Para Penipu yang Kisah Hidupnya Difilmkan

Dulu saat pertama kali menonton film Catch Me If You Can, saya benar-benar terkesan. Kok bisa ya ada penipu yang sehebat Frank Abagnale Jr? Karena tokoh ini benar-benar nyata! Film ini dibuat bersadarkan kisah nyata hidup Frank Abagnale Jr sendiri (yang mana Frank diperankan dengan baik oleh Leonardo DiCaprio). Frank adalah seorang penipu yang sangat cerdas dan berwawasan luas dan paling dikenal karena kasus penipuan cek. Berkali-kali berhasil lolos dari kejaran seorang agen FBI bernama Carl Hanratty (yang diperankan oleh Tom Hanks) karena sangat terampil menyamar menjadi orang dengan profesi yang berbeda-beda. Waw!

 

Leonardo DiCaprio bersama Frank Abagnale Jr yang asli

Film ini berakhir dengan manis. Akhirnya Frank mau diajak bekerja sama dengan FBI untuk mengusut para penipu seperti dirinya. Bisa dibilang, dia jadi penipu insyaf gitu, deh. :P Hingga kini Frank masih menjabat sebagai konsultan keamanan Amerika Serikat.

 

Nah, adalah seorang penipu kelas kakap lain yang kisah hidupnya juga difilmkan, yang terkenal dengan nama Clark Rockefeller. Filmnya berjudul Who Is Clark Rockefeller? Clark Rockefeller ini bahkan bukan nama sebenarnya karena sang penipu ini bernama asli Christian Gerhartsreiter, seseorang yang tadinya berkebangsaan Jerman. Film dimulai dengan penculikan seorang anak perempuan yang biasa dipanggil Snooks yang dilakukan oleh Clark sendiri, yang mana anak yang diculiknya ini adalaaaah…… Ummm…….. adalah anak kandungnya sendiri. :|

 

Yang bikin saya takjub setengah mati dengan kisah nyata di film ini adalah, kok bisa ya mantan istri Clark yang bernama Sandra Boss, seorang konsultan keuangan lulusan Harvard yang super duper cerdas tertipu oleh seorang lelaki yang bahkan sejak ia kenal tidak pernah menunjukkan kartu identitas aslinya (bahkan saat mereka menikah!) dan penipuan itu terjadi selama 15 tahun pernikahan mereka! Wew… Amerika bahkan tidak mengenal pelet, kan? :| So, how come???

 

Karena tidak mampu menunjukkan kartu identitas aslinya inilah, akhirnya hak asuh anak mereka (Snooks) jatuh ke tangan Sandra saat mereka bercerai. Meskipun selama hidup Snooks, ia selalu dirawat oleh ayah kandungnya karena Clark memang tidak pernah punya pekerjaan sehingga ia hampir selalu tinggal di rumah bersama Snooks. Sementara Sandra lah yang bekerja untuk menghidupi keluarga ini. Sungguh sangat aneh!

 

 

Christian Gerhartsreiter (Clark Rockefeller), Sandra Boss, dan Snooks yang asli

Yang menjadi fokus film ini adalah kisah perjalanan kehidupan Clark yang sebenarnya. Tentang orang-orang yang berhasil ditipunya, tentang kebohongan rapi yang semakin banyak terungkap, bahkan tentang pembunuhan sepasang suami istri yang kemungkinan pernah dilakukan oleh Clark! Menyeramkan memang karena ternyata Sandra sama sekali tidak pernah mengetahui sisi gelap kehidupan mantan suaminya tersebut hingga akhirnya polisi berhasil mengusut satu per satu benang merah penipuan yang dilakukan Clark saat menangani kasus penculikan Snooks.

 

Mungkin banyak yang bingung, kenapa Sandra tidak pernah melihat kartu identitas mantan suaminya? Bagaimana dengan buku pernikahan mereka yang ternyata juga tidak pernah dilihat oleh Sandra? Bagaimana bisa keluarga Sandra memaklumi ketidakhadiran 1 pun keluarga Clark di acara pernikahan Sandra dan Clark di Gereja? Wew… Memang terlalu banyak pertanyaan dalam film ini. Intinya, Sandra dan keluarganya memaklumi “kemisteriusan” Clark karena berkali-kali Clark berhasil meyakinkan mereka bahwa keluarga Rockefeller adalah keluarga terpandang di Amerika, sehingga faktor keamanan sangat penting bagi keluarga ini. Makanya identitas mereka sebisa mungkin dirahasiakan, bahkan Clark pun menolak untuk memperlihatkan kartu identitasnya.

 

Lalu, kenapa Sandra tidak pernah melaporkan penipuan yang dilakukan oleh mantan suaminya yang baru ia selidiki dan ketahui saat akan bercerai? Karena Sandra adalah seorang konsultan keuangan. Kalau sampai para kliennya tau ia pernah ditipu oleh seorang lelaki yang pernah menikahinya selama 15 tahuh, bisa rusaklah reputasi Sandra sebagai seolah konsultan keuangan terpercaya. Makanya, Sandra memilih untuk merahasiakan penipuan yang dilakukan oleh mantan suaminya terhadap dirinya hingga akhirnya anaknya sendiri diculik oleh Clark. Sungguh rumit.

 

Snooks sendiri akhirnya berhasil direbut kembali dari Clark setelah proses yang sangat panjang. Di akhir film, ada beberapa catatan yang menyatakan bahwa saat ini Sandra dan Snooks tinggal di London. Sandra meminta kepada pengadilan London untuk memberi perlindungan bagi Snooks agar tidak terlibat kontak sama sekali dengan ayah kandungnya yang penipu ulung tersebut. Hingga saat ini permintaan tersebut masih ditangguhkan.

 

Kalian ingin kisah hidup kalian difilmkan? Eits, tapi jangan jadi penipu, ya… ;P

 

 

 

Nb : semua gambar diambil dari Wikipedia dan dari sini.

9 thoughts on “Para Penipu yang Kisah Hidupnya Difilmkan

  1. jangan-jangan sandra sama sekali bukan konsultan keuangan, dan snooks telah menipu pasangan penipu itu dengan pura2 menjadi anak mereka. jangan2 penculikan itu tidak pernah terjadi, dan nama asli clark bukan christian tapi clark. duh makin rumit. ;P

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *