Let’s Talk About Passion! ;D

Beberapa waktu yang lalu, saya membeli dan membaca buku Best Seller yang ditulis oleh Rene Suhardono yang berjudul : Your Job Is Not Your Career. Sudah ada yang baca? Bagian yang paling menarik buat saya adalah ketika membahas tentang passion. Agak kaget gimana gitu ketika mengetahui seorang Rene yang merupakan CareerCoach itu baru bisa menyadari passion nya setelah 9 tahun! Waw… Bukan waktu yang sebentar.

 

Kemudian, saya berpikir. Apakah saya sudah tau apa passion saya? Hmmm… Saya seneng sepedaan, sih. Seneng main dan merawat kucing. Juga seneng jalan-jalan dan traveling. Apakah itu semua passion saya? Rasanya iya! :D Apakah saya mengupayakannya? Tidak. Seperti yang Rene tulis di bukunya, passion itu tidak diupayakan. Melainkan sudah ada di dalam diri kita. Tinggal bagaimana kita bisa menemukannya. Dalam buku ini ditulis bahwa :

Passion adalah hal-hal yang kita sukai atau minati hingga kita tidak bisa berpikir untuk tidak mengerjakannya.”

 

Saya pernah berangkat ke Papua sendirian dalam sebuah perjalanan dinas. Membawa 4 buah perangkat keras yang beratnya minta ampun. Terbang dengan pesawat kecil yang setiap saat mengalami turbulansi. Hahaha… Bahkan ketika saya ceritakan pengalaman tersebut kepada ibu saya, beliau kaget sekaligus kagum kenapa saya mau melakukan semua itu. Akhirnya saya sadar, jawabannya adalah : karena itulah passion saya! Saya senang jalan-jalan. Bahkan senang jika dalam perjalanan ada suatu hal yang dirasa menantang dan nggak biasa. Senang menemukan hal-hal baru di tempat asing.

 

Saya juga senang merawat kucing-kucing sakit yang saya temukan di pinggir jalan yang dimana, sebenarnya sedikit banyak menguras tabungan saya. Hehe… Biaya penyembuhan kucing itu, juga biaya makanannya yang sangat saya jaga bahkan kadang bisa lebih mahal ketimbang biaya perawatan diri saya sendiri! Hahaha… Nggak heran kalo ada temen yang baru mencoba memelihara kucing dan mengeluh, “Gila ya! Mahal juga biaya perawatan kucing itu. Belum lagi repotnya kalo si kucing buang kotoran sembarangan. Ckckck… Kok lo bisa betah sih, La?”. Lagi-lagi saya menemukan jawaban serupa : becoz it’s my passion and I really enjoy it!

 

Hobi bersepeda juga sama. Memang baru sekitar 1 tahun-an saya menjadikan sepeda sebagai hobi. Dimana sebelumnya buat saya sepeda adalah sebuah kebutuhan! Hahaha… Rasanya sulit untuk meringkas bagaimana kegemaran saya terhadap sepeda karena pasti akan sangat panjang. :P

 

Lalu setelah berhasil menemukan beberapa passion ini, apakah saya sudah berhenti mencari? Tentu tidak! Saya masih berusaha menemukan sebanyak mungkin passion yang ada dalam diri saya. :) Karena passionpassion inilah yang bisa membuat saya merasa lebih “hidup” dan menghargai kehidupan saya sendiri.

 

So, what is yours? ^^

12 thoughts on “Let’s Talk About Passion! ;D

  1. I only passionate with Computer, that’s it…

    Bagi aku hobby bukan termasuk passion, kalo hobby itu sama dengan passion, aku harusnya jadi atlit, harusnya aku jadi pemain sepak bola, ato jadi photographer adventurer, tapi sayang… Memang aku suka, tapi suka bukan berarti passionate.

    Menyadari itu sebuah passion ato ngga mungkin bisa dilihat dari “ketidak sadaran kita” hal hal yang kita lakukan diluar ketidak sadaran kita tampa memikirkan side effect dan lainya, itu baru passion.

    • Passion ya belum tentu adalah sesuatu yang seharusnya menentukan profresi kita. Jd kalo punya passion di fotografi, bukan berarti jg harus jd fotografer. Kalo orang yg punya lebih dr 1 passion, masa seharusnya punya beberapa profesi? :)

  2. Aku masih meraba-raba nih passion-ku apa. Sekarang suka sama banyak hal tp masih ngerasa terlalu pagi untuk nentuin yg mana yg passion.
    Maklumlah, masih ABG, masih labil
    -___-‘
    #gak sadar umur

  3. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Ke Semarang Lagiiii…

  4. belum baca buku itu, akan masuk list to do read ahhh :D

    btw, ternyata dunia itu tidak sesempit yang orang sering dengungkan yaa.. lah kita sendiri belum bisa menjelajahi isi dunia ini pun *termasuk passion kita*

    saya juga seneng loh menemukan sesuatu yang baru, pengen aja bisa cerita sesuatu yang berbeda tapi bukan utk menyombongkan diri koq, heheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *