Suka Pilih-pilih Makanan?

Saya termasuk makhluk “pemakan segala” (selama Halal, tentu saja). Nggak suka milih-milih makanan. Mau yang pedes, berkuah, mie, goreng-goreng, seafood, banyak bumbu, sayur-sayuran, daging-dagingan, semua bisa saya makan. Untungnya, saya nggak punya alergi terhadap makanan tertentu. Dan sejak kecil, memang dibiasakan ortu supaya nggak milih-milih kalo makan. Mereka bilang, nanti jadi susah sendiri kalo terlalu memilih makanan.

 

Tapi hal ini membuat saya menjadi orang yang paling sering ngalah kalo makan siang bareng teman-teman sedivisi. Karena sebagian dari mereka ada yang nggak suka (juga nggak bisa) makan makanan yang pedes, ada juga yang nggak suka sayur, ada lagi yang alergi seafood, bahkan ada yang takut banget liat buah seger coba. =,=’ Akibatnya, saya yang harus mengikuti selera mereka sehingga saya jadi jarang bisa makan makanan yang sedang ingin saya makan.

 

Mungkin memang ada berbagai macam faktor yang membuat seseorang terlalu milih-milih kalo makan. Ada yang memang karena alergi, ada yang emang sejak kecil nggak dibiasain makan yang pedes-pedes sampe ngerasa lidahnya nggak kuat makan makanan pedes, ada yang punya trauma mungkin dengan makanan tertentu. But, please… Apa itu nggak bikin sulit mereka, ya? Seperti yang ortu saya ajarkan sejak kecil, kalo bisa cobalah semua makanan (yang Halal) karena membiasakan diri makan hanya dengan makanan tertentu saja hanya akan membuat sulit diri sendiri jika nanti kita tidak bisa menemukan makanan itu.

 

Thank’s God… Karena didikan ortu saya ini, saya nggak pernah takut kalo sewaktu-waktu pergi ke suatu tempat yang cukup asing buat saya. Selama di sana ada yang bisa dimakan, akan saya makan (lagi-lagi yang saya maksud di sini adalah makanan Halal loh, ya.. ;P ). Bahkan saya punya kecenderungan suka mencoba makanan-makanan unik yang belum pernah saya makan sebelumnya. Mencicipi makanan yang jarang ditemukan orang, bahkan buat saya itu adalah prestasi. ;D

 

Nah, apakah kalian termasuk orang yang “milih-milih” kalo makan? Apa sih yang membuat kalian menjadi seperti itu? :)

19 thoughts on “Suka Pilih-pilih Makanan?

  1. kalo soal tempat makan, aku ga terlalu milih-milih sih ya. makan di mol, makan di pinggir jalan, oke hayuk aja. pantangan makan ga ada, pedes doyan, ga alergi seafood, ga nolak sayur, bukan vegetarian juga hahahah.

    tapi memang aku ga suka ikan, duren, pare, pete+jengkol, dan telor rebus/ceplok. selama pilihan di tempat makannya banyak, pasti ada aja yg bisa aku makan :D

  2. tadinya iya, suka pilih2 makanan.. tapi semenjak tinggal sendiri, dan di deket rumah cuma ada warteg, dan harus belajar berhemat, makanya ‘terpaksa’ makan yang ada disana.. tapi lama2 juga jadi terbiasa ndak milih2 makanan sih, kecuali yang pedes2.. 😆 aku ga bisa makan pedes, perutku langsung berontak 😥

  3. @Mbuh: ha mosok kalah sama Alif udah makan daging..?? :P

    bener, dari kecil kita udah disuruh utk gak jadi picky eater.. ettapi malah Mama kita picky eater khusus makanan2 non Padang.. >,<''

    • Hahaha… iya, malah sekarang Mama kita yg rada milih kalo makan, ya? XD nggak apa-apa lah. Mungkin karena udah mulai tua. ;P

  4. saya termasuk pemakan segala kecuali udang. Ga tahan reaksi setelahnya, bisa gatal-gatal dua hari dua malam ga sembuh-sembuh. Dari pada saya “lumpuh” ga bisa ngapa-ngapain cuma gara-gara maksa makan udang, mending ngga…

  5. saya menjadi pemilih makan saat maag kumat, jadi pentang pedas, asam, santan dan kopi. tapi cuma pas kumat aja sih. setelah sembuh langsung hajar lagi 😆 hahahaha… payah ya… gimana bisa sembuh coba?

    habisnya yg dipantangin itu kesukaan saya semua :p ya rugi kalo lama2 pantangnya :D

  6. saya mah apa aja dimakan, asal enak dan perut dalam keadaan laper,
    dan huaaa tuh kan ada mbuh, iya MBUH komen diatas, salam kenal mas mbuh ! ^^

  7. Hmmmm kalo untuk kasus saya, apakah saya pemilih makanan?

    Jadi, kalo makan, saya berusaha untuk menghndari gorengan. Saya selalu memilih yang rebus atau panggang. Kalo sayur boleh lah yang tumisan. Juga, saya menhindari sejenis makanan gulai (gule), daging yang berlemak, juga makanan manis. Cake, kue, biskuit, wafer, segala jenis camilan manis saya gak mau. :D Termasuk es krim.

    Bukan berarti saya bener2 gak makan semua makanan pantangan di atas. Dalam kesempatan tertentu, saya kadang makan makanan tsb, hanya jika tak ada kesempatan untuk mengelak atau menolak. :D Kalo ada kesmepatan untuk memilih makanan lain selain pantangan2 di atas, saya akan melakukannya. :)

    Sejak tahun 2010 akhir, saya mencoba mengatur kalori yang masuk ke tubuh. Saya ingin menjaga lingkar pinggang dan bobot badan saya. :D

  8. saya termasuk pemilih makanan, terutama yang enak dan sehat. sebab mungkin bahaya juga lho kalau kita makan semua makanan …..

    • Ya ga apa-apa kalo alasannya utk kesehatan atau memang alergi. Tp kalo cuma karena ga suka, errr… Kan yg ada malah menyusahkan diri sendiri. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *