Mengajar Itu…

Saya pernah jadi pengajar. Dulu waktu masih kuliah, saya sempat menjadi astlab (asisten laboratorium) selama 2 tahun. Tugasnya adalah membuat materi praktikum, mengajar, membuat materi tugas, sekaligus mengawasi ujian dan memberikan penilaian. Tapi, itu tidak membuat saya merasa lebih pintar dari orang-orang yang saya ajari. Motivasi saya menjadi astlab (selain duit tambahan… Hihihi…) adalah karena saya senang membuat orang lain lebih mengerti.

 

Saya kadang gemes, ada banyak sekali orang yang jika saya tanyakan sesuatu, yang ada bukannya bikin saya tambah ngerti, tapi malah bikin tanda tanya di kepala saya tambah banyak. Mungkin bukan salah mereka jg. Mungkin mereka ga tau dimana letak ketidakpahaman saya. Meskipun pernah jg saya merasa, orang yg saya tanyakan sebenarnya hanya ingin membuat dirinya terlihat lebih pintar. Bukan karena benar-benar mengerti hal yg saya tanyakan atau ingin saya paham. Entah karena takut tersaingi atau apa…

 

Padahal yah, kalau saya pribadi, malah lega dan seneng banget loh kalo orang yg nanya ke saya jd ngerti. Ada kepuasan tersendiri gitu. Berasa udah ngebantuin orang yg nyasar. Hehe… Skaligus bikin saya berempati jg. Kebayang aja kalo saya tersesat dan tidak paham akan sesuatu, tp ga ada yg bisa nolongin. Duh, pasti sesek banget! Toh setiap ilmu yg kita berikan ke orang lain jg akan menjadi amal yg akan terus dicatat bahkan setelah kita mati, kan? Jd sebenarnya ga ada ruginya kok berbagi ilmu ke orang lain. ^^

 

Mengajar itu untuk membuat orang lain lebih mengerti. Bukan untuk membuat orang lain merasa lebih bodoh.

mengajar itu untuk membuat orang lain lebih mengerti. bukan untuk membuat orang lain lebih merasa bodoh.

14 thoughts on “Mengajar Itu…

  1. saya jadi pengen nanya
    ini kenapa theme blog ganti lagi, ?

    ah biarlah motif orang apapun, yg penting dirimu tak seperti mereka2 yg ga asik itu nil

    semangkaa !

    • Waaa… Mang Ojat jg paling berjasa dlm “menuntunku ke jalan yg benar” saat sedang “tersesat”, loh. XD hihihi…

  2. jadi ingat jaman dulu pas masih rajin latihan beladiri sama pramuka. Harus ngelatih anak-anak kecil.ternyata susah juga, untuk menjadi sabar dan terus membimbing mereka

  3. mungkin sebetulnya mereka mengerti pertanyaanmu tapi mereka gak ngerti harus mulai darimana ngejelasinnya supaya lebih mudah dimengerti jadinya muter muter dan bikin kepala tambah pusing karna jumlah tanda tanya jadi makin tambah banyak :p
    just an opinion…

  4. Mengajar itu untuk membuat orang lain lebih mengerti. Bukan untuk membuat orang lain merasa lebih bodoh. –nice quote

    Mengajar juga berarti membuat orang jadi makin penasaran, ehh

  5. Dulu zaman kuliah juga pernah ngajar freelance di sebuah SMA. Buatku, ngajar itu selain bikin tambah paham tapi juga belajar rendah hati dan memahami yang diajarin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *