Sebenarnya Apa yg Dibutuhkan Orang Sakit?

Saat ini saya sedang mudik ke Riau. Malangnya, baru beberapa hari di sini, saya langsung jatuh sakit. Atau sebenarnya beruntung, ya? Karena ketika saya sakit, saya sudah berada di tengah2 keluarga? :P Hehehehe… Nama penyakitnya Parotitis atau Mumps. Kalo bahasa Indonesia nya sih katanya Gondongan. Jd tuh kayak ada bengkak di dagu saya (bagian atas leher sih sebenarnya). Gejalanya demam tinggi dan kepala pusing bukan main.

 

bengkak di bagian dagu kanan

 

 bengkak di belakang bawah kuping sebelah kiri

 

 

But, well… Sebenarnya bukan masalah penyakit ini yg ingin saya bahas. Saya sudah ke dokter dan sudah tau apa yg harus saya lakukan agar saya cepat sembuh. Yg ingin saya bahas adalah… penyakit ini membuat saya sulit bergerak. Saya terpaksa sering tidur di kamar sendirian agar keluarga saya tidak tertular penyakit yg sama (karena ternyata penyakit ini menular). Saya hanya sesekali keluar kamar utk makan, minum obat, mandi, nonton, atau ngenet sebentar.

 

Tentu, kondisi ini membuat saya merasa sepi. :( Berbaring lama2 di atas tempat tidur jg membuat saya bosan. Jujur, kadang saya kangen teman2 saya yg di Jakarta. Kalau mereka tau saya sakit, pasti mereka akan melakukan apa saja utk menghibur saya dan membuat saya tersenyum. :) Percayalah, perlakuan seperti ini justru sebenarnya lebih mujarap drpd kasiat obat sekalipun. Saya ingin hanya fisik saya yg sakit… sementara jiwa saya tetap merasa sehat dan bahagia…

 

Pernah dengar ttg seseorang yg bertahan hidup lebih lama dr yg seharusnya karena penyakit yg dideritanya? Saya masih percaya takdir ada di tangan Tuhan. Tp saya yakin, selain karena kehendak Tuhan, orang itu bertahan jg karena support dr orang2 di sekitarnya. Karena ia merasa banyak yg mempedulikannya… banyak yg akan sedih ketika melihat ia sakit… Maka ia mencoba utk bertahan dan bertahan lebih lama. Bandingkan dgn orang yg sakit sendirian tanpa ada siapa pun yg menemaninya. Mungkin di dlm lubuk hatinya yg paling dalam, dia malah berharap Tuhan “mengambil”nya lebih cepat dr yg seharusnya. :| *maaph…*

 

Jd, seperti yg saya bilang td… hiburan, dukungan, dan perhatian dr orang lain di saat kita sakit sebenarnya lebih kita butuhkan drpd obat sekalipun. Maka… perhatikanlah. Adakah orang terdekat kalian yg sdg sakit? Do something for them… ;) Itu akan sangat besar pengaruhnya buat dia.

 

 

 

 

 

nb : ditulis saat sedang sedih dan merasa sendirian…

37 thoughts on “Sebenarnya Apa yg Dibutuhkan Orang Sakit?

  1. Loh, pulkam malah gondongan..:D perasaan, gondongan itu penyakit yg umumnya kena ke anak kecil. Apakah Jumi masih anak kecil? :D

    hihi, cepet sembuh Jum.. biar bisa gebuk2an kursi lagi..:D

  2. bener banget jum..:(,soalny aq ngerasa banget wkt sakit sendirian..yg parahny gak ada yg tau klo aku lg sakit,ortuku sekalipun..krn gak sanggup ngapa2in waktu itu..huhu..
    penyakit itu obatnya pake *belau + cuka* bukan yaa..adikku dulu pernah kena sakit itu, alhamdulillah gak nular ke aku..
    cepet sembuh ya jumii….:x

  3. jadi pengen jenguk Jumi ke Riau nih.. tapi bayarin tiket pesawatnya ya Jum..:-\

    Jangan nyerah Jum!! kita disini selalu menunggu-mu.. dan menunggu oleh2 darimu tentunya..:d/

  4. hmmm…
    dilema sih…
    mau kontak langsung, risiko tertular
    mau tidak… ntar dibilang tidak peduli…
    be strong aja lah… hehehe

    yang paluing enak sih kalo ngga sakit…. hehehe

  5. @ yati : hahaha… ternyata mbak yati masih mengingat kencan kita yg waktu itu. :))

    @ Pitra : lah… aku kan emang msh kecil. seusia anakmu bukan? =)) huwaaa… komenmu bikin nangis. :(( ayo, main gebuk2an kursi lg. ;;) =))

    @ Dy : yak, sendiri waktu lg sakit itu sungguh menyiksa, dy. :( eh, katanya blau+cuka itu cuma mitos, loh! :D tengkyu, ya… ;)

    @ NanTo : oleh2? baju kotor mau? =)) huhuhu… thx a lot ya, to. >:D< lo emang paling bisa diandelin kalo gw lg menye2. :))

    @ bakhrian : hix… iya, aku ngerti bgt kok mas. :( sebenarnya “menemani” kan ga harus face to face. :P bisa telepon atau smsan jg. :D

    @ -=«GoenRock®»=- : sebenarnya aku jg yakin penyakit ini akan sembuh. ;) cuma menjelang sembuhnya itu, loh… :( menderita bgt. :-s

    @ si kucing kece : ya… untungnya ada kalian. jadinya aku masih bisa tersenyum. :) makasih yaaa… :-*

  6. waduh lagi sakit yah…. kacian bgt… tapi ingat nil, dokter bukan Tuhan. selalu ada harapan asal kita terus mengingat-Nya. istifar nil, jangan putus asa. banyak ibadat, banyak2 doa. ada koq temen2 yang udah divonis dokter ternyata bisa sembuh…*psttt, gondongen ntu sejenis stroke yah?*

  7. Knapa kalo pas aku sakit yah, aku ngga mikir begitu….. pengen di jenguk orang orang terdekat kita, pengen di hibur… aku malah mikirnya ini tuh ga enak dan musti berjuang buat ngelewatin nya…..

    Kalo ada yang ngejenguk, ngehibur, ya bersyukur berarti kita masih cukup berarti untuk orang lain, kalo gak ya ngga usah kecil hati, apalagi sampe kangen suasana begitu….

    Kaya gitu tu cuman membuat kita menunjukan kalau kita sudah dikendalikan dengan keadaan, padahal seharusnya kita yang mengendalikan keadaan….

    Be realistic, seharusnya semangat mau sembuh itu datang dari diri sendiri, bukan karna kehadiran orang lain, bukan karna diberi semangat orang lain, kecuali…..

    kamu ngga tau hidup kamu itu untuk apa……

  8. Wah, Nil kamu kurang Yodium tu.
    Brarti klo mo ngadain kopdar berenang mending ke laut aja. Biar kamu bisa sambil menyelam minum air :)>-

    Btw gondongan nambah berat badan gak si? :-?

  9. oh yee.. sakit beneran to??? baru nyadar tadi siang aja klo bilang di plurk “foto passport ku jadi aneh..” kanan ma kiri ngga seimbang.. wkakak… padahal ngkak aja puas tadi bayangin ternyata beneran.. sorry deh…

    moga cepet sembuh aja ya.. di bantuin doa deh.. btw sekrang dah sembuh lom tuh??

  10. @ jimmy : ngenet nya jg gantian sama adik2ku, mas. yah.. sebagai kakak, aku banyakan ngalahnya… :-w

    @ st_hart : yeee… lebay, deh. aku ga sepesimis itu kale… :-w aku jg yakin penyakit ini akan sembuh dgn segera. :p bukan, gondongan itu bukan stroke. #-o

    @ fiqhi : iya… makasih, ya. ;)

    @ Nike : udh ke dokter dan udh dikasih obat jg kok, nik. :P obatnya ada 3 biji, gede2 lg… :((

    @ anno’ : aku mudik ga bawa laptop. jd ga bisa OL sambil baringan di kamar… :( hix… :-s

    @ Raffaell : ya itu kan kalo kamu. [-( buatku, dukungan dr orang lain itu sangat besar pengaruhnya… :-< ini lg ngomel atau ga, sih? :(

    @ Avante : waks… kopdar berenang di laut? :-o ide yg brilian itu… =)) ada jg nambah berat muka, bukan badan. :))

    @ Andri : yey… orang aku serius td bikin tret plurk nya. malah dikirain becanda… :P belom sembuh. :( bantu do’a, yak! ;)

  11. semoga cepet sembuh darl

    gue jg tipe orang yg manja klo lagi sakit parah XDDD nyokap gue udah hafal deh. eh, manjanya ama nyokap gue doank sih *dan pacar

    tapi gue waktu kecil klo gondongan di kasih apaan gtu yg warna biru, blacu ya? trus di kasi air, di usap di tempat gondongan trus diperban :))

  12. saya juga lagi demam tinggi, tapi bukan gondongen :d
    sepertinya mau pilek lagi, penyakit menahun yang kerap mengapeli saya, bisa sebulan sekali atau beberapa bulan sekali…

    btw, salam kenal ya…

  13. semoga cepet sembuh ya nilaaaa amin amin amin..

    untung sakitnya pas lagi mudik ya.. ada yg ngurusin jadinya hehehe

    *so indonesian,, dimana2 tetep untung hehehe*

  14. salam kenal dulu ah…oh iya saya pernah seperti itu coba tiap bangun pagi dan mau tidur kompress pakai air hangat nill…..
    semoga cepet sembuh yac.,.,.,

  15. perhatian.. baik drai teman dari sodara, keluarga.. dari sapa aja lah.. itu yg dibutuhkan dari org yg sakit.. i think.. huehuehuehue [tumben kata2 ku]

  16. apa hubungannya blognya Nila dengan Arifin Firdaus ya?? :-? tapi bener ya.. Nila teh dimana-2…. bagus deh biar banyak tali silaturahim, kan jadi banyak tuh yang nge-doain klw Nila sakit…

    Salam kenal bwt Nila

    Mudah2an makin informatif aja blognya, kurangin sedikit curhatannya… abis kagok banget, gimana ga? Nila coba berbagi hati, rasa ma net-friends dengan cara membatasi komunikasinya. (maaf kalo salah menilai…. pastinya subjektif menurut q yg blm tentu benar adanya)

    Maju terus Nila….

  17. Pingback: Oooopps… Ada yg Ketularan! :| - ~ FeeL n ThinK ~

  18. oiya kalo orang yang cape hati biasanya membutuhkan apa ya? kayanya di hibur berapa kali pun tetep bete bgt. cara yg pas gmana sih? kayannya jawaban kamu bisa pas bgt deh. ditunggu ya sarannya thks :)

  19. saat ini saya lg penyakit gondong, semalem aku ga bs tidur, kepala pusing, badan ga enak, enek. Tidur miring kesamping sakit, ga bisa nengok.tersiksa sekali, obat yg paling mujarab apa dong????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *