Review Laptop Baru ^^

Saya selalu mempercayai insting saya dalam membeli sesuatu. Jika saya melihat suatu barang dan hati saya berkata, “Ayo, beli.” Maka saya memang merasa perlu membelinya. Jika tidak, saya akan menyesal setengah mati! Sampai kebawa-bawa mimpi. Hahaha… Lebay memang. Tapi kenyataannya hampir selalu seperti itu.

 

Jadi ceritanya beberapa bulan yang lalu saya udah berencana beli laptop baru. Secara laptop dari kantor lama harus dikembalikan, maka saya membutuhkan laptop baru. Waktu itu udah sempat survey langsung ke lapangan (alias ke toko-toko elektronik). Tapi susah sekali menemukan laptop yang sesuai dengan keinginan saya. Apa yang saya lihat dan pertimbangkan dalam membeli laptop baru? Ini dia:

  1. Ukurannya. Hahaha… Ini memang menjadi pertimbangan nomor satu. Karena saya udah kapok deh kemana-mana ngos-ngosan dan kehabisan tenaga kalo bawa laptop yang ukurannya cukup gede. Sementara laptop itu kan sebenarnya memang untuk keperluan mobile ya. Jadi lebih baik memang nyari yang enteng dan kecil, tapi performanya sakti. Hihihi…
  2. Spesifikasi hardware nya. Yah, rasanya semua orang juga menjadikan ini sebagai pertimbangan. Saya sebenarnya juga nggak butuk spek yang tinggi banget juga. Yang penting pewe buat ngetik dan ngoding. Nggak gampang ngehang. Maka, fokus saya memang ada pada RAM. Saya berusaha mencari RAM yang besar supaya bisa ngoding dan membuka beberapa aplikasi yang cukup menguras RAM dengan nyaman.
  3. Harganya. Tentu! Secara keuangan saya cukup terbatas setelah resign dari kantor lama dan liburan ke Korea kemarin. Hehehe… Jadi dari segi harga, saya nyari yang seminimal dan seefisien mungkin.
  4. Style-nya. Jadi ini pertimbangan saya yang terakhir. Sebagai perempuan, saya ogah nenteng laptop “macho” ke mana-mana. Haha… Pengennya yang agak girly dan enak dipandang mata.

 

Akhirnyaaa… Setelah muter-muter beberapa toko laptop dan browsing nyari review di internet, pilihan saya jatuh pada… Samsung NP350U2Y! He??? Samsung??? Pasti gitu deh pikiran beberapa orang. Haha… Secara Samsung sendiri selama ini tidak merajai pasar laptop. Kalo ditanya, laptop merk apa sih yang bagus dan banyak digunakan orang? Hampir nggak ada deh yang jawab “Samsung”. Hihihi…

 

Eits, tapi jangan under estimate dulu! Setelah saya lihat ukurannya, speknya, harganya, style nya, cocok banget dengan yang saya mau! Laptop Samsung NP350U2Y ini memiliki ukuran 12,5 inch, RAM 4GB, harganya nggak sampe 6 juta, looh! :D Dan kalo dari segi style, sama sekali nggak kelihatan kalo ini laptop dengan harga terjangkau. Saya sangat suka design-nya! ^^ Untuk spesifikasi lengkapnya, silahkan lihat di sini. Atau lihat video review nya di sini.

 

Tapi, karena waktu itu duit saya belum ada, maka saya tunda deh beli laptop ini. Padahal udah naksir berat karena ada yang warna pink juga! Hihihi… Beberapa bulan kemudian, ketika saya sudah mantap membeli laptop Samsung NP350U2Y tersebut, eeehh… Stoknya dimana-mana kosong! Saya cari ke mana-mana, udah nggak ada yang jual. Huwaaa… Sesek banget! Kenapa saya selalu seperti ini, ya? Barang elektronik yang sesuai dengan keinginan saya hampir selalu susah dicari. TT__TT

 

Hingga akhirnya… Di tengah keputus-asaan (ejiyeeehh…) tanpa sengaja, mata saya nggak sengaja melihat laptop Samsung NP350U2Y ini terpajang di etalase sebuah toko elektronik di Supermal Karawaci. Langsung aja saya tanya sama yang jaga toko, apakah barangnya masih ada? Apakah ada yang warna pink? Hihihi… Dan si penjaga toko pun bilang bahwa laptop Samsung NP350U2Y yang terpajang di etalase itu adalah stok satu-satunya yang tersisa. Huwaaa… Langsung aja saya ambil (tentu setelah mencek kondisinya terlebih dahulu). Meskipun saya agak kecewa karena warnya silver, bukan pink. Hiks… Oh ya, Samsung NP350U2Y ini tersedia dalam 2 tipe sebenarnya. Ada yang dengan kapasitas Harddisk 500GB, ada yang 320GB. Nah, kebetulan yang saya temukan ini harddisk-nya 320GB. Agak kecewa memang karena saya tadinya mengharapkan membeli yang 500GB. Tapi nggak apa-apa, deh. Saya masih punya HDD eskternal ini, kok. ;) Jadi nggak terlalu jadi masalah juga.

 

Nah, setelah 1 bulan menggunakan laptop ini, so far menurut saya kelebihannya:

  1. Laptopnya super ringan dan super tipis (meskipun nggak setipis ultrabook). Jadi nggak nyusahin kalo mau dibawa ke mana-mana.
  2. Baterai tahan lama. Kalo saya bawa ke kantor nih, jika awal saya gunakan saat batrai dalam kondisi full, maka saya baru akan ngecas laptop lagi menjelang jam 3 sore. Jadi, irit batrai banget! Selain itu, ada pengaturan agar baterai berhenti dicas dalam kondisi 80%. Jadi batrai laptop bisa lebih awet.
  3. Tombol keyboard yang jaraknya jarang-jarang sehingga pewe buat ngetik.
  4. Layar yang anti silau jika ada cahaya terang dari arah depan monitor (anti reflektif).
  5. Laptop nggak berasa panas! :D (nggak kayak macbook saya dulu) Waaa… Suka sekali! Fan-nya juga berada di dekat monitor (bagian depan), bukan di bagian kiri atau kanan laptop. Jadi nggak masalah kalo bagian samping laptop ketutupan sesuatu gitu. Nggak nutupin fan-nya.

 

Lalu kekurangannya so far:

  1. Port USB yang cuma 2 biji. :| Jadi kalo 1 port udah kepake untuk nancepin modem, port USB nya cuma sisa 1. Hiks…
  2. DVD ROM eksternal tidak terdapat dalam paket. Jadi harus beli lagi. Huhu…
  3. VGA-nya nggak ada, sehingga agak berat kalo mau dipake untuk main game yang butuh spek grafis yang tinggi. Tapi untung saya nggak suka main game juga, sih. :P
  4. Baterai laptop nggak bisa dilepas (unibody). :(

 

Kayaknya itu aja sih kelebihan dan kekurangan laptop Samsung NP350U2Y ini yang saya rasakan. Nanti saya tambahi lagi kalo mendadak kepikiran, ya! ;) Yang jelas, saya suka banget dengan laptop ini so far. ^^

1. Batrai laptop nggak bisa dilepas (unibody). :(

10 thoughts on “Review Laptop Baru ^^

  1. intel Corei3 sudah punya Graphic Processing Unit, bakal membantu banget kalau laptopnya nggak punya VGA.

    Spesikasi Notebook-Netbook, memang harusnya sesuai kebutuhan :D.

    • Aku udh kapok mbak punya laptop yg lumayan gede. Prioritasnya dlm memilih laptop ya yg kecil dulu aja sekarang. Hehe…

  2. Wah tu Laptop bagus tapi jika dibanding dg Brand Asus bisa lebih pool lagi spec nya, ane liat tu laptop harganye 5,8 jt, klo harga segitu asus bisa dapet ram 4 gg, hdd 750 vga nvidia 2 gg …+ Garansi Paaanjaaang….2-4 thn…

  3. Mbak, itu pengaturan berhenti di level charge 80% bawaannya sistem operasi Windows 7 apa bawaan hardware (semacam ada sensor switch otomatis)?

    Soale saya pake Linux kaya’e ngga ada pengaturan kaya gitu deh..

    Boleh dong bagi infonya..

    • Waktu laptop ini saya beli, sudah ada aplikasi Easy Setting, aplikasi yang mengatur charge laptop di level 80%. Kebetulan saya memang menggunakan windows 7. Dan saya lihat semua yang menggunakan windows 7 juga memiliki aplikasi ini di laptop samsung nya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *