Korea #2: 18-19 Mei 2012

Tempat berikutnya yang akan saya kunjungi adalah Everland. Everland itu semacam theme park yang gedeee buanget! Jadi tanggal 18 Mei 2012 kemarin memang saya set khusus untuk ke Everland doank. Secara lokasinya ada di luar Seoul, maka perjalanannya tidak hanya dengan subway, tapi juga dilanjut dengan bus. Nah, dari website visitkorea.or.kr keterangan cara ke Everland yang saya salin saat terakhir kali membuka web tersebut adalah seperti ini:

 

Awalnya kami mengikuti cara yang pertama. Dan… nyasar. :| Ternyata bus 5500-2 udah nggak ke Everland lagi. Salahnya, kami baru nanya sama supir bus setelah lebih dari 1 jam perjalanan dengan bus. Trus diturunin donk kami di pinggir jalan. Mwahahaha…! Tapi sebelumnya si Mamang supir udah ngasih secarik kertas yang bertuliskan cara balik ke stasiun subway dengan bus 1551 ke arah yang berlawanan. (Kalo sekarang sih webnya udah di-update ya, jadi nggak bakal nyasar) Trus pas udah nyampe Gangnam Station, langsung aja kita naik bus 5002 (pake cara yang ke-2) dan alhamdulillah… 50 menit kemudian nyampe juga di Everland! Woohooo…! Seneng banget. Mana pas mau beli tiket, selain diskon untuk foreigners yang didapat melalui website resmi Everland (kupon diskonnya di-print dulu), ternyata kami dapat diskon tambahan lagi. Yang seharusnya bayar 40.000 won jadi cuma bayar 32.000 won! Lumayan banget, kan?

 

Ternyata yah Everland itu luar biasa banget luasnya. Dari 1 wahana ke wahana lain aja jaraknya jauh-jauh. Ngantrinya juga panjang-panjang. Udah gitu jalannya naik turun pake tangga banyak banget. Hahaha… Kaki gempor, deh! Satu hari juga nggak bakal keobok itu 1 Everland. Saran saya kalo mau main di sini, mending main yang wahana wajibnya dulu aja, kayak roller coaster kayu (T Express) yang udah terkenal banget itu. Syerem looohh… Asli! Secara dari kayu gitu dan curam abis. Ini pegel di leher saya nggak ilang-ilang sampe sekarang gara-gara naik wahana itu.

 

Lucunya kan ngantri di wahana ini lama banget ya. Sekitar 80 menit sendiri. Terus buat ngilangin bosan, kami berempat ngomentarin orang-orang di sekitar kami dengan bahasa Indonesia. Lah wong mereka pasti nggak ngerti ini. Hihihi… Trus pas mau foto bareng pas ngantri itu, minta tolong sama orang yang ngantri di belakang kami. Kirain dia orang Thailand gitu. Eeeh… Pas mau njepret donk dia langsung ngomong, “Satu… Dua… Tiiiga.”. Bwahahaha… Ketawa lah kami semua. Ternyata dia juga orang Indonesia, sodara-sodara! Pas kami tanyain, “Jadi dari tadi kamu denger donk kalo kita lagi ngomentarin orang Korea?” Dan dia pun menjawab, “Oh, tentu aja dari tadi aku nguping.” Ngakak lah kami semua. Malu deeehh… Hahaha… Pulang dari Everland udah malem banget. Dari Everland nya aja udah jam 9 malam gitu. Tetep aja nggak keobok semua tuh Everland. Nyampe hostel udah larut malam. Sekitar hampir jam 12 malem kayaknya. Karena capek, langsung tidur deh.

 

Nah besoknya, tanggal 19 Mei 2012 rencananya kami akan mengunjungi:

  1. Gyeonggi English Village
  2. Hanbok Experience
  3. 63 Building
  4. Cheonggyecheon Stream
  5. Seoul City Hall

Yang bikin nggak nyangka, Gyeonggi English Village itu ternyata jauh banget! Udah deket Korea Utara gitu. Hahaha… Dari subway masih naik bus lagi. Naik busnya juga lama, sekitar 1,5 jam. Sempet mikir, apa jangan-jangan nyasar lagi kayak kemarin. Ternyata enggak. Hehehe… Gara-gara kelamaan di jalan ini, akhirnya nggak sempet ke Hanbok Exprerience (nyobain pake baju Hanbok-nya Korea gitu). Soalnya tutupnya jam 5 sore. Nggak terkejar. Hiks hiks… Sedih banget. Akhirnya langsung lanjut ke 63 Building. Nah pas mau ke sini juga lucu. Kan pas nyambung naik busnya itu kita kecepetan turun 1 halte. Eh gara-gara supir busnya ngeh kalo kami kecepetan turun, kami disuruh naik bus lagi dan nggak perlu bayar, loh! Hahaha… Baik banget, ya?

 

Kelucuan nggak cuma sampe di sana aja. Pas udah yakin turun di halte 63 Buildings, ada bapak-bapak yang ngomong ke kami, kira-kira artinya dia ngomong gini (karena dia cuma pake bahasa tubuh doank plus dicampur bahasa Korea), “Kalian orang Indonesia? Nggak turun di halte yang ini, loh. Tapi di halte yang berikutnya.” Ya udah, nggak jadi kan tuh turun di halte 63 Building. Kirain emang lebih deket ke halte yang setelahnya. Eeeehh nggak taunya yah, bener turun yang di halte bus 63 Buildings yang tadi itu. Taunya karena nanya orang di jalan. Soalnya kami nggak nemu gedung 63 Building di sekitar halte yang setelahnya itu. Jalan kaki deh dari sana ke halte 63 Building. Trus pas udah mau pulang baru ngeh kalo 63 Building itu deket sama KBRI di Seoul. Jadi, kami akhirnya ngerti kalo si bapak tadi mungkin mikir kami mau ke KBRI. Bukan ke 63 Building. Makanya dia nyaranin turun di halte setelahnya. Bwahahaha… Dibawa ngakak aja deh dari pada kesel meskipun kaki jadinya makin gempor. Hihihi…

 

Ini dia foto-foto di beberapa tempat di atas (lumayan banyak loh… semoga kalian betah ngeliatinnya. Hihihi…) :

 

Pas mau ke Cheonggyecheon Stream sempet bingung ambil jalan yang mana dari City Hall. Terus kan nanya orang di jalan. Awalnya dia nggak ngeh yang kami maksud itu “Cheonggyecheon Stream”. Pas saya nunjukin tulisannya di BB (karena file excel jadwal saya pindahin ke BB biar praktis) barulah dia ngeh karena ternyata cara bacanya beda dengan yang kami ucapkan. Hihihi… Oh ya, pas di City Hall juga waktu itu kebetulan lagi ada peringatan perang saudara antara Korea Utara dan Korea Selatan. Suasananya jadi sendu banget. Banyak foto-foto perang yang dipamerin di sana. Hiks… jadi ikutan sedih, deh. :( Trus nyampe hostel udah malam banget seperti biasa. Ah, beneran itu hostel cuma dipake buat tidur dan mandi doank.

15 thoughts on “Korea #2: 18-19 Mei 2012

  1. wkakwkakwkaw, gw baca sampe ketawa klo inget waktu di everland. haduh……… lucu banget ya klo di inget.

  2. allo sis mau tanya pembayaran kupon everland yang sudah kita print itu online atau on site yah ?kalau online via apa kalau tks bgt

    • Maksudnya gimana, ya? Kupon diskonnya di print dulu dr website nya, ditunjukin saat pembelian tiket di Everland untuk mendapat diskon. :)

    • Saya waktu itu dapat rutenya dari browsing. :) Bayarnya harus dengan T-Money card. Semacam kartu ATM tapi khusus untuk bayar transportasi umum. Dideposit dulu di mesinnya sebelum digunakan.

  3. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Menyasarlah!

  4. Hallo, mau nanyak tentang T-money nih. Pengisian T-money itu minimal berapa ya? Sempet baca postingan yg awal2, kalo pengisian pertama itu 10.000won kah? Untuk masuk ke Everlandnya juga pake T-money? maaf banyak pertanyaannya ^^
    makasih

      • Mbak nilla, mau nanyak ttg visa. Untuk bukti keuangan, mbak dulu pake apa ya? buku tabungan,SPT atau yang lain?? Ada yg bilang kalo fotokopi buku tabungan, minim harus ada 15jt, Bener ga ya? maaf nanyak lg. hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *