Tips Bertransportasi Massal (Khususnya Kereta)

Setelah berbulan-bulan pulang pergi ke kantor naik kereta atau commuterline, saya jadi sering mengamati penumpang sesama pengguna transportasi massal itu. Ada yang ngeselin, ada yang ngegemesin, ada yang bikin miris… Pokoknya banyak, deh! Berikut diantaranya:

  1. Beneran nggak ngerti apa yang ada di pikiran mbak-mbak yang ber-stiletto di dalam kereta atau commuterline. Nggak kepikir gitu kalo di dalam kereta bakal desek-desekan saking padatnya sehingga sangat mungkin ia menginjak kaki penumpang lain DENGAN stiletto-nya yang berhak tajam itu? Itu jelas bisa menciderai penumpang lain, loh! (berdasarkan pengalaman pribadi. oh saya korbannya, bukan pelakunya). Mending pake sepatu teplek yang jelas lebih nyaman (nggak bikin pegel juga). Selain bisa melindungi kakimu juga melindungi kaki orang lain yang ada di sekitarmu.
  2. Kalo kalian berambut panjang, lebat pula, tolong donk rambutnya diikat demi menjaga sirkulasi udara bagi penumpang yang ada di sekitarmu. Kan nggak lucu kalo rambutmu itu bikin bengek orang yang nggak sengaja “ketabok” rambut panjang dan lebatmu. Nggak usah diikat tinggi-tinggi karena akan menculuk mata penumpang lain yang berdiri tepat di belakangmu.
  3. Udah tau penumpang di kereta itu padet yah, mbok ya nggak usah kebanyakan gerak. Yang anteng aja gitu berdirinya supaya nggak nyusahin penumpang lain. Saya paaaaling BT kalo nemu mbak-mbak yang suka celingak-celinguk ke kiri-kanan padahal rambutnya diiket tinggi-tinggi. Malah bikin mata saya selalu nyaris keculuk rambutnya itu. :’(( Pengen saya pegang erat rasanya itu kedua pipi mbaknya supaya nggak celingak-celinguk mulu.
  4. Bawa barang sepraktis mungkin. Yang namanya berdiri di kereta padet-padetan ngasih space buat barang yang banyak jelas sulit. Kalo tempat tas yang disediakan udah penuh, jadi terpaksa dijinjing sendiri sambil berdiri kan tasnya? Kalo barangmu banyak, jelas akan bikin BT penumpang lain kalo tasmu malah bikin sakit badan orang lain yang berada di sekitarmu.
  5. Pake baju juga jangan yang ribet-ribet. Misal pake paju yang banyak lace-nya itu ya jelas nyusahin kalo naik kereta. Kalo bajumu kesangkut-sangkut sama resleting di baju orang terus sobek, gimana? Orang lain gitu yang mau disalahin? Kalo pun kepengen banget pake baju model lace supaya tampil modis ke kantor, pake outer aja supaya bisa melindungi lace di bajumu.
  6. Kalo pas lagi apes, kita bisa naik kereta yang dikemudikan oleh masinis (yang sepertinya) masih baru. Terbukti dari seberapa sering si masinis ngerem mendadak sehingga bikin penumpang terombang-ambing di dalam gerbong atau ngeremnya nggak smooth gitu. Nah, kalo udah begitu mending nggak usah terlalu sibuk sama gadget, deh! Soalnya kebanyakan penumpang kereta tuh suka menghabiskan waktu perjalanan dengan bermain gadget. Tapi kalo masinisnya masih newbie gitu, nggak cuma badan aja yang terombang ambing. Gadget juga! Kan nggak lucu juga kalo gadget kita nggak sengaja “pindah” ke kantong baju orang lain.
  7. Ketimbang ngabisin waktu dengan ngobrol dengan sesama penumpang (baik yang sudah dikenal maupun yang kenalan di jalan), mending coba merem deh. Nggak usah tidur juga, nanti malah kebablasan stasiun yang dituju (ini pengalaman pribadi saya juga. HAHA!) Merem doank, istirahatkan badan dan pikiran. Coba rileks. Bukan apa-apa. Kalo kita malah ngobrol (apalagi kalo punya kecenderungan suara keras dan ketawa ngakak sampe bikin sakit kuping orang lain) jelas akan mengganggu orang sekitar (apalagi yang sedang kelelahan dan butuh istirahat). Jadi, jangan ya! Mending merem aja.

Demikian curhat berkedok tips dari saya. Satu catatan penting:

Bahwa dalam bertransportasi massal, jadilah penumpang yang baik. Yang bekerja sama. Yang tidak hanya memikirkan kenyamanan sendiri namun juga memikirkan kenyamanan orang lain.

8 thoughts on “Tips Bertransportasi Massal (Khususnya Kereta)

  1. ini mah beneran tips yg membalut curcol ttg nila yg pada suatu harti terjebak di kereta bersama mbak2 berambut panjang, yg suka gerak2 dan mainin gadget haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *