6 Hal yang Dapat Dilakukan di Sorong, Papua Barat

Sudah lama ya saya tidak mem-publish postingan dengan tema traveling. Mau publish postingan tentang traveling lagi, ah… ;P Kali ini topiknya tentang kota Sorong, Papua Barat. Dulu sih saya pernah menulis pengalaman saya ke kota ini di postingan ini.

Yuk yuk, disimak…

Pembangunan di Indonesia Timur saat ini semakin pesat, salah satunya ditandai dengan dibangunnya beberapa bandara untuk mendukung transportasi masyarakat dan wisatawan. Salah satu fasilitas publik yang mengalami pembangunan secara signifikan dan terbaik di kotanya adalah Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Sorong, Provinsi Papua Barat. Bandara ini dipugar sejak tahun 2011 dan diresmikan oleh menteri perhubungan pada tahun 2015 lalu.

Sorong adalah pintu masuk bagi wisatawan yang akan menuju Raja Ampat, membuat bandara DEO termasuk bandara yang paling sibuk di Indonesia Timur.

Jika sebelumnya bangunan bandara hanya terbuat dari dinding bata yang sederhana, bahkan dikatakan mirip dengan sebuah gudang dibanding bangunan bandara yang penting. Kini gedung tersebut sudah diberi pelapis panel komposit, kaca yang lebar seperti gedung-gedung modern pada umumnya. Desain dan arsitektur bangunannya nampak lebih modern dan rapih, sehingga diharapkan akan membuat pengunjung atau wisatawan lebih nyaman berada di bandara.

Fasilitas umum lain pun terus diperbaiki, termasuk pergantian untuk mendukung kemananan bandara yang semakin canggih, seperti X ray bagasi, lift terminal, baggage handling system, dan walkthrough metal detector. Termasuk menyediakan fasilitas demi kenyamanan penumpang peswat seperti garbarata dan fixed bridge.

Finance.detik.com

Demi memenuhi permintaan yang terus meningkat, saat ini penerbangan menuju Sorong semakin banyak. Beberapa maskapai sudah menyediakan rute perjalanan menuju Sorong. Diantaranya maskapai Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Expres air yang kini berganti nama menjadi Xpress Air.

Xpress Air adalah maskapai yang melayani penerbangan dengan rute khusus bagian Indonesia Timur seperti Sorong, Ternate, Manokwari dan Jayapura. Untuk informasi lebih lanjut dan mendetail, kamu bisa cek tiket Xpress Air di Traveloka.

Selain rute-rute menuju dan dari kota besar, ada juga layanan pesawat kecil menuju beberapa kota di Papua Barat seperti Ayawasi, Inawatan, wasai dan lain-lain. Hanya saja, cara pemesanan tiketnya masih dengan cara kovensional.

Adanya pembangunan bandara yang diambil dari nama pahlawan asli Papua ini, diharapkan pelayanan bagi para pengunjung semakin baik. Jika pelayanan terus meningkat dan memberikan kesan baik bagi wisatawan, bukan hal mustahil bahwa wisatawan akan kembali ke Papua dengan mengajak rekan-rekan mereka.

Jika kamu berkunjung ke Papua Barat dan memuaskan keinginan berwisata kamu, maka sebaiknya terlebih dahulu mengenal Sorong lebih dekat. Ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi, diantaranya.

1. Melihat habitat penyu di Kampung Yamursa Medi

Di kampung Yamursa Medi ini, kamu dapat melihat Penyu-penyu langsung di habitat aslinya.  Selain penyu di sana, ada juga Kelelawar dan burung Elang Laut.

2. Berselancar di Pantai Walio

Kamu bisa datang ke Pantai Walio atau Pantai di kampung Moraid untuk berselancar.

3. Snorkeling dan berenang di Pantai Kasuari

Jika kamu ingin berenang dan snorkeling, maka sebaiknya kamu mendatangi Pantai Tanjung Kausari. Pantai yang panjanganya sekitar 7km ini memiliki pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang. Perairannya juga memiliki keragaman karang yang indah.

Pantai Kasuari berada di Semenanjung Kasuari, yakni sekitar 3km dari pusat kota Sorong. kamu dapat mencapainya dengan menaiki ojek atau angkutan umum yang tersedia di sana.

ywipotret.blogspot.co.id

4. Memancing atau berenang di Pulau Buaya

Perjalanan menuju Pulau Buaya harus ditempuh dengan Speedboat, menempuh jarak kurang dari 1km. Bentuk pantainya lengkung dan landai, perairannya juga sangat jernih dan cukup tenang, cocok bagi kamu yang ingin berenang atau memancing.

jejakantique.blogspot.co.id

5. Berendam di mata air panas Klaijili

Sumber mata air panas Klaijili berada di wilayah Makbon, sekitar 60km dari kota Sorong. kamu dapat menempuhnya dengan kendaraan melalui jalur darat. Menurut masyarakat setempat, berendam di Klaijili dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

6. Camping di Taman Wisata Alam Sorong

Taman wisata alam Sorong adalah kawasan hutan lindung yang masih berupa hutan lebat. Di sana terdapat beragam ekosistem dan hewan yang dapat kamu lihat lebih dekat.

Mayoritas wisatawan yang datang ke sana adalah kelompok pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus bermalam di lokasinya. Fasilitas di sana masih minim, jadi kamu harus membawa perbekalan makanan dan perlengkapan camping sendiri. Terdapat 3 pos penjagaan polisi hutan di lokasi tersebut untuk meminimalisir dan membantu wisatawan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

milestothewild.com

Jarak lokasinya sekitar 14km dari pusat kota, jalanannya yang sudah dilapisi aspal cukup rapih dengan suasana lengang, sehingga membuat perjalanan dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit saja.

Nah, bagaimana, sudah siap mengunjungi Sorong, Papua Barat dan eksplore kekayaan alamnya kan? Terlebih saat ini perjalanan kamu semakin dimudahkan dengan tersedianya maskapai dan lengkapnya fasilitas terbaik yang ada di Bandaranya. Happy trip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *