Usaha Itu Tidak Pernah Sia-sia… ;)

Dulu waktu kecil, aku pernah bercita-cita menjadi dubber. Lantaran sering nonton film kartun, jadi suka berangan-angan sendiri kalo tokoh kartun kesukaan saya, saya sendiri yg mengisi suaranya. Huwehehehe… Nah, beberapa waktu yg lalu, saya tau kalo Mbubh dan kawan-kawan akan mengikuti sebuah lomba film animasi pendek. Wooohh… Baru denger rencananya aja saya udah excited. Apalagi waktu tiba-tiba mereka menawari saya menjadi dubber untuk salah 1 tokok utama! Wuiiiihh… Nggak saya sia-siakan kesempatan itu.

.

Emang nggak dibayar sih… Karena film animasi ini dibuat dgn dana terbatas. Dan memang bukan duit lah motivasi saya. Tapi, saya ingin ngerasain sendiri gimana rasanya menjadi seorang dubber, yang selama ini cuma pernah saya bayangkan saja. Maka jadilah saya ikut terlibat dlm tahap produksi. Di akhir pekan, sepenuh hari saya mengikuti proses recording utk keperluan animasi ini. Ternyata, menjadi dubber tak semudah yg saya bayangkan. Punya suara bagus saja tidak cukup. Tapi harus benar-benar menghayati peran agar suara yg dihasilkan, sesuai yg diharapkan. Untuuung aja saya pernah punya pengalaman teater. Jd ya nggak terlalu sulit jg lah buat saya. :P

.

Selain proses recording, saya jg menemani para animator ini menggambar dan berdiskusi mengenai film yg sedang mereka kerjakan. Kadang ada yg lucu-lucu dan menghibur. Sesekali salah 1 dr kami mendokumentasikannya dengan membuat video “the making of”. Hihihi… Seru jg. Kadang saya pun mentraktir mereka makan karena saya tau mereka butuh energi ekstra agar dapat mengerjakan animasi dgn maksimal. Dan saya sungguh melakukannya dgn suka rela. Saya senang melihat semangat mereka dlm mengerjakan film animasi ini. ^^

Mbubh, sang "terapikomik" di kamar yg disulapnya menjadi studio

Jay dan Asfan, temen sekantor mbubh yg jg terlibat dlm membuat film animasi ini

saya, saat proses recording

Dara, karakter yg saya isi suaranya

Hingga mendekati batas waktu pengiriman film animasi tersebut, semuanya bekerja dgn sangat keras agar film ini bisa rampung. Mbubh sampe sempet sakit dan mbolos ngantor karena nggak enak badan akibat begadang beberapa malam berturut-turut. :( Tapi saya suka melihat semangat mereka. Bahkan di hari terakhir seharusnya mereka bisa menyelesaikan film tersebut. Hari ini adalah deadline film animasi tersebut dikirim ke pihak penyelenggara lomba. Tadi pagi sebelum berangkat kerja, saya penasaran apakah mereka berhasil menyelesaikan film itu atau tidak.  Lalu inilah balasan SMS dari Mbubh :

SMS mbubh

Sedih? Tentu. Saya sendiri tau bagaimana kerja keras mereka demi merampungkan film animasi ini tepat waktu. Dan saya yakin, mereka pasti lebih sedih lagi karena tidak mampu menyelesaikannya. Tapi yg saya suka, mereka berencana melanjutkan film animasi itu, untuk kesempatan lain yg mungkin akan datang lg di lain waktu. :) Jd, nggak ada usaha yg sia-sia. Bahkan buat saya, mereka adalah juaranya! ^^

.

Mbubh, Jay, dan Asfan… Kalian hebat! Jangan pernah menyerah, ya! \m/ Memang kalimat basi ini maknanya dalam dan nggak pernah mati : “Kekalahan adalah kemenangan yg tertunda.”

.

Nb : Maaf, film animasinya sendiri belum bisa saya tampilkan di sini karena belum selesai dan ada kemungkinan akan diikutkan pada lomba yg lain. ;)

16 thoughts on “Usaha Itu Tidak Pernah Sia-sia… ;)

  1. Baru ini ada dubber, bukannya dibayar malah ngeluarin duit bayar animatornya ^^.

    Nggak perlu terlalu banyak pengarahan ya karena ada pengalaman teater.

    Thanks for everything ;).

  2. ini rencananya mau buat Hellofest ya? Ayo To tetap semangka! Masih banyak kompetisi lain buat diikuti. Atau kalau nggak, bikin pemutaran film sendiri aja biar bisa diapresiasi.

  3. GO MBUBH! GO NILA!! GO GO GOOOO…!!! (eeehh ini bukan ngusir lho, tapi ngasih semangat!)

    penasaran mo liat animasinya niih (dan suaranya Nila, tentunya). Ikut lomba animasi toh bukan tujuan akhir. Masih selalu akan ada lomba2 berikutnya kan? jadi…? Go Nila! Go Mbubh!! *nimpuk2 pake kerikil* *loh, katanya bukan ngusir? hihihi*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *