© 2012 Nilla

Korea #1: 16-17 Mei 2012

Tepat tanggal 16 Mei 2012 kemarin, saya dan 3 orang teman lain (cewe semua) berangkat dari Jakarta menuju Seoul dengan Air Asia (transit di Kuala Lumpur kurang lebih selama 5 jam). Karena transitnya lumayan lama ya, bo’… Jadi kami semua sibuk ngenet deh di bandara LCCT Malaysia. Trus lihat colokan udah kayak lihat nasi. Girang banget! Hahaha… Serunya, ini adalah pengalaman pertama naik pesawat buat salah seorang temen saya, Mita. Hihihi… Langsung ke Seoul gitu. Parahnya perjalanan tidak berjalan mulus. Dalam perjalanan dari KL menuju Seoul, pesawat mengalami turbulansi yang cukup parah. Itu pantat saya udah nggak nyentuh kursi lagi donk. Pesawatnya kayak jatuh bebas gitu. Serem abis. Pramugari dan pramugaranya aja panik. Apalagi kite-kite yang nggak tiap hari naik pesawat. Hiii… Setelah turbulansi itu, otomatis semuanya jadi nggak bisa tidur. Sibuk baca do’a semua. Hahaha…

 

Tapi alhamdulillah banget, setelah berada di dalam pesawat selama 6 jam dengan perasaan deg-degan nggak karuan, tiba juga lah kami di bandara Incheon, Korea Selatan. Waktu itu udah sekitar jam 6 pagi waktu Seoul tanggal 17 Mei nya. Ihiiiiyy…! Terharu abis, akhirnya nginjek Korea juga dengan selamat. Hihihi… Terus langsung beli kartu T-Money card yang fungsinya sama kayak EZ-Link card di Singapura. Semacam kartu buat bayar membayar segala macam gitu, termasuk untuk transportasi selama di Korea (subway atau bus). Bisa juga dipake untuk nelpon di telepon umum. Belinya di 7-Eleven yang ada di bandara. Beli kartunya doank 2500 won. Trus saya isi 10.000 won untuk transport airport limousine menuju hostel yang sudah saya booking dari jauh-jauh hari. Begitu ke luar dari bandara untuk menunggu bus, perasaan pertama: dingin ya, bok??? Kayak di dalam ruangan yang ber-AC sentral! Hehehe… Kebetulan cuaca di sana saat itu sekitar 12 derajat celsius. Kebayang lah ya dinginnya udah kayak apaan. Untung banget saya udah sedia mantel tebal.

 

Nggak lama bus yang ditunggu datang. Teman-teman lain pada pengen lanjut tidur sih karena nggak bisa tidur selama di pesawat. Tapi saya donk, malah sibuk merekam suasana di jalanan Korea dengan handycam. Ah, sayang aja gitu dipake tidur! Hihihi… Sekitar 50 menit kemudian tibalah kami di Korea Central Backpackers, hostel yang sudah kami booking itu. Langsung disambut sama Han Yong Hee, yang punya hostel. Orangnya ramah banget. Hostelnya juga bersih banget! Trus apa-apa ada. Komplit, deh! Nyarinya juga nggak susah. Oh ya, saran saya kalo mau nginep di sini, minta si Yong ngirim foto depan hostelnya via email supaya nggak kesasar. Soalnya jalanan tempat hostel ini berada emang agak ngebingungin gitu. Karena saya sudah prepare minta foto depan hostelnya dari jauh-jauh hari, jadinya nggak nyasar.

 

Nah, setelah segala pelunasan pembayaran hostel selesai, kami langsung diijinin masuk kamar sama Yong. Padahal seharusnya check in nya itu baru jam 2 siang, loh. Tapi sebelum jam 2 siang kami udah dibolehin masuk dan ngeletakin barang. Baiknyaaa… Ya udah, langsung pada mandi dan bersih-bersih. Begitu selesai, kami pun langsung melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata yang sudah saya susun dari jauh-jauh hari. Inilah tujuan wisata yang rencananya akan kami kunjungi hari itu:

  1. Gyeongbokgung Palace
  2. The National Museum of Korea
  3. Namsan Hanok Village
  4. N-Seoul Tower

 

Tadinya yah udah pesimis nggak bakal terkejar semua dikunjungi hari itu. Soalnya baru bisa ke luar hostel aja udah siang karena pada mandi dulu. Eh ternyata yah… Sempet juga, loh! Hahaha… Meskipun banyak kejadian lucu, seru, dan bikin panik. Jadi tuh ceritanya kan ini memang acara jalan-jalan mandiri, yah. Alias apa-apa tuh nyari tau sendiri. Nggak pake tour guide. Jadilah kami kemana-mana itu naik subway. Eeehh… Nggak taunya, naik subway di Korea itu nggak semudah naik MRT di Singapura. Ih, pintunya aja banyak banget dan bingung harus masuk lewat mana pada mulanya. Awalnya udah coba nanya ke orang yang kebetulan lewat. Eeeeh… Parahnya dia nggak bisa Bahasa Inggris, loh. Saya sih nggak terlalu kaget soalnya udah dikasih tau sama temen yang udah pernah ke Korea. Terus lagi bingung-bingung gitu, tiba-tiba disamperin sama seorang perempuan. Dia bilang, “I can speak English. Do you need help?”. Huwaaa… baik sekali, sodara-sodara! Dia malah menawarkan bantuan.

 

Terus kami certain aja kalo kami mau isi T-money card yang kami punya. Tapi bingung ngisinya di mana dan gimana. Mau nanya ke bagian informasi, orangnya nggak ada. Taunya si ibu ini langsung ngeluarin HP nya dan nelpon kenalannya yang kerja di bagian informasi subway situ. Huwaaa… Super baik! Terharu saya. Dia udah meluangkan waktunya untuk bantuin kami aja saya udah kagum. Apalagi sampe dibantuin pake nelpon segala. Bukan cuma itu. Dia juga nungguin sampe kenalannya yang kerja di bagian informasi itu beneran datang. Hiks…. Terus pas orang bagian informasi datang dan kami diajari cara ngisi T-money card, barulah kami nanya di pintu mana kami masuk (karena sebelumnya udah sempet salah masuk! Hihihi…). Terus dikasih tau, deh. Akhirnya jadi ngerti sendiri ber-subway di Seoul itu. Jadi tuh cari yang arahnya ke nama stasiun transit berikutnya. Beda sih memang sama MRT Singapura yang cukup ambil stasiun tujuan paling akhir aja.

 

Langsung kami ikuti instruksi yang sudah dicatet dari web visitkorea.or.kr. Website ini sangat membantu sekali bagi turis mandiri seperti kami-kami ini. Hihihi… Soalnya udah ada direction ke tempat wisata tujuan, harga tiket, waktu operasi tempat wisata, alamat, dan lain-lain. Jadi ya tinggal ngikutin arahan dari sana aja tanpa perlu repot nyari-nyari lagi. Asyik, kan? Beneran ngebolang ini sih namanya. Oh ya, ini dia foto-foto selama ke 4 tempat wisata yang sudah saya susun itu:

 

Lucunya waktu lagi di Gyeongbokgung Palace, nggak sengaja ketemu anak-anak muda Korea yang minta difotoin bareng. Awalnya saya pikir mereka minta difotoin. Taunya minta difotoin bersama saya dan teman-teman. Hahaha… Lucu aja. Terus mereka nanya kami dari negara mana. Pas kami jawab dari Indonesia, eh mereka malah bilang kalo mereka juga cinta Indonesia. Aiiih… Manis sekali. ;P

 

Nah, pas pulangnya tuh kan sempet bingung kan cara baca “exit” di stasiun subway nya yang mana. Disamperin donk sama bapak-bapak yang udah cukup tua. Tapi ternyata dia bisa bahasa Inggris. Dia ngasih tau di pintu mana seharusnya kami ke luar. Trus kita ke arah yang dia tunjukin itu. Kirain bakal ditinggal gitu aja. Taunya dia ngikutin di belakang sampe kita beneran bisa ke luar dari stasiun subway! Huahahahaha… Baik-baik banget ya orang Korea ini. Niat banget gitu kalo bantuin. :D

 

Ya udah, segitu dulu deh postingannya. Besok saya lanjut untuk cerita hari ke-2 dan ke-3. Untuk total biaya dan lain-lain akan saya bahas di postingan paling akhir aja sekalian ngasih tips. Okay? Sabar, yaaakk… ;P

34 Responses to “Korea #1: 16-17 Mei 2012”

  1. Ojat says:

    seru ya jum… Hehehhe bener2 ngebolang abis… Salut.. Ditunggu cerita selanjutnya ya :D

  2. venus says:

    wuihihihi… aku nunggu postingan selanjutnyaaa :))

  3. Chic says:

    bookmark! siapa tau ke korea dalam waktu dekat :))

  4. itikkecil says:

    aku… aku… aku jadi ingin ke korea jugaaa…

  5. ARDHIA says:

    jalan2 terus ya la…hahah…pasti aku udah orang yg kesekian bilangin ini yaa…seruu kyknya..ditunggu postingan berikutnyaa..klo di jepang jg gitu la, banyak orang yang nawarin bantuan klo kita kebingungan, dan mmg klo bantu gak nanggung2, langsing dianter sampe tujuan…jd perjalanan berikutny cobain jepang deh…:D, ada tiket khusus bwt para turis utk bebas naik shinkansen dan keretany.

  6. udeystar says:

    Ackh…. Pengen…
    Sementara jalan-jalan pake google street view dulu
    (doh)

  7. pinkina says:

    pengennnnnnn :((

  8. Raffaell says:

    Whoah, dah kebayang aku gempor nya gimana, :D

  9. ichaawe says:

    Wah… ternyata orang Korea itu baik2 banget ya. Kukira pada cuek2 mereka. Ternyata budaya timurnya masih ada.

    Ribet banget itu ya subwaynya. Tiap stasiun tujuan ada pintu masuknya sendiri.

    Di Jerman dan Cairo pun mirip sama MRT singapur. Hanya patokan ke tujuan aja.

    Eh btw…Won itu kursnya berapa yah kalau dirupiahin?

    • Nilla says:

      Orang Korea yg jutek juga ada, mbak. Kasir waktu aku mau beli waffle di sana. Tp itu karena dia nggak bisa bahasa Inggris. Jd ga sepenuh hati gitu ngelayaninnya. Hahaha… 1 won = 8.45 rupiah.

  10. Mita says:

    Haduh di mention gtu nama gw, ah…jadi malu, pengalaman pertama naik pesawat dan itu cukup bikin gw pasrah…se pasrah pasrahnya….

  11. Wanda says:

    Salam kenal mbak:), mau nanya ttg subway nya. Pintu masuk ke subway nya banyak juga kah? Atau pintu keluar nya yang banyaK? Dan kalau mencari station tujuan kita ke arah mana, yang diperhatikan station berikutnya setelah tempat kita naik, gitu ya mksd nya? Jadi baca peta nya tidak perlu lihat tujuan akhir keretanya ya? Tq n sorry bertanyanya ribet :)

    • Nilla says:

      Dulu patokanku stasiun-stasiun yang berada ke arah tujuan. Entah itu yg setelahnya atau yg tempat transitnya. Makanya aku pas naik subway itu selalu bawa peta supaya jelas. :)

  12. toomuchfood says:

    Halooo mau tanya, waktu transit di KL ada biaya lagi ga sih? Thanks :)

  13. toomuchfood says:

    Oiya klo boleh tau waktu beli tiket pesawat ppnya berapa yaa? Lagi hunting” tiket nih :)

  14. annisa says:

    haloo mba, salam kenal ya, aku lg blog walking ttg pengalaman ke korea, eh nemu blog mbak :D
    kebetulan sept tahun depan mau ke korea juga, dan sendirian >,< (Baru pertama kali ke LN juga)
    mau numpang tanya ya mbaaa kalo boleh :D

    kan aku transit ke KL dlu, sama kaya mba, nah itu nanti kita diapain aja yah di KL?
    ganti pesawat atau cuma transit?
    perlu bawa ringgit malaysia juga ga ya mba kira2?
    trs bandara di KL gede dan bingung gt ga cari gate2nya?

    maaf yah mba banyak tanya, biar sekalian hehe :D
    Makasih sebelumnya ^^

    • Nilla says:

      Di KL ganti pesawat. Tp denger2 sekarang kalo naik Air Asia udh nggak transit di KL lg sih. Tp langsung ke Seoul. Kalo memang transit di KL, ya perlu juga sih bawa ringgit kalau mau makan di bandara. Tp biasanya mereka masih menerima uang rupiah.

      Nyari gate nya gampang. Ada petunjuknya kok. Tinggal diikutin aja. ;)

  15. dina says:

    halo mbak annisa! wah mbaknya udah dpt tiket pesawat yaa? kebetulan saya dan 2 teman saya rencana mau ke korea jg bulan sept atau oktober tahun dpn. mungkin aja kita bisa bareng gt klo mbaknya mau. tp kami blm dpt tiketnya. klo boleh tau mbak ksana liburan atau apa yaa?
    untuk mbak nilla maaf yaa ak nebeng ngobrol sm yg lain di blog mbaknya :)

  16. annisa says:

    halo mba dinaaa.. Maaf baru baca komennya,
    Iyaaa mbaa aku udah dapet tiket kemarin promo aa PP 3,5 jt..
    Buat sekarang tiketnya uda sold tp :(
    Ayoooo mbaaaa barengaaan, aku sendiri niiihhhh >·<
    Fyi, saya jalan dr cgk tgl 25 sept – 1 okt 2013
    Saya liburan mba, berawal dr iseng2 beli tiket dan ga bs di cancel hahaha jadilah harus berangkat :D

    Untuk ngobrol lanjut email ke aku aja mba annisamayyang@gmail.com
    Semoga bs kesana bareng yah!

  17. Dewi Damayanti says:

    SAlam kenal Mba Nilla,

    saya rencana insha allah bulan Juni, mau ke korea bareng sama 3 temen, alhamdulilah dapat tiket 3,950 juta.

    COPAS Agenda nya mba Nilla nekh…tp saya ms agak bingung soal transportasi selama disana, mau pake paket city tour aja ( kya hop in hop out yg di KL ) ato pake subway…

    Soalnya kta mba subway disana agak lebih ribet dari MRT yang di s’pore…mohon saran dan ide donk mba’…:)…soalnya saya brg sm 3 org teman yg kebetulan blm pernah travelling ke luar kecuali saya itu pun cuman ke malay dan singapore…

    khan nyasar disana gha lucuuuu :P

    • Nilla says:

      Aku pake subway, sih. Tp boleh coba city tour kalo nggak mau ribet dan nyasar. ;) Justru pas nyasar di Korea kemarin tuh buatku lucu… ;D Cuma yaaa jadi westing time aja. hehehe…

  18. rengga says:

    Hi,

    26-maret-2013, saya juga mau ke Seoul.
    perginya sendiri. dan baru pertama mau ke seoul.

    suhu di bulan Mei 2012 kemarin berapa?

    kayaknya maret masih dingin ya!?

  19. rengga says:

    oh iya, beli Garuda Indonesia, pas promo 2012, Jakarta-Seoul-Jakarta return ticket, cuma 3.5 juta sajah. :)

  20. rengga says:

    foto di National Museum of Korea, bagus ya!

    bangunannya juga bagus…. Oh iya, masuk ke National Museum of Korea bayar gak ya ?

    Soalnya saya cek di visitkorea.or.kr , gak dijelasin, case by case kalo ada pameran

  21. Elly says:

    setelah baca Korea #4 jadi pengen baca Korea #1, setelah baca Korea #1 jadi suka sama blog Mba Nilla, hehehehe…di page ini paling suka sama quote

    “Jadi tuh cari yang arahnya ke nama stasiun transit berikutnya. Beda sih memang sama MRT Singapura yang cukup ambil stasiun tujuan paling akhir aja.”

    Noted banget deh pokoknya, bener2 bantu, coz kebetulan lagi mendalami subway map-nya, hehehehehe…

    Iya Mba Nilla, bener kata Rengga, Garuda juga punya promo jauh2 hari (early bird), temen sy jg dapat tiket CGK-ICN pp 3.5jtaan buat tgl 14-18Mar :D
    ayo man teman,mulai skg klo cari2 tiket murah jauh2 hari intip2 jg web Garuda *beeehhh promo* hehehe :D *maap ya Mba Nilla*

  22. aya cherys says:

    Widiiihhh keren mba, ke korea backpacker sama teman2 nya jadi pengennn setelah baca ceritanya…

Leave a Reply