ayah Saya

  1. keywordnya “hugs”… ada hubungannya dengan kamu yang lagi ingin memeluk ayahmu g ya? :)

    nice dad u have there nil… :) g perlu komen panjang kalo soal ini… :)

  2. Iya, loe pernah dipukul pake ikat pinggang waktu kita berantem, gue juga pernah dikurung di kamar mandi dgn lampu yg ga diidupin.. *eh, tp gue malah seneng.. maen aer di kamar mandi trus nyanyi2 :D*, yah gue jg pernah ko dipukul Dad-dad pas ngelawan gara2 gak mau ngaji dulu.. Mgkn karena Dad-dad nganggep itu penting banged dan gak selayaknya gue ngelawan :)

    Tp meskipun begitu, sebenernya Dad-dad bukanlah sosok yg ringan tangan.. Beliau juga gak kalah sering bikin kita seneng yah, sist..? Pokonya proud to be his daughter >:D<

    Well, @ All: sayangilah Ayah mu, ‘seburuk’ apa pun beliau di mata kita :)

  3. @ datum : wah, itu kebetulan aja kali, mas… :D ;)) makasih. ;)

    @ Nazieb : mamaku jg kadang gitu, kok! :P tp tetep aja kadang ga mempan. :))

    @ Nona Nieke,, : hohoho… kalo nginget2 kejadian masa kecil, kadang miris jg yah, sist? ;)) tp kenapa ya, adik2 kita skrg ga pernah ngerasain kayak gitu? [-( apa karena kita anak pertama? :( hix… tp gpp lah. kita tetep mencintai beliau sebesar rasa cinta beliau terhadap kita, kok! :-*

    @ bakhrian : tengkyu… tengkyu… ;) iya sih, ga semua orang seberuntung kami. :)

    @ ratie : daleman mana ama sumur, mbak? :D yeah, how lucky we are! ;;) :P

    @ Ranger Ijo : :) *don’t know something to say, Jo… sorry!*

    @ cah bodoh cla_x : kasihan? mengasihani anak2nya yg membangkak? yg ga mau dengerin kata2 orang tuanya? bagi ayah saya, anak2 nakal ga pantas mendapat rasa kasihan. biarkan mereka belajar dr kesalahan2 mereka!. ;) begitulah cara ayah saya mendidik kami.

  4. ternyata si om baik yah….. :D hehhehe yaah babe saya juga mirip2 gitu orangnya, galag, tegas, tapi keren – anaknya juga *lho?!!@$@* =)) hehehehe

  5. jaman dulu saya kalo bandel dinaikin ke atas lemari sampe janji ga akan ngulangin lagi.. sekarang ya paling ngomel ajah, udah gak kuat ngangkat saya ke atas lemari lagi.. hhe..

    sakit gak mbak jumi waktu dicolek gesper? :d

  6. waduh, ternyata agak2 bandel juga ya si kembar ini, sampe ngerasain disambit ikat pinggang dan di kurung. tapi tujuannya pasti baik buat anaknya.

  7. @ yati : yuph. “segan”, bukannya “takut” ya, mbak. ;))

    @ ojat : huek… keren dr mana? :-& :)) sebenarnya papaku ga galak. kalo tegas sih iya. :P

    @ azkaa,, : ga jatuh kalo dinaikin ke atas lemari, ka? =)) uhmmm… sakit ga, yah? lupa! :-?? tp ayahku mukulnya jg ga keras2 kok, ka. ;))

    @ didut :yes! ada yg terinspirasi… :))

    @ bodhi : tuh, Pa! itu yg namanya Bodhi, pa! anaknya nakal… :(( lemparin aja pake sendal, pa! =))

    @ [H]Yudee : luv u, too… eh, luv my parents, too… :))

    @ isnuansa : iya, bandel… :"> tp sekarang udh ga, kok! :P :))

  8. sama kayak saya nasibnya, digebuk, dikurung dll. Saya sampai sempat banget marah sama papa saya. Setelah beliau “meninggalkan” kami untuk berkumpul kembali bersama Penciptanya, saya merasa bersalah dan merasa kehilangan. Kenapa beliau “pergi” sebelum saya meminta maap?

    Love u Dad, miss u mach

    *memandang kliwon tidur dengan damai*

  9. Begitulah cinta orang tua baik itu ayah maupun ibu terhadap anak anak nya..Ingin yang terbaik buat anak anak nya..Subhanallh..semoga kita semua bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah..aminn allhumma amin.

  10. kok keluyuran gak pada bawa ID sih? trus ketangkep polisi minta tolong orang tua lagi, khan udah pada gede atuh >18, udah punya tanggung jawab masing2 didepan hukum.:d

  11. @ bedh : wah, ada 1 lg yg nangis, neh… :-ss gimana cara ngedieminnya? :-s

    @ adit-nya niez : lah, kamu jg pernah toh dit? :D :P

    @ Mbah Sangkil : hix… hix… ternyata menyedihkan jg. :(
    aku jg kadang sempet kesel sama Papa, tp ga tau ya… sekesel2nya saya, tetep aja baik lg. ga mau marah2 sm orang tua. takut kualat! :(

    @ Raffaell : itu maksudnya terharu, mas… :"> :P

    @ cempluk amien… amien… amien…

    @ nadya : loh? emang ga kegedean, Nyan? :-o :D hix… yg sabar ya, Nyan… 1 tahun itu ga lama, kan? ;)) bentar lg jg pulang ke rumah. ;;) dan kembali ke 3sakti tentunya. :P

  12. @ Ariw : hmmm… gitu, yah? :-? nyontek dr mana tuh kata2nya? :D :P

    @ Dy : cep cep cep… makanya, cepetan pulang ke Pekanbaru lah engkau, Nak… ;))

    @ resi bismo : tau, tuh! polisinya aneh2 aja… [-( dikira bisa ngebodoh2in mahasiswa kali, ya? =))

    @ ridu : eh, tp ridu tetep sayang Papa, kan? :|

    @ toim : loh kok suka dibo’ongin? aku biasanya kalo udh bo’ong sm Papa, buntut2nya suka dibongkar sendiri, loh. ;)) takut kualat. :P

    @ ajiputra : menantu? uhmmm… kapan, yah? :"> :)) makasih kopinya, Ji! ;) santey, Ji… :D jangan terlalu serius gitu, ah… :P

  13. Trus akhirnya adikmu pulang sendiri ya? kayaknya serem juga, kalo ada ular, ato dikejar anjing atau gajah gimana??

    Tapi salut deh sama papamu ;)

  14. ach itu khan papa mencoba mendidik kita agar kita bisa menghargai waktu orang dan gak sembarangan menyepelekan. mgk buat kita papa kok begitu yach.. papa jahat papa gak kasian, tapi saat kita udah jadi papa untuk anak kita mgk kita juga ngomong yang sama kalay papa dulu…. bener gak tuh..?

  15. wah… mirip dengan papa saya, dulu waktu kecil saya pernah dijantur (digantung) dengan kepala di bawah, gara2 permintaan njajan saya macem2 padahal ga dimakan, mintanya ga tau waktu lagi biarpun malam bgt.

    trus pernah dimasukin kolam air di kamar mandi dengan kenakalan yang sama.

    biarpun saya cewek sendiri dari 4 anaknya, ga ada kata manja bila nakalnya berlebihan :d

  16. so does my dad!
    suka ringan tangan dan tidak bisa mengucapkan kata-kata yang sdikit manis, tapi aku tau maksutnya sebenernya baik! :D

    ih, suka deh kata-katanya Nieke ;))

  17. sama aja kek teman awak, di kurung di kamar mandi, malah seneng maen aer, (kok awak malah ngomentarin komentar nona nieke:-\“)

    eh, jadi ridho bener2 jalan kaki ndak balik kerumah?
    berapa kilo tuh jalannya?:d

  18. @ huda : hahaha… itu lah hebatnya kami! *ciyeh… mengaku hebat neh ceitanya* b-) biar nakal, anak2 Papa tuh cerdik2. ;)) Ridho aja sampe rela lama2 nungguin bus berikutnya dr pd pulang jalan kaki. =))

    @ tito : *nungguin ebeSS comment* :| :))

    @ franya : yak, betul mbak! ;) dulu aku sempet mikir Papa ku jahat. tp mungkin aku akan melakukan hal yg sama kalo jd org tua nanti. ;))

    @ lady : yuph. adik2 cowo kami malah ga pernah ngerasain “ikat pinggang” Papa loh, mbak… :D

    @ uthie : makasih… :"> loh, kata2nya Nieke, ya? :| :))

    @ aLe : ciyeh… pertanda neh kayaknya. ;;) ;))

    @ kidtonk : kebetulan rumah dan sekolah Ridho jaraknya ga terlalu jauh. sebelumnya dia jg pernah kok pulang jalan kaki sendirian kalo kepepet. :))

  19. katanya kl anak cewek lebih deket ama aayahnya yah?….kl anak cowok lebih deket ama ibunya..dan itu bagi aq benar, aq ga terlalu deket ama ayahku…cuma satu hal yang harus kuingat itu dari beliau adalah pentingkan keluarga…walaupun sibuk, tapi kl makan malam semua orang rumah harus ada di meja makan ga terkecuali..karena itu saat beliau bisa ngomong banyak tentang hari ini.

    yayaya…ga terlalu kangen ama beliau sih, cuma kadang kl beliau mampir ke jogja pas tugas, walo cuman sehari tapi kok rasanya masih pengen berlama2 dengan beliau..

    loh kok komen saya ini panjang banget yah?….jadi mirip kalo mau bkin postinga sendiri.. :d

  20. Wah mudik dan liburan ya ? Asyiiik dong, nanti kalau balik ke Jakarta, oleh2 nya ya :)

    Mungkin oleh anak, orangtua (disini : seorang ayah) dianggap keras, padahal kalau mau disimak lebih dalam, seorang ayah biasanya mendidik dengan disiplin dan beda dengan seorang Ibu, biasanya kalau memberi perhatian terhadap anak bisa to the point dengan kata2, kalau ayah biasanya jarang meng ungkapkan dengan kata2.

  21. hiks jd inget bokap nun jauh dijakarta sana… eniwei, jd inget jaman aku msh kecil dulu, aku ngerengek pgn minta beliin maenan, maenannya jijay bgt dah, “tai2an” …makudnya miniatur tai getoh, penampilannya beneran perfect 100% kyk tokai manusia.

    Naahh secara di Mall, nangis2 minta beliin tokai2an, dgn kesel, ayahku beliin juga degh tuh tokai, inget bgt harganya 22.000,jaman dulu mahal tuh.
    Pas keluar dr Mall ^sarinah^, aku ngerengek lg minta beliin Mc D…
    ayahku dgn entengnya ngejawab “Makan tuh Tai !!!”
    sadiiis yeeee…. tp dgn jawaban ituh..mpe skrg aku bs belajar mikir..mana sesuatu yg penting mana yg enggak

  22. Dulu aku kalo nakal, seringkali di hukum … kadang dikunci di kamar mandi ..

    dan kalo kebangetan baru aku diikat dan mulutku dimasukkin cabe rawit … efeknya ampe sekarang, aku suka makan pedes-pedes …. :)>-

    ntar aku traktir yg pedes-pedes yaa ?? :d

  23. @ ekowanz : wah, kok sama jg dengan ayah saya? :D beliau jg ga suka kalo makan mencar2. jd harus ngumpul di meja makan. alasannya jg sama : biar bisa ngobrol2 banyak ttg hari ini karena kami sekeluarga memiliki kesibukan yg brebeda2. ;) hahaha… gpp, kok! :)) saya malah seneng kalo ada yg comment panjang dan nyambung dgn isi postingan. ;)

    @ Mela : ya udh, balik Bandung lg gih, mbak! :D *eh, ortunya mbak mel di Bandung apa di Malang, ya? :-?*

    @ venus : iya, mbok. dulu waktu masih kecil suka berantem. :)) sekarang udh agak berkurang… :"> :P

    @ aRya : nimbrung? tp kami ga lg ngerumpi, loh… :|

    @ Pacarnya Zaskia Mecca : yuph! ;)

    @ GusKoko : waduh, serasa membaca comment dr ayah saya sendiri. :D ;))

    @ icha : minta mainan sampe ngerengek2? wah, aku banget itu, mbak! =)) wah, serem jg ayahnya mbak icha. :-ss tp hampir sama kok dgn ayahku. :))

    @ [H]Yudee : hmmm… aku malah ga tahan pedes. kalo yg ngancem pake cabe rawit itu mamaku. biasanya kalo aku ngomong jorok. soalnya mama tau aku paling ga suka dgn yg pedes. jd ngancemnya gitu, deh… :P

    @ ridhocyber : iya, sama… ;))

  24. Bokap saya ndak pernah ringan tangan, tapi saya sering ngebohongin dia dulu. Jadi merasa bersalah. Apalagi waktu ngedengerin lagunya ADA BAND – Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) Huwaaa!! jadi pengen nangis :((

  25. wah ikutan comentn dong…:)>-
    kamu pasti seneng banget ya punya bapak yang ada selalu di dekat mu walau aga’ aneh sih cara sayangnya,,,,

    tau g’ aq pengen tau punya bapak yang seperi itu tapi mungkin karena kondisi kerjaan bapak kita beda ya jd g” bisa…..

    aq blh cerita dikit g’ tentang kehidupan Q dan ayah Q,,,:-?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *