Singapore #1 : The Beginning

Saya mau cerita tentang liburan ke Singapura kemarin. Hummm… Tp kalo diceritain dlm 1 postingan, bakal puanjaaaang banget! Padahal saya di sana cuma 3 hari, loh! Hehehe…  So kayaknya mendingan saya ceritain dlm postingan yg terpisah-pisah aja. Untuk postingan yg pertama ini, saya mau cerita tentang penginapan dan akomodasi.

.

Jujur aja, tadinya saya akan berangkat ke Singapura dgn pesawat Mandala. Udah beli tiket tuh untuk 4 orang (saya, Mbubh dan 2 temen lainnya), eeehh… Taunya Mandala mendadak ngasih kabar kalo mereka berhenti beroperasi untuk sementara. Huiiihh… Langsung bingung saya. Untuuung aja tu duit katanya bakal dibalikin. Coba deh kalo enggak? :| Rada kecewa sih sama Mandala karena calon penumpang dikasih kabar begitu mendadak sehingga mau beli tiket lg dgn penerbangan lain ya udah naik harganya. Tp untung aja saya masih dapet tiket promo dr Air Asia meskipun cuma keberangkatan waktu pulang doank. :P Tp yaahh… tetep disyukuri ajalah. ;)

Saya waktu sedang klaim ke Mandala

Akhirnya tanggal 18 Januari 2011 pukul 18.55 jadi jg saya terbang ke Singapura. Hehe… Nyampe sana udah jam 10 PM waktu Singapore. Udah malem, tp tetep semangat naik MRT dari Changi Airport ke Bugis (tempat saya menginap). Kebetulan udah booking kamar di ABC Backpackers Hostel via online di sini. Jd yah sebenernya udah tenang-tenang aja meskipun baru nyampe malem. Nah, masalahnya… ternyata Hostel nya itu rada sulit dicari. Nggak sulit jg sih sebenernya kalo udah tau. Tp berhubung masih buta jalan banget (secara saya baru kali ini tinggal di Bugis), jd sempet rada-rada ribet nyari alamatnya. Pake acara buka peta segala… Pake acara buka Google Maps lagi… Bahkan pake acara ngeluarin kompas segala! Huehehehe… Setelah muter-muter Bugis cukup lama, akhirnya jam 1 AM waktu Singapore, nyampe jugalah di Hostel yg dituju. :P

.

Jd beginilah cara mudahnya kalo mau ke ABC Backpackers Hostel dari Changi Airport :

  1. Di Changi Airport (saya saat itu tiba di Terminal 1) ke Terminal 2 dulu naik Skytrain menuju MRT (liat aja petunjuknya di Bandara ada, kok).
  2. Dari MRT Changi Airport transit di MRT Tanah Merah, pindah kereta. Naik MRT yg ke arah Joo Koon.
  3. Turun di MRT Bugis. Lalu begitu ke luar dr stasiun JANGAN ikutin pintu EXIT yg ke Bugis Junction. Rada ribet kalo mau ke Hostel dr arah sana. Bisa, sih. Cuma lebih ribet aja. Mending ikutin arah EXIT yg langsung ke luar stasiun. Kemudian jalan lurus aja terus sampe ketemu “Jln Kubor” di sebelah kanan.
  4. Ya udah, begitu belok ke kanan, langsung ketemu tuh ABC Backpackers-nya. Mudah, kan? ^^

di Changi Airport, menuju MRT

Begitu nyampe, langsung bayar untuk 3 hari + deposit. Trus dikasih selimut dan handuk sama resepsionisnya. Langsung mandi deh, tuh. Enak… Ada air angetnya jg. Trus di sini jg bisa wifi-an gratis dan bahkan ada ruangan khusus utk internetan jg. ^^ So, nggak perlu khawatir susah ngubungin kenalan di Indonesia karena nggak bisa ngaktifin HP. Tinggal kirim email atau status di FB atau twitter aja. Beres, kan? :P Udah gitu, dapet jatah sarapan jg lg kalo pagi. So, sebelum jalan-jalan bisa “isi bensin” gratis dulu dr Hostel. Hihihi…

saya dan Mbubh di depan ABC Backpackers Hostel

Hal-hal penting yg perlu diketahui :

  • Udah tau belum caranya naik MRT di Singapura? Beli EZ link card (yg bentuknya silahkan cari di Google :| ) di loket MRT seharga SGD 12 (SGD 5 adalah harga kartu, jd yg bisa dipake cuma SGD 7 sisanya). Ketika masuk ke dlm kereta udah ada rute MRT nya, kok. So, nggak perlu khawatir kalo nggak tau arah dan nggak bawa peta. :P ikuti aja itu petunjuk peta MRT di dlm kereta. Dijamin mudah, kok. ;)
  • Deposit hostel adalah uang yg kita bayar utk kemudian kita ambil lg saat check out. Tentunya setelah mengembalikan selimut, handuk, dan kunci kamar.
  • Karena saya sewa kamar yg dormitory, jd besar kemungkinan saya akan sekamar jg dengan orang lain yg tidak saya kenal. Tp jangan khawatir, hostel menyediakan loker untuk menyimpan koper dan barang-barang berharga lainnya. TAPI TIDAK DENGAN GEMBOK LOKERNYA! So, jangan lupa bawa gembok jg saat menginap di sini.
  • JANGAN LUPA bawa colokan kepala 3 karena di Hostel ini hanya bisa menggunakan colokan listrik berkepala 3 (nggak berkepala 2 seperti kebanyakan di Indonesia). Kan nggak lucu aja jd nggak bisa ngecas HP, laptop, atau kamera gara-gara ini.
  • Sebisa mungkin hindari naik taxi kalo udah larut malem banget karena akan dikenakan biaya SGD 10.
  • Cari tempat makan yg Halal dan murah? Nggak usah jauh-jauh! ABC Backpackers jg menyediakan makanan-makanan enak dan murah (yg sialnya baru saya ketahui belakangan). Kalau mau variasi makanan yg berbeda, di sekitar hostel jg banyak tempat makanan khas Singapura, Thailand, India, dan Arab, loh! Karena Bugis ini memang wilayah muslim di Singapura. ^^

24 thoughts on “Singapore #1 : The Beginning

  1. ahhhh senengnya dapet info menarik,
    iya e di negeri seberang itu saya fikir mahal2 smua
    ternyata ada juga versi bekpekernya yaa
    ah ntar lain kali kesana lagi, patut diikuti petunjuk ini
    *nyatet*

    makasih nillaa infonya
    dan wogh ada si MBUH !!
    :mrgreen:

  2. Kamarnnya gimana Nil. bersih gak?
    btw, komen yang di atas mohon diapus aja. belum selesai sudah kepencet enter. thank you :D

  3. wew… liburan mahal itu =_____=

    kedengarannya rumit ya ini-itunya. MRT-nya nyaman ga? secara busway yang jadi transport paling keren di sini (saya selalu menganggap MRT setara dengan transjak di indonesia) kedengarannya disini pelayanannya jelek banget

    • Mahal? Nggak jg kalo tau tips nya backpacker-an murmer ke luar negri. :D Beuh, MRT mah jauuuuuuuuuuhhh lebih baik dibanding transjak yg kita punya. Tertib dan pelayanannya bagus. ;)

  4. *baca posting sambil ngitung duit di tabungan*

    udah lengkap banget tipsnya, cuma remind yg penting2.
    tips:
    bawa kompas, ponsel dg fitur GPS/ google maps. Kalau perlu GPS beneran. Kejadian, udah di jalan yang bener tapi salah belok. Peta-peta yg dibutuhkan diprint.

    bener banget, bawa padlock (gembok) sendiri, dan universal socket adapter (macem2 colokan)

    kalau punya kartu kredit bisa lebih ayem ;)

  5. Pingback: Singapore #2 : Universal Studio

  6. Liburan keluar negri sekarang sudah bukan sesuatu yang sulit diwujudkan. Apalagi ke singapura, banyak airlines yang menawarkan murah untuk terbang ke negeri singa ini. Untuk akomodasi? Bisa pilih mau backpacker hostel, budget hotel ataupun hotel mewah, terserah sesuai selera dan kemampuan finansial masing-masing. Buat tambahan aja ya teman2, saya rekomendasiin :

    Hive Backpacker Hostel , http://www.thehivebackpackers.com/
    Footprints http://www.footprintshostel.com.sg/
    dan jg Checkers Inn . http://www.checkersinn.com.sg/

    Selain tempatnya bersih dan harganya cukup terjangkau, Keamanan terjaga, kamar bersih, fasilitasnya jg lgkp! Pas deh buat backpackers!

  7. Haduh, baru baca postingan #1-nya aja dah bikin pengen ke Singapore :uhuks:

    Salam kenal ya Jum, kapan” boleh ya ta’ tanya” soal tips liburan *kalo nanti ada duidnya* aamiin :D

  8. Pingback: #Postcards: January – Hello, Sunshine!

  9. Hi salam kenal, Mei nanti aku rencana mau ke negeri SInga terus nginep di ABC hostel. Mau tanya jumlah kamar mandi brp y, cukup memadai kah? Mereka ditanyain g jawab soalnya. Ok terima kasih y.

  10. mbk, wkt booking kamar perlu byr dp dlu ga pake credit card? ato langsung byr full wktu check in? kamarx udh pasti kita dapet ya?

  11. Sore Mba,
    aku mau nanya nih klo mau booking di ABC emang harus bayar 50% via paypal?
    Waktu mba booking kaya gimana y?

    Terimakasih

    • mungkin rada2 telat…aq booking ABC Hostel via webnya…trus gak lama kemudian di email n ternyata mereka punya rekening BCA krn slh 1 pekerjanya ada yg org Indonesia jadi gampang…tapi aq ke SG-nya nnti akhir agustus sampai awal september 2012.
      Skrg 1 SGD = 7500 rupiah.

  12. mbak, mo nanya, jarak dari ABC hostel ke MRT bugis berapa meter ya? kira2 kalo jalan kaki berapa menit? kayaknya ngeliat di google map agak jauh ya? hehe..makasih untuk jawabannya

  13. Wah pengalaman yg seru banget. itu serius mba cuma abis 2,5 juta aja? Muraaaahhhh bangettttt :)

  14. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Akhirnya… Bisa “Curhat” juga di Media Cetak

  15. kalo harus menon aktifkan hp ya repot donk. utk mengatasi biaya roaming aku sih meng-auto reject all incoming calls dan sms dan juga menon aktifkan data. kalo di hp ga ada fitur itu ya pake app. jadi tetep bisa update ini itu pake hp (menggunakan wifi hostel tentunya). kalo mau sms ya pake free sms online (nih utk contact teman/keluarga yg ga punya koneksi internet). melalui gmaps mending peta singapuranya di cache/di save dulu, biar bisa liat peta walaupun gak ada koneksi wifi. kalo pertama kali ke spore pasti kalo gak pengen nyasar gps musti nyala terus bisa bikin batre tekor, well kudu bawa power bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *