One Of The Best Thing In Life!

This is one of the best thing in my life. ;P

Hmmm… Berhubung banyak yg nanya “Kejadiannya gimana?” dan saya rada males ribet untuk ngejelasin berulang-ulang, maka saya ceritain aja kronologisnya di blog ini.

4 minggu sebelum diopname: Saya mulai sering batuk-batuk. Waktu itu masih ngeremehin. Yah secara cuma batuk doank. Jadi saya beli obat pun enggak dan berharap batuknya akan sembuh sendiri secepatnya.

3 minggu sebelum diopname: Saya mulai risih dengan batuk yg nggak berhenti. Akhirnya beli dan minum obat batuk biasa yg dijual di mini market.

2 minggu sebelum diopname: Curiga karena batuknya masih nggak sembuh. Ke klinik untuk check up ke dokter dan katanya cuma alergi cuaca. Trus dikasih antibiotik.

Menjelang 1 minggu sebelum diopname: Antibiotik udah mau habis, tapi masih sering batuk dan kalo sore-malam jadi gampang meriang sampe keringetan parah dan nggak bisa tidur. Batuk juga malah sesekali sampe sesek nafas.

Minggu awal menjelang diopname: Akhirnya ke dokter di RS Eka Hospital BSD, dianjurin ronsen. Hasil ronsen: Ada flek di paru dan katanya sebenarnya udah lama. Cuma saya nggak sadar. Wew… Trus dirujuk ke dokter spesialis paru. Dugaan awal: TB. Tapi masih suspect karena masih harus tes dahak dulu. Tp karena batuk saya nggak berdahak, akhirnya tes suntik mantoux. Dan disuruh kembali 2 hari lagi untuk melihat hasil suntiknya.

2 hari setelah tes mantoux (23 Jan 2013): Diameter area yg memerah setelah suntik mantoux sebesar 2,5 cm. It means, positif TB (karena untuk hasil negatif minimal 1 cm). Karena badan masih terus demam dan malam suka menggigil dan bahkan kadang batuk sampe sesak nafas, dianjurkan rawat inap sambil tes darah. Maka, inilah malam pertama saya diopname di rumah sakit.

Besoknya (24 Jan 2013): Hasil tes darah keluar. Ternyata selain TB, saya juga typus! Waw… What a perfect combo! Pantes suhu badan meninggi sejak sore-malam, sampe keringetan segala. Trus berat badan terus turun. Sejak minggu awal batuk udah turun 4 kg aja, loh! :|

Selama diopname: Yaaahh… Alhamdulillah makan masih enak. Yg jenguk jg banyak (padahal udah dilarang karena saya takut nularin). Masih bisa ketawa-ketawa kayak orang sehat. Pokoknya nggak inget lg sakit kalo aja nggak lihat infus di tangan. Yg bikin sebel cuma minum obatnya aja dan tidur nggak boleh larut malam kalo nggak mau ditegur perawat. Hiks… Udah gitu, pantangan makannya buanyaaaakk… Sebel! Jadilah yg mau jenguk saya suruh bawa susu Bear Brand aja karena memang kata dokter, saya harus banyak minum susu untuk membantu mengembalikan berat badan.

Kemarin siang (29 Jan 2013): Karena udah nggak pernah demam lagi, akhirnya diijinin pulang dengan bekal: obat yg sangat buanyak. Wew… Pagi 10 tablet, siang 5 tablet, malam 6 tablet (total 21 tablet per hari, bok! Bayangkeun!!!). Maklum, lg perang melawan 2 penyakit sekaligus. Hiks… Pasrah aja deh, nurut dulu sama dokter. Dan saya masih harus terapi (rawat jalan) selama 6 bulan. Iya, 6 bulan! Huwaaaa… Trus katanya nggak boleh capek dulu, nggak boleh ke luar malam dulu, dan makan harus habis.

_________________________________

Begitulah…

Kenapa saya bilang This is one of the best thing in life? Karena gara-gara sakit ini, saya jd bikin banyak aturan untuk diri saya sendiri:

  1. HARUS banget setiap hari bersih-bersih kamar. Bantal-bantal dan kasur harus lebih sering dijemur dan kena sinar matahari.
  2. Nggak boleh sering-sering kena udara malam karena memang nggak sehat dan bikin cepat lelah.
  3. Rajin minum air putih. Ih, ini tuh nggak saya banget sebenarnya. Tp berhubung dilarang dokter minum teh dan kopi juga minuman dingin, jadilah saya nggak punya pilihan selain air putih dan susu. Hiks…
  4. NGGAK BOLEH begadang. Paling malem tidur jam 9. Tidur jg harus yg berkualitas supaya istirahat benar-benar cukup.
  5. Perbanyak makan sayur dan buah. Pengen ngemil? Saya milih buah aja, deh…
  6. Selama ini suka cuek sama kandungan makanan yg dikonsumsi (yaaah… namanya jg anak kos. jd kalo makan suka apa yg dapet aja). Sekarang? Harus pikirkan gizinya jg supaya sehat dan seimbang. Kalo enggak, errr… Semakin susah berat badan saya kembali. Hiks…
  7. Jangan stress dan nggak usah pikirin yg nggak penting dipikirin. Happy aja pokoknya! ^^ Karena kalo jiwa nggak sehat, badan pasti ikut nggak sehat jg.

Hidup saya akan benar-benar berbeda setelah ini. InsyaAllah akan jauh lebih sehat. ;P Ya, Tuhan sedang menegur saya untuk hidup lebih teratur mulai sekarang. ^^ Terimkasih Tuhan atas tegurannya… :’] *lanjut ngemil obat*

32 thoughts on “One Of The Best Thing In Life!

  1. wehh..kok bisa TB nil?
    dulu saya ada flek paru2 juga, tapi dokternya malahan ga masih obat apa apa..suruh minum fresh orange juice and susu doang…sehari bisa 2 liter susu ituh..hahahaha

    • Ga ngerti kenapa bisa TB. :| hooo… flek parunya di bagian mana, mbak? Ga semua flek paru sama sih kata dokternya. Aku di bagian kanan atas. Batuk-batuk jg kah? Sembuh selama berapa lama?

  2. Cepat sembuh ya, Nilla.
    Berat badan terlalu kurus juga mudah sakit lho… Lama tidak berjumpa, tidak bisa membayangkan sekarang kurus apa gemuk. Jenis tertentu obat TB mempunyai efek samping mual.

  3. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Belajar Masak sama… Pacar :|

  4. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Nggowes Lagi!

  5. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Akhirnya Sembuh!

  6. Hi mb..
    Tfs ya..salam kenal..
    Saya juga batuk uda ampir 1bulan. Klo pas batuk bisa sampe muntah2 deh.. Awalnya mnm smacam komix, bisolvon gt.. tp ga membaik..akhirnya nyerah kan.. priksa ke dokter umum.. dkasi antibiotik sama obat batuk gt.. tp ampe obatnya abs, ga membaik sama skali.. akhirnya saya kw dokter sp pny dalem.. krna maag saya jg kambuh.. antibiotik lg dikasihnya.. kali ini yg patent.. mahal :(
    5hari mnm obat ampe abis jg, ttp masih batuk.. akhirnya saya kembali ke dokter tsb.. dikasi obat lg dan antibiotik (lama2 resisten deh ini) buat 3 hari. Batuk berkurang tp ga ilang.
    Dokter nyaranin buat rontgen. Taraaa.. ada infiltrat di paru2 saya.. which means, suspect pneumonia atau tb.. saat itu jg saya dauruh opname biar dpt antibiotik Injeksi.. tp krna bingung dan ga bs mikir, saya mnta rqt jalan aja dl.. lalu saya dtest mantoux dan cek darah.. cek darah smua normal, termasuk leukosit.. hanya neutrophilenya yg put standard.. lusa saya baru cek lg skalian liat hasil test mantoux nya.. smoga ga knp2..
    Oiya,untuk bekas suntikan mantoux apa bnr ga boleh lena aer

  7. Sorry mbak mau nanya. biaya rontgen di eka berapa ya? saya juga sudah batuk hampir 5 bulan. waktu itu jg pernah demam naik turun selama seminggu. trs kalo narik nafas dalem2 pasti lgsg batuk dan pernah sulit bernafas juga

  8. Pingback: ~ FeeL n ThinK ~ » Akhirnya Jagoan Kita Tumbang Juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *