10 Tahun Tragedi 12 Mei

Ehmmm… sebelumnya saya minta maaph karena sudah cukup lama tidak meng-update blog ini. :D Maklum, saya sibuk. Iya, sibuk! Beneran! Sibuk santai2 di kamar… sibuk tidur2an… sibuk ongkang2 kaki… Ya iyalah! Gimana mau ngenet orang internet di kamar sempat bermasalah gitu, kok. :( Jd lah saya kerjaannya cuma santai2 aja di kamar tanpa melakukan sesuatu yg berarti. *misal : baca buku, nonton berita… eh, itu “berarti”, ding! :|*

 

Yak, lanjooot!

 

Btw… semuanya pada tau kan kalo hari ini hari apa? Hari Senin? Yak, pinteeerrr… Tp bagi seluruh Masyarakat Mahasiswa kampus Universitas Trisakti Jakarta *ciyeeeh… keren jg nama kampus gw. :))*, hari ini adalah hari yg bersejarah. Karena 10 tahun yg lalu ditanggal yg sama telah terjadi sebuah tragedi. Hari ini, tragedi itu diperingati kembali.

 

Pagi ini (12 Mei 2008) sekitar jam 07.30 wib rencananya akan diadakan upacara di depan gedung M. Tadinya sih saya berniat utk ikut upcara jg. Tp karena pagi ini kepala saya agak2 pusing gimana gitu, jadinya saya baru nyampe kampus sekitar jam 8. *huuu… ngeles aja! aslinya bukan karena ini saya telat, loh! :| :))* Ya udh, ga jd ikutan upacara, deh. :( Padahal tahun lalu saya sempat ikut upcara jg. Kalo dulu semasa sekolah saya upacara 1 kali seminggu, di masa kuliah ini saya hanya dapat mengikuti upacara 1 kali setahun SAJA! Masa mau dilewatkan jg? Ya sayang, donk… *belaga jd mahasiswa yg suka mengikuti upacara* ;;)

 

Jd ya sudah. Ga bisa ikut upacara sih gak apa2. Namun, karena ga mau melewatkan hari bersejarah ini begitu saja, saya dan Mita berjalan keliling kampus utk mengambil gambar2 suasana kampus saat ini. *ceileeehh… berasa jd reporter, bo’! :)) ya iyalah… ga mau kalah sama reporter CNN yg pagi ini udh nongkrong di depan markas Presma. [-( ;))* Nah, ini dia beberapa foto yg sempat saya abadikan hari ini…

Selamat Datang di Universitas Trisakti Jakarta… ;;) *mestinya waktu itu saya suruh Mita berdiri di sebelah tulisan ini biar dia dikira patung selamat datang… :-? =))*

Pagi2 sekali di depan markas Presma sudah ramai. Ramai dgn para reporter dan cameraman-nya yg sedang membuat liputan. Eh, saya ga sengaja melihat reporter dan cameraman dr CNN jg loh di depan sini! :| *noraknya kumat*

 

Poster seperti di atas hari ini membanjiri kampus saya. Tp warnanya kok merah gitu, ya? B-)

Loh… nemu mobilnya Om Wimar di sini. :-o Hayooo… lg ngapain, Om? :)) :D *SKSD gitu ceritanya. :P* Di sebelah mobil ini ada mobilnya SCTV jg.

 

Tugu 12 Mei. Waktu saya ngambil foto di sini jg sedang ramai2nya para reporter membuat liputan. Akibatnya saya jd agak sulit mengambil gambar dr dekat. :-w

 

Beberapa karangan bunga yg diletakkan di tempat tewasnya 4 mahasiswa Trisakti. Eh, mestinya ada 4 karangan bunga, sih. Tp kok td saya cuma nemu 3, yah? :-?? *dijitak*

Mahasiswa2 yg sudah siap berorasi ke Kejaksaan Agung. :| Eh, di dekat sini saya sempat ditanyai reporter dr TransTV, loh! Tau ga dia nanyain apa? Dia nanya, “Mbak, gedung rektor dimana, yah?” *gubrak* 8-} Kirain mau nanyain nama saya, mbak… [-( *ngarep*

 

Sebenarnya masih banyak foto2 lain yg sempat saya ambil di Museum 12 Mei. Tp tau ga, sih? Udh puas jeprat-jepret di dlm museum, tau2 saya melihat ada tulisan “Dilang mengambil gambar/foto di sini”. Cabe deeehhh…! Kebetulan waktu saya masuk ke dlm museum memang ga ada siapa2. Ga ada yg ngawasin! Jd yah ga ada yg ngasih tau saya sebelumnya… :-/ *innocent* Tp dr pd kenapa2, mending fotonya ga usah saya sebar luaskan aja, deh. :| Padahal saya sempat mengabadikan barang2 milik Elang Mulia Lesmana jg, loh! :-ss Nieasa ga berani gitu lama2 di sini. Katanya serem! Sementara Mita malah ga mau sama sekali saya ajak masuk ke museum tsb. :)) *kenapa seh tu anak 2? /:)*

 

Dan mungkin sebagian dr kalian ada yg bertanya, “Kamu ga ikut orasi (sebagian org menyebutnya “demo” :)) ) ke Kejaksaan Agung (padahal tahun2 sebelumnya orasi ke DPR. Entah kenapa skrg malah Kejagung. :-?? ), La?”. Jawaban saya adalah : Selama 4 tahun saya menimba ilmu di Trisakti, sejak tahun pertama sudah duduk di Parlemen malah, tp TIDAK 1 kali pun saya ikut orasi. Maaf, bukannya saya ga mau! Tp org2 yg menyayangi saya yg melarang. Bahkan tahun 2006 kemarin, seorang “kakak” (say “hi” to Kak Rudee… :D ) pernah hampir menculik saya dr kampus karena saya bilang, saya diajak orasi ke DPR.

 

Masih ingat bgt kata2nya Kak Rudee wkt itu, “Lo kalo sampe ikutan ke DPR awas lo, La! Gue culik! Sumpah, gw ga main2! Atau gw suruh org buat ngawasin lo, trus gw culik! Inget La, lo jauh2 datang dr kampung (giling! Riau disebut “kampung” ama ni orang! :-w ) buat belajar. Jangan sampe ortu lo nangis liat lo mati sia2! Di sana tuh banyak sniper, La! SNNIIIIPPPEEEERRR…!” Buset, ngomongnya sampe semangat gitu. [-( Ya sudah, ga jd deh saya ikut orasi. :( Padahal penasaran jg.

 

Btw, denger2 seh mahasiswa2 Trisakti yg mau ikut orasi jam 12 ini mau berangkat ke Kejaksaan Agung. Hmmm… udh pd makan siang belum mereka, yah? :| *hayah… jd kepikiran!*

 

 

 

 

Nb : foto2 di atas murni saya ambil sendiri dr kamera HP saya. kalo ada yg mau ngambil, tolong kasih tau saya dulu, ya! ;) hmmm… btw, udh lama ga update, sekalinya update ternyata postingannya panjang bgt gini… :-?

48 thoughts on “10 Tahun Tragedi 12 Mei

  1. wah…lu gak ikut ampe siang sih La, seru !!! g ngikut ampe “jungle” pas anak 2 lagi orasi. bareng Amel, Rika, Ria, Wara , JiJe ama Dewi deh. Busyet panas banget bo…!
    ya iyalah g ngeri masuk museum nya, itu kan orangnya udah mati…ntar klo tau – tau ada disebelah g gimana ?

  2. jd inget kejadian beberapa taun silam deh Nil..
    wkt itu gue msh SMA.. dan setelahnya, sepertinya kasus trisakti ga pernah tuntas

  3. 10 taun belum beres juga…

    :(( kangeeeeennn!!! kampus gue!!!

    gapapa kok taun kemaren gue ikut aksi… :)>-
    eniwei, memang perlu diperingati tiap tahun biar pada inget kalo pernah terjadi pelanggaran ham di kampus kita

  4. Jadi, 4 tahun kuliah di trisakti, gak pernah ikut demo? Ah, cemen kali kau, la.. cemeeeen :-\
    xixixixi.

    Btw, potonya bagus. hp-nya apa? *lost focus*

    Hah, tapi jadi sedih aku. udah sepuluh taun gak selesai-selesai itu kasus. Saya menuntut agar kasus ini segera diselesaikan. Kalau tidak, infrastruktur IIX akan kami sandera sehingga kasus selesai
    *ikat handuk di kepala sambil mengepalkan tangan keatas dengan tatapan tajam ke depan*

  5. udah 10 tahun ya sejak tahun 98. Fiuh, sempat jadi saksi juga atas kematian salah seorang pendemo di Jogja 10 tahun lalu. Btw, iya Nil, gak usah ikutan orasi. Bukannya apa-apa sih…. 10 orang atau 100 orang yang ikut suaranya tetep 1 kok.

    Hebat dong 4 tahun kuliah gak ikutan demo. Aku 5,5 tahun loh…. sama juga gak ikutan apa-apa :D

  6. iya sih emang perlu diperingati, asal ga jd anarki aja (halah…)
    tp bener neng, ga usah ngikut orasi2 sgala, inget cacing di kandungan =)) *kepikiran post yg dulu*

  7. gak terasa yah, udah 10 taon…tp kasus tragedi 12 Mei-nya udah ditutup nggak berkelanjutan ato di-peti-es-kan istilahnya yah? :(

  8. teringat 10 tahun lalu saya juga ikut terlibat di aksi demo mahasiswa di malang, keknya seluruh mahasiswa se Indonesia kompak untuk mendukung Soeharto lengser :)>-

  9. Ada pesan moral di sini yang musti kita pelajari agar tak terulang lagi.

    Kalau demo, pake rompi anti peluru…. (halah koq malah ngaco gini)

  10. wah gak terasa udah 10 tahun lagi ya.. emang udah lama gitu kasusnya masih bisa diusut gituh? meragukan ya, udah kelamaan!

  11. takut la… *merinding*
    heheh gw gak ikut aksinya habis capek gw ngurusin buat tragedi sampe malem…
    eheemmm…but gw seneng..heheeh

  12. @ ohayo_michan : wakakakak… gila, ternyata lo takut ketemu “hantu”-nya, mit? =)) ga nyangka gw… :)) iya, gw jg pas mau pulang sempet lihat mahasiswa2 yg udh siap mau berorasi ngumpul di depan kampus. ;))

    @ dee : waktu kejadian tragedi trisakti itu, aku masih kelas 1 SMP loh, mbak! :D

    @ [H]Yudee : hayah… sniper-nya pake kamera SLR dan tripod ya, mas? :)) ada2 aja… ;))

    @ uthie : wooo… masih imut2nya anak ini… ;;) :P

    @ itikkecil : hmmm… mbak Ira jd mahasiswanya sekitar berapa tahun yg lalu, mbak? :| *dijitak*

    @ datum : heh, enak aja! :-w blogger dr Riau jg lumayan banyak, tauuuukkk…! >:P *ngulek2 mas edo*

    @ galih : iya, mas. sedang mengurangi jiwa narsis dlm diriku… :D *halaaahhh… emang lg ga ada kesempatan moto diri sendiri aja, sih. keasyikan motoin sekitar! :))*

    @ nadya : wah, hebat! lo sempet ikut aksi ya, Nyan? :| gw jg pengen, sih. tapiiii… :-s ya gitu, deh!

    @ poetra : iya, deh. aku emang cemen! :(( huhuhu… hpku apa? ada, deh… :D ntar dibilang pamer lg. [-( *siyul2* waduh, ada demonstran di sini… :-ss

    @ phery : waduh, di jogja jg yah waktu itu? jd saksi kematian pula… ga serem, mas? :| tp aku malah kepengen bgt coba ikut orasi! :((

  13. @ st_hart : hahaha… dasar! masing inget aja… =))

    @ toim : iya, ga terasa udh 10 tahun. [-( bentar lg ditutup deh ni kasus… :( sedih jg… ga jelas ujungnya bakal spt apa!

    @ yati : *gubrak* tenang, mbak… yg berani ikut demo masih lebih banyak, kok! :| *ngeles* :P

    @ Fikar : iya, udh 10 tahun. :( udh lama banget ga kelar2 jg kasusnya! :-w

    @ Totok Sugianto : yuph. kayaknya aksi demo memang terjadi di beberapa daerah waktu itu. waktu kejadian itu, sayangnya aku masih SMP, mas! :D jd masih ndak terlalu ngerti apa2 gitu…

    @ deniar : wah, siapa yg mau memodali mantel anti peluru-nya? membayar kuliah saja sulit… 8-}

    @ jimmy : iya, lama banget! :-w ga kelar2 jg… [-(

    @ nieasa : tau, neh. lo satgas jg. bukannya ngelindungin anak2… malah nonton! =)) :P

    @ tukang sapu : iya, saya kuliah di trisakti. :D amien, amieeennn…

    @ Ojat : wakakakak… =)) alhamdulillah kabar baik, mang! ;)) mang ojat jg kemana aja?

  14. gpp kok ga ikutan orasi, yang penting kan kamu tau kmaren tuh hari apa (senin kan? *plakkk..*)

    ga kerasa udah 10 tahun ya,, semoga kasusnya cepet tuntas.. uh pemerintah bikin gemes aja :-w

  15. wah nice photos.. jarang nonton tipi tapi bisa juga dapet berita dari blog.. heheh..

    btw tumben gak ada foto2 narsisnya?? :d

  16. yg aku inget dulu… jaman2 sebelum reformasi… kan pada jarah2 tuh…
    aku ikutan loh….ngejarah robinson yg ditanah abang tuh…
    dapet kipas angin…
    pulang2 di marahin besar2an ama bokap…
    “gimana kalau kau kena peluru nyasar pas disana!!!”
    :d

    begitulah omelannya… tp ternyata ikut ngejarah seru juga yah

  17. Dibalik tragedi ini, yang paling merasa kehilangan adalah orang tua, kakak, adik & family dekatnya para pahlawan reformasi, susah dilupakan. Adakah acara mengunjungi keluarga mereka ?

  18. gak terasa yah, satu dekade tanpa penyelesaian yg jelas.. pada pengecut semua, gak ada yg berani buka suara *sedih*
    eh, lo bener kata big bro tuh, mending jagain kampus aja than orasi :)

  19. @ ridu : wekz… berita di sini jg ga akurat kok, du. :P ga bela2in ngeliput sampe kejagung kayak reporter2 itu. :)) iya, penyakit narsisnya lg ga kumat. =))

    @ cempluk : maklum, mpluk… udh napsu duluan motonya. :))

    @ icHaaWe : hah? mbak icha ikutan ngejarah waktu itu? :-o buset… :-ss ga serem apa, mbak? :|

    @ GusKoko : setiap tahun, keluarga korban selalu diundang utk mengikuti upacara di kampus kok, om… ;) makam para korban jg diziarahi rektor setiap tahunnya.

    @ hafidzi : salam jg… ;)

    @ tukang foto keliling : masa sih warna merah bawa hoki? :-? kira2 hubungannya apa sm tragedi trisakti? :P ;))

    @ warmorning : mending jaga kampus? emang gw satpam? :(( kampusnya terlalu kegedean utk gw jaga sendirian… :-s

  20. kerasa dukanya.. :(

    poster itu merah melambangkan darah kali ya

    terus 4 orang di foto itu adalah mahasiswa yang tertembak ya?

    merinding…

    “kami dibunuh bangsa sendiri” :|

  21. wuihhh.. gelarnya keren.. ‘PAHLAWAN REFORMASI’ mirip2 ‘PAHLAWAN REVOLUSI’ :D..

    Ayoo siapa mau jadi pahlawan reformasi selanjutnya???
    syaratnya harus mau di sniper dulu.. :P

  22. ga lagi degh ngumpet di dapur warga… sambil megangin punggung bekas pentungan… *pikir2 nyesel sayah ada di barisan ituh* enakan dolar 2000 perak n Bensin 1800 rupiah

  23. 10 taun yang lalu?berangkat sekolah dengan penuh ketakutan. Inget, sekolah yang sepi dan kita yang ga tau kenapa pada males ngomong..

  24. huwaayyy… lama tak browsing :D
    wah iya, gue juga dilarang nil, kata nyokap gue ” kamu tuh anak perempuan mama satu2nya…mama ga tau deh bakal jadi gimana kalo kmu knp2″
    tapi gue udah niat gitu demo tanpa ijin, tp akhirny ga bisa ikut krn gw ada kuliah dan gue hrs presentasi… emang ada aja halangan ya klo ga diridho-i nyokap. hehehhe

  25. 10th lalu sy msh di Medan, saat itu jg Medan baru ada demo & beberapa kerusuhan, yg kemudian merambat ke Jkt, lalu jd ada tragedi Mei itu… mudah2an tidak terulang lagi di masa depan..

  26. @ taqi : wakakakak… =)) iya, bener banget! :P

    @ Nisa : waduh nis, gimana kalo kamu masuk museum-nya? :| lihat foto2nya pasti miris banget!

    @ anno’ : sep, pak! ;)

    @ kul : wekz… jangan sampe kejadian kayak gitu terjadi lg, lah… :( berjuang itu ga harus dgn pertumpahan darah, kan?

    @ JoEy D`JuVe : hmmm… maksudnya? :| mantan pejuang tahun 1998 jg, kah? :D

    @ ario saja : ok, ok mas… sabar! :-ss

    @ stey : 10 tahun lg lalu? aku masih SMP dan cuma dengar beritanya di TV doank. :|

    @ puputs : gimana kejadian 10 tahun yg lalu versi kamu, put? ;)

    @ aLe : sama, aku jg Le! :( semester depan udh injury time, neh! :)) :P

    @ macangadungan : waduh, mendingan jangan deh Le. ntar kualat sama orang tua! :( gw aja ga brani ngelanggar pantangan dr ortu…

    @ Zee : wah, di medan jg yah? kayaknya emang pergerakan semacam ini terjadi merata hampir di semua daerah. :|

  27. Aiyaaaahhhh….
    Selalu sedih dan marah kalo teringat kejadian ini…..

    Ingat cerita temen gue, Angel (anak UKM MP), sodaranya Hafidin Royan (alm) kalo seminggu sebelumnya kamar tidurnya suka bau rokok. Inget cerita ttg Basuki (anak UKM MP) tentang Elang Mulyana (alm), ingat tuturan EQ/Franky (MJ 94) ngomong kalo Hendriawan Sie (alm) masih sempat pamit ke dia dulu sebelum ikut demo hari itu…..

    Ingat juga si Ato (anak Kempo) yang kakinya ketembak….

    Bapaknya Hafidin (alm) sesudah kejadian hari jahanam itu, menempelkan selebaran di tembok2 kampus, menanyakan temen2nya almarhum sekiranya kalo almarhum ada hutang, tolong kasih tahu Bapaknya buat dilunasin. Aaiiiyaaahhh (kalo inget rasanya sedih banget)

    Semoga peringatan tahunan ini selalu mengingatkan, ini adalah sebuah TRAGEDI!

  28. hi… salam kenal…
    eh, saya ikut loh aksi tgl 12 mei itu… ga ngerti sih ngpain aja di sana, ikut2an doang… ha ha…
    btw, kamu dari riau ya? sama dong…. saya juga…:d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *