Korea #4: informasi dan tips

Sebenarnya di toko buku udah ada banyak banget buku yang membahas persiapan, jadwal dan rincian biaya untuk liburan ke Korea. Saya aja beli salah 1 buku jenis ini sebelum berangkat ke Korea buat referensi. Lalu rajin browsing dan akhirnya… Bisa juga nyusun estimasi biaya dan jadwal sendiri. Sebelum liburan ke Korea, beberapa hal yang harus dipersiapkan:

  1. Paspor (pastinya), kalau ngurus sendiri harusnya seminggu juga jadi. Saya nggak tau persis juga biaya pengurusan paspor saat ini. Kayaknya nggak lebih dari 300.000 rupiah kalo ngurus sendiri.
  2. Visa Korea Selatan, bisa dilihat detail pembuatannya di sini. Visa ini hanya berlaku selama 90 hari setelah jadi. Jadi lebih baik dibuat menjelang keberangkatan aja (yah… paling cepat 2 bulan sebelum berangkat, deh). Jadinya paling lama 5 hari kerja. Bikinnya di Kedubes Korea Selatan (lihat alamat, jam kerja, telepon dan lain-lainnya di sini). Biaya pembuatan: 280.000 rupiah.
  3. Tiket pesawat, sudah saya pesen sejak 8 bulan sebelum berangkat. :| Saya beli tiket Air Asia dengan harga sekitar 4.000.000 PP (pulang dengan bagasi 20 kg untuk berempat).

 

Perlu diketahui bahwa tidak semua aplikasi Visa yang di-approve oleh Kedubes Korea Selatan. Jadi, persiapkan semua syarat Visa dengan lengkap dan sebaik mungkin. Soalnya kalo Visa nggak di-approve, uang untuk biaya pembuatan visa yang udah kita bayar nggak akan dikembalikan. Supaya Visa saya di-approve, saya lengkapi juga dengan rincian biaya, jadwal selama di Korea Selatan, dan print-an tiket pesawat. Alhamdulillah beberapa hari kemudian Visa Korea Selatan saya jadi seperti yang pernah saya tulis di sini.

 

Nah, jadwal selama di Korea yang sudah saya susun adalah seperti ini (dengan perubahan di hari terakhir karena jadinya nggak main di Lotte World dan malah ke Seoul World Cup Stadium):

From Upload Doank

 

Untuk masing-masing informasi mengenai tempat-tempat tersebut, silahkan dicari di website visitkorea.or.kr. Udah komplit banget di sana. Tinggal ngikutin aja. Hehehe… Atau buka postingan saya sejak Korea #1, 2, dan 3 karena saya selalu memasang link informasi mengenai tempat-tempat wisata ini yang sumbernya dari visitkorea.or.kr juga. :)

 

Oh ya, dalam membuat jadwal, sesuaikan juga dengan tanggal dan musim apa yang sedang ada di Korea. Jadi kalo pas lagi winter (musim dingin/salju) gitu, kira-kira sanggupnya ke mana aja. Jangan sampe salah nyusun jadwal karena nggak cocok dengan musim yang ada! Hehehe… Menurut saya musim semi (sekitar pertengahan Maret – Mei) adalah waktu yang sangat cocok untuk liburan ke Korea karena suhunya dingin tapi nggak sampe minus sehingga nggak bakal keringetan banget kalo main atau jalan-jalan. Tapi harus selalu sedia payung karena hujan akan turun kapan dan dimana aja. ;) Selain itu, dalam menyusun jadwal, sesuaikan juga dengan waktu buka dan tutup tempat wisata (penting banget!).

 

Rincian biayanya adalah sebagai berikut:

From Upload Doank

 

Dengan konversi 1 won = 8.45 rupiah. So, total hanya dengan sekitar 7 juta rupiah aja (di luar biaya pembuatan paspor: sekitar Rp 300.000, Visa Korea Selatan: Rp 280.000 dan airport tax: Rp 145.000) saya udah bisa jalan-jalan di Korea lebih kurang selama 5 hari. ^^ Rincian biaya ini tentu akan lebih murah lagi kalo dapat promo yang lebih murah dari Air Asia atau maskapai penerbangan lain. :D

 

TIPS

  1. Saat memesan hostel, pastikan cara menuju hostel dari Bandara Incheon dengan cermat melalui website hostel atau bertanya pada pemilik hostel dengan mengirim email langsung ke yang punya hostelnya. Carilah alternatif pilihan menggunakan airport limousine bus karena lebih praktis (apalagi untuk turis yang baru pertama kali ke Korea).
  2. Seperti yang sudah pernah saya sebutkan di postingan sebelumnya, sebisa mungkin sudah bawa lauk dari Indonesia untuk makan karena di Korea ini cukup sulit mencari makanan Halal dan murah. Cukup bawa lauk yang praktis kayak abon atau macaroni aja untuk sarapan yang nggak menuh-menuhin koper banget.
  3. Usahakan kemana-mana naik transportasi umum seperti subway atau bus. Untuk jalur subway, bisa di-print dari sini atau sini. Dan beli kartu T money card nya di 7-Eleven di Bandara Incheon.
  4. Jangan malu bertanya pada pemilik hostel jika ada segala sesuatu yang ingin ditanyakan tentang Korea karena ini sangat membantu bagi turis-turis mandiri. Dan biasanya pemilik hostel di Korea cukup fasih berbahasa Inggris.
  5. Mengingat stasiun subway terletak di bawah tanah, maka nggak heran kalo nanti selama di sana akan sering naik turun tangga. Otomatis kaki jadi cepat capek. Pakailah sepatu yang nyaman (sangat disarankan menggunakan sepatu olah raga yang elastis) dan nggak bikin lecet kaki. Oh ya, jangan lupa bawa kaos kaki minimal 3 pasang.
  6. Jika datang ke Korea saat musim semi (suhu antara 4-20 derajat celsius) cukup menggunakan mantel atau jaket yang tidak terlalu tebal. Jika datang saat musim dingin, harus membawa mantel yang sangat tebal karena suhunya minus. Jangan sampai nggak bisa jalan-jalan cuma karena salah kostum dan kedinginan. :|

 

Gimana? Gampang kan jalan-jalan ke Korea secara mandiri itu? :D Ayo angkat koper atau backpack mu dan berangkaaaatt…! \(^o^)/

 

 

Nb

untuk informasi yang lebih rinci tentang masing-masing tempat wisata, harus disimak postingan-postingan sebelumnya:

  1. Korea #1: 16-17 Mei 2012
  2. Korea #2: 18-19 Mei 2012
  3. Korea #3: 20-21 Mei 2012

110 thoughts on “Korea #4: informasi dan tips

  1. wah tiketnya murah juga ya. Mirip tiket Doha-Cairo. Padahal perjalanannya lebih pendek, cuma 4 jam. Tp wajar harga segitu, karena pesennya dari 8 bulan sebelumnya :D
    Kalau normalnya harganya berapa ya?

    Penginapannya murah bangeeet. itu serius tuh harga segitu buat 4 malem? atau buat semalem kali ya?

    • Nggak, mbak. Itu udah harga utk 4 malam. Per malamnya 20.000 won per orang (sekitar 170.000 rupiah). Kalo nginep di hostel khusus backpacker emang murah. :D Udah gitu hostelnya bersih banget dan komplit fasilitasnya. Buka aja webnya, mbak.

  2. brati kalo misal aku ke korea selatan, biaya yang dibutuhkan minim 7jt x 3 = 21 jt -_-”

    nyesek :))

    iyha, penting banget tuh bawa abon, customerku banyak juga yg beli abon untuk dibawa ke LN :D

    • Hehehe… Emang kalo udh berkeluarga jadi harus rombongan yak jalan2nya. ;P Ntar kalo aku udh nikah jg belum tentu bisa jalan2 lg.

  3. mbak itu tiket air asia nya langsung beli Jakarta-seoul atau pisah2 Jakarta-KL KL-Seoul, butuh referensi nyari yang dibawah 4 juta susah bener

    • Langsung beli Jakarta-Seoul aja biar praktis. :) Iya, aku belinya udh sejak 8 bulan sebelum berangkat, sih. Jd masih bisa dapet yg di bawah 4 juta.

  4. Itu beli T-money card buat apa?
    terus di korea ga komunikasi gitu? maksudnya hp dengan kartu indonesia jalan ga disana?
    maaf ya mbak tanya2 :D soalnya mau rencana kesana taun depan

    • T-Money card buat beli tiket untuk naik bus dan subway selama di Korea. :) HP dengan provider Indonesia tentu masih aktif di sana. Cuma kan roaming nya mahal banget. Tp di hostel ada wifi sih. Jd tetep bisa komunikasi sama keluarga di Indonesia.

  5. mba tanya klo kita ke korea itu sdh ada pendampingnya kan yang bisa bahasa korea gtu…??? yang mendampingi kita di sana selama liburan.

    • Jika kita ke Korea secara backpacking dan tanpa menggunakan jasa travel agent (tour travel) seperti yg saya lakukan, tentu saja tidak ada pendamping/tour guide yg seperti dimaksud. :) Semua dilakukan secara mandiri. Info dikumpulkan dr internet, dan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris selama di sana.

  6. teddy bear museum itu bukannya di pulau Jeju mbak? emg 7jt itu udh msk biaya k jeju island ya? aku ada rencana mau k korea thn depan. mksii mbak……..

    • Wah, saya malah baru tau kalau ada Teddy Bear Museum jg di Jeju. Yg saya tau Teddy Bear Museum yg ada di N-Seoul Tower dan itulah yg saya kunjungi kemarin. ;) Saya tidak ke Jeju Island kemarin. Rincian biaya persis seperti yg ada di tabel pada postingan. :)

  7. Halo, mau tanya, kl air asia fly through (jkt-Seoul), pas transit di Kuala lumpur, bagasi harus ambil sendiri atau otomatis dimasukkan oleh petugas ke pesawat penerbangan Seoul?
    Map seoul bisa ditemukan di banyak tempat kan? jadi ga perlu print sendiri?

    • Kalo beli tiketnya Jakarta-Seoul, saat transit semua barang sudah diurus dan dipindahkan sendiri oleh Air Asia. Baru ketemu dengan barang2 kita lg saat sudah tiba di Seoul. ;) Map seoul biasanya ada juga di penginapan. Tp saya tetep prepare print dari sebelum berangkat buat jaga2.

    • Haii…salam kenal. aku rencana tahun 2014 mau ke korea mungkin antara okt-nov. lg nyari teman juga, ada yg berencana kesana juga? Aku sendiri, kl ada teman mau brgkt mandiri aja tanpa travel agen. hehehe

  8. halo aku mau nnya2 dong,mau rencana pergi ke seoul sndirian nih,insyallah bulan dpn atau nov..tapi msh agak ragu takut..oiya bikin visanya ribet ga sih ? trs klo pake invitation latter gimana ya ? ga ngerti banget pertama kali keluar negri soalnya hehheheh thankyou

    • Kalau masih pertamakali ke luar negri, saya rasa lebih baik jangan langsung ke korea dulu, mbak. Coba ke Singapura yg dekat dulu dan tidak butuh visa. Apalagi kalau pergi sendiri, nanti jd bingung mau nanya-nanya sama siapa. :)

      Saya jg nggak tau bagaimana yg pake invitation letter.

  9. Mau nanya cara pembuatan visa, saya baca di slh 1 blog. Disitu dibilang “surat sponsor diatas kop surat peeusahaan dituliskan dg bhs inggris”, maksudnya bagaimana ya? Trimakasih : )

    • Hmmm… maksudnya surat keterangan kerja dr kantor atau gimana? Saya kebetulan nggak pakai surat sponsor untuk bikin visa. Kalau surat keterangan kerja dr kantor memang harus berbahasa Inggris.

  10. Maaf banyak tanya, kalau boleh tau syarat yg mba persiapkan apa saja?
    karena saya masih bingung dg persyaratan yg tertera di web kedubes korsel. Mohon bantuannya. Trimakasih

    • Syarat yg saya persiapkan seperti yg tertera di web itu. Jelas kok informasinya. Kalo msh kurang jelas bisa telepon ke kedubes Korsel, mbak. :) Saya bawa semua dokumen yg tertera di web plus print-an tiket, rincian jadwal, dan rincian biaya selama di korsel nanti.

  11. assalamu’alaikum.
    wahh mbak. Kita sama2 dr Riau nih, saya kuliah di pekanbaru, UIN. Asliny dr Duri.
    Saya skrg di pekanbaru..
    Saya dn tmn saya punya mimpi pengen k korsel. Skrg kami lg nabung..
    Mbak, saya boleh mnta no HP mbak gk? Buat nanya2 lebih rinci.
    Klo mbak mw, tlg kirim ke email saya ya..
    Saya dn tmn saya jg pengen k korea dgn cra mandiri kyk mbak. Kami butuh petunjuk yg rinci mulai dr pmbuatan passport smpai visa jg. Mohon bntuanny ya mbak.. :)

  12. wah mbak.. Stlh lht bio mbak secara lengkap. Saya kaget. Trnyata kita 1 daerah.. Sama2 dr Duri…
    Wuuaahh…
    Besar harapan saya mbak bakal penuhi prmhnan saya yg pertama..
    Smoga mbk bisa mnganggp saya sbgai adk 1 daerah yg sngt butuh bntuan mbak..
    :)

        • ini no hp saya mbak 081348140902 sms aja mbak ntar saya telp saya mau rencana jalan jalan ke korea tap bingung mau cari info dmana rencana saya sama isteri saya kalo aja paket tour mbak. dan siapa tau ada yang murah perjalanannnya mbak

          • Maaf, saya ga bisa kasih nomor HP ke org yg ga saya kenal. email saja ya. Tentang paket tour, saya ga tau. Dr awal kan saya udh bilang kalau saya travelling secara mandiri tanpa tour agent. :)

  13. Invitation letter itu biasanya di terbitkan oleh sponsor.
    Sponsor itu institusi or lembaga yg mensponsori / mengundang anda untuk bisa dan boleh datang k negara pengundang. sponsor bisa universitas/ PBB/ Pemrintah korea -negara ybs/ Kementrian dls dst.

    karen ainstitusi atolembaga……maka di surat resmi (official letter) pastilah harus ada logonya neng ….
    kalau tidak ada logo, maka diragukan dan tidak syah sebagai surat resmi (official letter tadi).

    Kalau dapat sponsor, biasanya di invitation letter/ surat undangan resmi itu…. dicantumkan apakah biaya semau ditanggung pengundangnya atau di tanggung pihak yang di undang. kalau semua biaya di tanggung pengundang (pemerintah// menteri/ PBB/ Universitas/ Penyelenggara konser-konfernsi-meeting tingakttingg), maka applikasi visa tidak perlu lagi menyertakan copy bank account….
    karena semua hotel reservasi dan tiket sudah langsung disediakan oleh pesesponsor tadi kepada pihak yang di uandang…

    Makanay adik-2….. berlomba-lombalah untuk mengiktui pertemuan karya ilmiah atau konferensi untuk adu dan diskusi ttg berbagai bidang sessuai hobimu….. disitu akan banyak sponsor yg akan membawamu keliling dunia…..

    Ada namanya IYEAP (Interantional Youth East Asia Program) progarm pertukaran pemuda di DIKTI ….. niy keliling dan singgah di 16 negara selama 6 bulan di kapal pesiar…. gratis…tis….tis….

    lalau ada pertemuan-2 pemuda ttg HIV/ kesehatan reproduksi anak muda/ pembangunan pemuda PBB/ pembangunan pemuda khusus perempauna. Bahakan ada yng hanay trainig… seminggu sd 2 minggu k US / EUR …..semuanya gratis…. Disitu akan ketemu denagn anak-2 muda dan reamaj seusiamu untuk mendiskusikan kebutuhan dan keinginan anak-2 muda seduai…

    Di ILO itu ada Youth Labour Hihg meeting d Genwa tiap periode te rtentu ada meeting nya ….silahkan di explorasi sendiri source-2 nya.

    Salam hangat penuh cinta dan sukses selalu untuk orang yang selalu ada keamuan dan semangat untuk berbuat kebaikan di muka bumi kepada semua umat
    :)

  14. Waktu ke Korea, apa salah satu dari rombongan ada yang bisa bahasa korea? Apa bahasa Inggris umum di sana?
    :)

  15. suka bgt sama blog nya eon..
    eon rumahhnya di serpong juga bkn sih?aku juga di daerah situ..feel free aku pengen kopdar sama nilla eonni hihi kalo blh..email in nomernya yaa

    cheers,
    ,maretta

  16. Sumpah harus buruan berangkat ke sana.
    kebetulan saya baru aja dari sana tgl 19 sept kemaren.

    Emang bener Korea itu Keren abis……!!!
    harus segera berangkat bagi yg belum berangkat,
    lebih enak memang ga perlu menggunakan Tour kerena lebih bebas kemana mana. bahasa menjadi kendala utama di sana, selain mereka ga paham banget bahasa inggris, mereka juga ga ngerti huruf lantin ( yg mereka tahu huruf hangul ) itu yg bikin repot. Negara nya bersih banget (ga ada sampah, sangkin bersihnya cari tempat sampah aja susah banget.heheheh ) ga ada yg namanya macet. Penduduknya Nasionalismenya tinggi banget hmm…. susah deh di ungkapkan dengan kata2…cukup satu kata…KEREN.

  17. Makasih mba, blognya menolong banget… Aku mau tanya aja mba, gimana caranya dapat tiket murah ya… Aku booking air asia, dapatnya sih PP 4,2 juga.. Nah stelah dibooking jadinya total 5,5 juga… Jadi bingung… Apa harus diisi semuanya (makanan, tempat duduk, dll)?

  18. mba nilla, mau nanya soal bagasi AA. minta saran dong untuk pengambilan bagasi penerbangan jkt-seoul-nya aja mending berapa kg yaa? kami ber2 mba. apakah 15 kg cukup untuk ber2?
    terus klo booking bagasi, AA ngasih jatah 7 kg yaa?

    • Kalo 15kg kupikir cukup, sih. ;) Kemarin jg temenku 15kg berdua dan cukup2 aja asal nggak belanja kebanyakan. hehehe… Yang 7kg itu untuk barang yang di bawa di kabin (masuk ke dlm pesawat)

  19. mbak nila tlg bagi nama jasa tour travel yg mbak tau yg mngkin bs mmbantu saya untuk pengurusan proses dokumen tour ke korsel.tlg emailkan no hp mbak nila ya?
    minimal e count bank nya brp mbak\? thanks

  20. klo penerbangan dr sby-seoul ada gak??
    aq rencana pertengahan tahun dpn mw jalan-jalan ke sana.

    mohon bantuan informasinya..

  21. klo jalan-jalan ke sana enaknya bula-bulan apa sist..

    seumpama kita bikin visa di konsultat jenderal korsel d surabaya bisa gak??

    makasi

  22. abis baca rinciannya jadi pengen ..
    ditambah liat komen2 diatas ini .. jadi menggebu2 *lebay*
    tapi aku pengen banget , yang pasti sih nabung dulu .. biasaya saya mahasiswa -_-
    aku butuh temen .. ga mungkinkan kesana sendirian .. bahasa inggrisku agak meragukan haha ..
    adakah yang berminat menemani saya *maunya*
    kak nilla bantu aku dong .. ?_?

  23. mba saya mau tanya :)
    kalo disana rata-rata makanan disana harganya kisaran berapa ya, ya yang murah murah aja :)
    makasih sebelumnya :)

      • Hi..seru jg baca2 ni blog.q jg jd tabah pengen ke korea.q jg ad rencana mau ke sana 2014. kl ada temenya lebih seru lg. keep in contact by email y..@arum_nisma@yahoo.com. dtunggu kabar selanjutnya..:)

    • Ada niatan ke sana sih~~ tapi tahun 2016. Hhahaha (berasa lama banget). Aku mau berduaan sama sodara, sekarang masih mulai nabung T^T…ada yang punya rencana serupa?

  24. yahhh.. sayang bgt yah.. tapi mei cuaca oke kan yaa mba buat liburan? cuacanya dingin bgt nusuk tulang atau kaya di bromo/lembang gt dinginnya mba? need info buat ksana mei ini :D

  25. thia&esti: slm knl, aq jg brncna k korea tgl 28-31Mar ini, bentar doank tapi coz ga pengen cuti, cuma memanfaatkan longwiken aja, brangkat tgl 28Mar mlm, baliknya 31Mar pagi, hehehe… :D
    klo mau bareng kontak aja ke elly_kusdiarti@yahoo.co.id

  26. Mbak, di seoul wheelchair friendly ga ? Terutama kalo mau naik subway, adakah lift untuk turun ke platform nya ? sy baca dr tulisan mbak unt naik subway hrs lewat byk tangga.. Bgm dgn tempat2 wisatanya ? apakah mudah unt berpergian dgn wheel chair ?Thx sebelumnya..sy tunggu infonya..

  27. Nanya lagi nih mbak.. Di Incheon apakah ada aerobridge , spt changi ? Atau kita hrs naik shuttle bus unt ke arrival gate nya ( spt Haneda ) ? Thx..

  28. Waaah mba nilla ini blog nya bener2 oke lho… Aku kebetulan awal juli mau ke seoul, ini bantu aku banget buat bikin itenari selama disana, soalnya maklum blm ada pengalaman.. :p aku contek itenari nya yah mba ehehe.. Kamsamnida :)

  29. Kalauuu ada yg mauuu bar3ng smaaa yooo inbox ke fbkuu hehehe kim ha kyung icha atw ke twitterku @_PrincezIchaKim

  30. mbak nilla, untuk bukti keuangan, mbak dulu waktu ngurus visa pake yang mana ya mbak? Buku tabungan, SPT, atau yang lain? maksih

  31. mba boleh tau nama hostelnya apa dan di daerah mana? krn saya ada rencana mau ke korea skitar bulan agustus dan lg nyari 2 hostel murah, thx :)

  32. Hallo salam kenal,ak planning ke seoul Dan busan selama 7 hari , tp si nginap di ansan karena kebetulan ada teman disana, ada rekomendasi Gak untuk paket transportasi yg murah?, sehubungan tempat menginap Yg cukup jauh, terima.kasih ya sebelumnya :)

  33. halo mba Nila mau tanya hotel yg khusus buat backpacker itu di daerah mana ya, kalau di daerah nonhyeon-dong ganganam-gu ada ga :)….tq

  34. ada yang maw berangkat thn 2015 ga… kalo ada bareng donk.. email aja linaarfandy@gmail.com..
    oh ya q dari riau jg loh mbak.. tepat ny perawang.. pengen banget kesana… kira2 kalo berangkat 2015, bawa uang 15 juta ckup g ya..??

  35. Annyeong, ada yg mau kekorea akhir nov – awal des 2013 atau akhir feb-mar 2014 gak? Rencana disana 7hari sm perjalanan. Aku pengen ngeliat pergantian musim gugur kemusim salju atau musim salju kemusim semi, hihihi.. hostel mrh yg aku dpt di hongdae. kl rencana udh lm bgt pngen kekorea tp gak ada tmnnya, kl ada yg minat bergabung very welcome bgt email aku ke lill.princesz89@gmail.com . Gamsahamnida ^^

  36. Mba,,, salam kenal…

    Maw tanya cara pesen tiket jakarta ke seoul gimana? Harus lewat PC ya? Soal cari2 lewat aplikasi hp g bisa.

    Makasih :D

  37. i’ve already looking for flight yang murah ke korsel, tapi apalah daya paling murah flight ticket ke korsel itu yaa sekitar 4jutaan emang xD
    apalagi sekarang AA udah gak memberlakukan sistem baggage 15kg lagi buat penerbangan non domestik, jadi min 20kg/person yang pastinya gede banget xD bawa bayi bisa kali yak wkwk

  38. hai putri.. :)
    aqu rencanany tgl 3 des – 12 des mau ke korsel mgkin qta bisa ktmuan dsna…aqu nginep di dekat sungkyunkwan university..

    ka nilla…
    thx infony ka..berguna sekaliii…
    tpi syg aqu ksna naek garuda yg hargany lumayan mahal :'( soalny temanquu gga mau naek AA…huaaa :'(

  39. hi.. Mb.. Sy rencna 2014 buln 3 mo liburan k korea brsma paman.. Bza tdk y klo visa sya hbiz d perpnjg visa d sna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *