Yuph, It’s About Les Miserables! ;D

Saya cenderung lebih suka cepat-cepat menonton film yang baru saja ditayangkan di bioskop. Bukan apa-apa, sih. Kalo nontonnya agak-agak belakangan, suka males aja karena dimana-mana banyak spoiler. :P Apalagi jika film itu mendapat review yang baik dimana-mana. Semakin aja deh tuh saya ingin cepat-cepat menontonnya di bioskop. Nah, penasaran karena film ini mendapat banyak sekali penghargaan di ajang penghargaan sekelas Golden Globe 2013, saya jadi tertarik untuk menonton film Les Miserables. Penasaran banget, dimana sih letak bagusnya film ini?

 

Film yang diangkat dari sebuah historical novel ini, adalah sebuah film musikal yang silahkan dibaca plotnya sendiri di sini. Hihihi… Selama hampir 3 jam, dialognya selalu diisi dengan bernyanyi. Hmmm… Jujur aja sih, awal menonton film ini saya nggak begitu suka. Banyak adegan yang agak disturbing menurut saya. Seperti adegan perbudakan dan orang-orang di tempat kumuh. Hiii… Sungguh nggak enak dipandang. Sampe temen nonton saya aja tuh ngomong gini, “Ini masih lama nggak sih filmnya? Terus kita bakal lihat adegan begini terus sampe habis? Ih, Nillaaaaa… Lo ngapain ngajak gw nonton film ginian?” Hahahaha… Maaph, cuy! Karena yah jujur aja, sebelum menonton film ini juga sebenarnya saya sama sekali nggak baca review dan sinopsisnya. Juga nggak lihat trailer-nya. Jadi memang nggak tau awalnya film ini bercerita tentang apa.

 

Tapi semakin lama, saya mulai menikmati menonton film ini. Menurut saya film ini sangat pintar mempengaruhi emosi penonton. Setelah saya hitung-hitung, saya 3x nangis di dalam bioskop loh selama menonton film ini. Adegan-adegan yang memancing air mata saya:

  1. Saat Fantine terpaksa menjual diri untuk dapat mengirimkan sejumlah uang untuk anak gadisnya yang masih kecil. Ih kok ya rasanya kecabik-cabik aja gitu emosi saya pas lihat adegan ini. Nusuk sanubari banget. :’| Apalagi lirik lagu (dialog)-nya juga dikemas dengan sangat dalem gitu. Hiks… Nggak tega deh saya ngelihatnya.
  2. Saat Eponine memperhatikan Marius “main mata” sama Cosette di teralis pagar rumah Cosette. Ini juga lirik lagu (dialog)-nya sedih banget. Tentang cinta yang bertepuk sebelah tangan. Dan suara Samantha Barks juga sangat nampol untuk nyanyiin lagu sendu begini. Membawa emosi saya untuk ikut merasakan gimana nggak enaknya memperhatikan orang yang disayang sedang jatuh cinta sama orang lain. Hiks…
  3. Saat Jean Valjean mendekati ajalnya. Lagi-lagi lirik lagunya yang bikin sedih, sih… Dan memang adegannya dikemas dengan dramatis juga. Ada adegan Jean masuk ke sebuah tempat dimana akhirnya ia bertemu kembali dengan orang-orang yang juga sudah meninggal. Eh iya, adegan ini ada di akhir film. Tapi untung saya nggak ketahuan habis nangis saat ke luar dari bioskop. Hihihi…

 

Tentang pemerannya, saya punya 2 aktor/aktris favorit di film ini:

 

Samantha Barks

Barusan ngintip profilnya di wikipedia dan imdb. Ternyata bener jam terbangnya ber-acting untuk layar lebar belum tinggi. Tapi sumpah, suaranya keren bangeeeeett… Dan sosok Eponine yang dibawakannya juga saya suka. Menggambarkan sosok seorang perempuan yang mampu mencintai seorang lelaki dengan sangat tulus. Bahkan rela mengorbankan nyawanya sendiri demi melindungi laki-laki yang sangat dicintainya tersebut. :’) Hiks…

 

 

Aaron Tveit

Ia berperan sebagai Enjolras, pemimpin kelompok pelajar idealis (Les Amis de l’ABC) yang akan bertempur melawan pemerintah Perancis saat itu. Kenapa saya suka? Karena sosoknya sangat kharismatik! Aaaaaaaaaaaaakk… Saya sangat tergila-gila pada sosok kharismatik di film-film. Hehehe… Udah gitu, ternyata suaranya Aaron Tveit ini bagus banget. Nggak heran, setelah saya lihat di profil wikipedia-nya bahwa ia pernah mendapat sebuah beasiswa vocal performance (yang sayangnya dia tolak).

 

So, buat yang mau nonton film ini, jangan lupa sediakan tisue ya! Karena waktu saya menonton film ini, yang diam-diam nangis di bioskop nggak cuma saya, loh. Saya sering sekali mendengar isakan tangis dan “tarikan ingus” di sepanjang menonton film ini. Hihihi… So, just prepare! ;P

9 thoughts on “Yuph, It’s About Les Miserables! ;D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *