Piknik Keluarga 2016

Ceritanya saya lagi rada malas bikin postingan awal tahun yang berisi daftar pencapaian tahun kemarin dan rencana serta harapan untuk tahun ini. :p Lagi pengen cerita yang seneng-seneng aja tanpa ada beban untuk mengingat-ingat pencapaian dan berpikir keras untuk punya target di tahun 2017 ini. Hahaha…

Postingan kali ini mau cerita tentang piknik keluarga sajalah. Secara sepanjang tahun 2015 kemarin rada susah mau piknik karena lagi hamil dan baru melahirkan. Sempet jalan-jalan dan nginap di Bogor sih waktu usia Aya masih 1,5 bulan. Tapi yaaa… cuma itu aja cerita pikniknya di tahun itu. Hahaha… Kesian yak? Jadi kali ini mau ngerangkum semua acara piknik keluarga yang paling berkesan sepanjang tahun 2016. Pas di-list, ternyata lumayan banyak juga sih. Nggak cuma piknik di luar kota, tapi juga di sekitaran Jabodetabek. Secara saya udah jarang cerita acara jalan-jalan di blog ini, jadi mau ngerangkum semuanya aja di postingan ini. ;p

1. Mei 2016 – Aya 9 bulan – Ke luar kota bertiga untuk pertama kali. Destinasi: Bandung!

Iya, baru berani bawa Aya ke luar kota pertama kali itu waktu umurnya udah 9 bulan. Pertimbangannya banyak banget. Salah satunya karena rada khawatir bayi gampang capek di perjalanan. Belum lagi resiko cepat tertular penyakit di tempat umum. Nggak lucu aja habis liburan trus anaknya tepar dan sakit yang bikin khawatir berkepanjangan. Iya, sebagai ortu baru, khawatirnya banyak. Jadi untuk cari aman, anaknya biar rada gedean dulu baru diajak jalan-jalan yang jauhan. Ini nggak cuma jadi piknik ke luar kota bertiga pertama kali, tapi juga pertama kalinya bagi Aya ngerasain naik kereta.

Gimana Aya pas naik kereta? Beberapa menit pertama masih asyik lihat-lihat ke luar jendela dan main sama anak orang. Eeh beberapa menit kemudian tidur sepanjang perjalanan! Hahaha… sama sekali nggak rewel. Di Bandung nggak ke mana-mana, cuma di hotel aja sampai waktunya balik ke Jakarta. Hujan dan memang rada males juga bermacet-macet ria di tengah kota Bandung yang memang udah terkenal sama macetnya kalo weekend. Untung pesen hotel yang memang sangat nyaman untuk diinapi berlama-lama meskipun rada nggak nyaman buat kantong. *Oops

Di Bandung cuma ke luar hotel buat ketemuan sama Ijal dan Imoth. Itu pun ketemuannya cuma di rumah makan di seberang hotel. Oya, Aya waktu itu masih takut banget sama orang asing. Jadilah Ijal dan Imoth rada khawatir kalo mau deket-deket sama Aya karena khawatir anaknya bakalan nangis. Hahaha… Tapi ngobrol lama-lama sama mereka menyenangkan juga, sih. Meskipun udah lama banget kenal Ijal, tapi baru kali itu kenalan sama Imoth. Hihihi…

Salah satu yang paling berkesan dari piknik keluarga kali ini adalah bawa segala peralatan masak, bahan makanan dan peralatan makan Aya. Waktu itu masih sangat berusaha ngasih Aya makanan homemade meskipun sedang traveling. Alhamdulillah sih nggak seribet yang dibayangkan. Cuma bawa slow cooker dan bawa bahan makanan di dalam cooler bag yang diisi ice cooling gel dan langsung dipindah ke kulkas begitu sampai di hotel. Terpujilah pencipta slow cooker yang membuat makanan bayi bisa dibuat dengan praktis dan mudah. ;p

2. Mei 2016 – Aya (masih 9 bulan) – ke Seaworld, Ancol

Kalo awal bulannya ke Bandung, akhir bulannya kita ke Seaworld. Bener kan? Akhirnya jadi bikin nagih piknik keluarga kayak gini. Ahahaha… Ini salah satu piknik keluarga yang teramat sangat menyenangkan. Aya seneng lihat ikan-ikan dan makhluk-makhluk aneh di sini. Hehe.. Mau nyari tempat untuk menyusui juga cenderung gampang. Bahkan bisa minta pembalut gratis loh sama petugasnya (keinget waktu itu mendadak panik karena mens dan ternyata bisa minta pembalut gratis di sini). Tapi tiket masuknya lumayan mahal ya, bok. Ya nggak apa-apalah, (waktu itu mikirnya) jarang-jarang juga bisa piknik keluarga. Padahal nantinya jadi sering. Ahahaha…

Ini piknik keluarga yg ke-2 kalinya ngebawa Aya ke tempat yang sangat ramai setelah pernah membawa Aya ke Cimory Riverside pas ke Bogor itu. Almdulillah sih setelah dari sini anaknya baik-baik saja. Pas piknik ini juga Aya dibawain makanan dari rumah dan makannya pun banyak.

3. Juli 2016 – Aya 11 bulan – Mudik Lebaran ke Riau dan Bukittinggi

Ini adalah perjalanan terjauh Aya dari rumah. Ini pertama kalinya Aya datang ke rumah Opa-oma nya di Duri, Riau. Pertama kalinya Aya berenang itu juga ya pas di Duri ini. Awalnya sempet khawatir anaknya bakal nangis karena airnya memang agak dingin. Tapi ternyata nggak donk. Dia malah anteeeng aja di dalam pelampungnya. ;D Tampak menikmati gitu. Tadinya rada cemas tiap mau bawa Aya ke kolam renang umum kayak gini. Khawatir tertular penyakit aja karena kita kan nggak tau yang berenang di situ dalam keadaan sehat atau nggak. Tapi alhamdulillah sih, Aya nggak tertular penyakit apapun juga setelah dari sini. Meskipun begitu, sampai sekarang tiap bawa Aya berenang di tempat umum masih selalu deg-degan sih udahannya. Khawatir anaknya sakit.

Yang paling menyenangkan adalah kita nggak cuma sekedar ke Duri. Tapi juga mudik ke rumah saudara di Bukittinggi. Ini pertama kalinya si mas dan Aya dibawa ke rumah saudara di sini. Udara Bukittinggi masih adem walau tidak seadem dulu. Terus sempat piknik keluarga juga ke Lembah Arau yang pernah diceritakan di postingan ini. Judulnya kangen, kangen, dan sangat kangen dengan kota yang satu ini karena udah lama banget nggak mudik ke sini. Menyenangkan deh pokoknya! ^^ Oiya, pas ke Duri dan Bukittinggi ini juga slow cooker-nya Aya dibawa loh. Aiiih.. Udah berpetualang ke mana-mana deh itu slow cooker pokoknya. Hahaha…

4. Juli 2016 – Aya 11 bulan – Baby Spa

Habis acara mudik yang jauh dan heboh itu, ceritanya rada khawatir Aya kecapean. Terus kepikiran mau bawa Aya ke Baby Spa aja biar anaknya bisa dipijetin sekalian sama tenaga profesional, secara ibunya masih nggak berani untuk mijetin. ;p Anak orang mah udah dibawa ke Baby Spa dari umur berapa gitu, ya? Aya baru dibawa ke Baby Spa setelah hampir setahun. Sungguh sangat tidak kekinian. Hahaha…

Pas datang sih rada kecewa karena bak untuk berenangnya lagi nggak bisa dipakai karena lagi ada masalah dengan pengairannya (sawah kali). Gagal deh rencana bikin foto bayi lucu lagi berenang di Baby Spa kayak bayi-bayi jaman sekarang. *pura-pura sedih* Jadinya cuma dipijet aja. Apakah acara pijet memijet ini berjalan mulus? Tentu tidak, sodara-sodara karena Aya masih takut dan nangis kalau dipegang sama orang asing, jadilah selama proses pijet ini ibunya sibuk menenangkan bayinya. Sampai nggak konsen ngafalin cara mbaknya mijet Aya. Huhuhu… Begitu selesai, kata mbak yang mijet, Aya bakal enak boboknya setelah ini. Bener sih. Di dalam perjalanan pulang ke rumah di mobil Aya boboknya puleees banget. Eeh…  Sampe rumah, anaknya melek seger sampai susah dibikin tidur. Huaaaaa…

5. September 2016 – Aya 13 bulan – Mudik ke Rumah Yangti-Yangkung di Madiun

Sesuai rencana, Lebaran Idul Adha kali ini kami mudik ke kampung halaman suami di Madiun. Naik kereta karena perjalanan dengan kereta selalu terasa menyenangkan. Bo’ong ding. Emang sengaja cari yang rada murah dan bisa langsung sampai ke Madiun aja. Hihihi… Alhamdulillah sepanjang perjalanan pulang-pergi naik kereta juga Aya nggak rewel dan kebanyakan bobok. Kali ini kita nekad nggak bawa slow cooker Aya karena kan Aya udah setahun, makanannya udah mulai makan makanan orang dewasa. Jadi nggak perlu khusus bikin nasi tim lagi pakai slow cooker.

Di Madiun, Aya justru pertama kalinya ngerasain “playdate” karena waktu itu disamperin Syifa dan orang tuanya, Om Wicak dan Tante Ayu. Janjian ketemuan di mall. Ke mall nya naik motor bertiga dari rumah eyang dan jujur aja, ini pertama kalinya Aya naik motor, loh! Hahaha… Sepanjang perjalanan Aya sibuk mendadahi orang lain (hahaha! sok akrab gitu ceritanya) daaan… tau-tau aja anaknya ketiduran sendiri di motor. Mungkin karena keenakan kena angin. ;p Ternyata Syifa nggak cuma nyamperin, tapi juga ngebeliin boneka lucu sebagai hadiah ulang tahun karena Aya masih tergolong baru ulang tahun yg pertama waktu itu. ^^ Ternyata Yangti-yangkung, serta om dan tantenya Aya juga pada ngasih hadiah untuk Aya. Terharu, deh. :’) Oiya. Kita nggak cuma ke Madiun. Tapi juga jalan-jalan ke Sarangan dan ke kebun stroberi di sana. ;D

6. Oktober 2016 – Aya 14 bulan – Pertama kalinya bawa Aya main di Playground: Playtime AEON Mall BSD

Setelah ketemuan dengan Syifa, Om Wicak dan Tante Ayu di Madiun waktu itu, gantian kita yang “nyamperin” mereka setelah dapat kabar keluarga ini lagi di Jakarta. Janjian ketemu di foodcourt AEON Mall BSD, setelah itu ngedrop Aya main sama mbaknya di Playtime. Sebelumnya memang udah banyak browsing tentang playground yang 1 ini dan sepertinya menarik. Awalnya cuma ngedrop Aya aja karena kan orang dewasa yang boleh ikutan masuk cuma 1 orang. Kalo mau nambah, bayar lagi. Ya udah. Sekalian aja saya dan suami nonton di bioskop sambil nunggu Aya selesai main di playground. (Apa kebalik ya? Ahahahahahahaha…)

Selesai nonton, kami susul Aya di Playtime. Nambah bayar nggak apa-apa deh. Asal bisa ikutan main sama Aya di sana. Trus kita foto-foto. Anaknya sih nggak terlihat terlalu bahagia. Biasa aja gitu ekspresinya. Mungkin karena belum banyak permainan yang bisa dia mainkan. Hihihi… Tapi seru aja lihat Aya main masak-masakan sama ayahnya. Iya, dia seneng banget main masak-masakan di sini. Senang sama bahan-bahan makanan yang palsu itu sih tepatnya. ;P

7. Oktober 2016 – Aya 14 bulan – IKEA BSD

Masih dalam rangka usaha menjadi keluarga yang kekinian, jadilah kami tergoda untuk ke IKEA BSD yang tersohor itu. Seperti kebanyakan keluarga, datang ke sini mah cuma buat lihat-lihat doank. Belinya nanti kalo udah khilaf dan berani pusing mikirin pengeluaran yang tau-tau udah banyak aja. #eh Ok, ok… Saya lebay. Nyatanya kami sudah berniat membeli meja makan baru di sana waktu itu. Tapi karena nyampe sana udah kesorean dan takut pulangnya kemaleman, kami belum memutuskan mau beli yang mana. *alesyan* Jadinya cuma nyoba makan doank di sana. Plus kebeli juga deh tuh boneka jari yang lucu-lucu karena kayaknya Aya pengen banget. *cikal bakal ortu lemah sama keinginan anak nih*

Ternyata, muterin IKEA itu pegel juga ya boook… Apalagi sambil gendong anak. Bawa stroller sih. Tapi anaknya nggak selalu mau ditaro di situ. Tapi ini termasuk piknik keluarga yang sangat menyenangkan, kok. Kapan-kapan kita ke sana lagi ya, Ayah… *glendotan ke suami sambil ngelirik calon meja makan baru*

8. November 2016 – Aya 15 bulan – Ragunan

Udah lama banget punya keinginan untuk membawa Aya ke kebun binatang karena anaknya memang sangat suka binatang. Dan kebun binatang yang paling dekat dengan rumah ya Ragunan ini. Tapi sebenarnya saya rada kurang suka sama kebun binatang yang satu ini karena udah berkali-kali datang ke sini kok kesannya selalu kurang terawat, ya? Termasuk untuk kebersihan dan kesehatan hewan-hewannnya, sih. Jadi rada miris aja.

Untung Aya kayaknya senang lihat gajah dan rada terbengong-bengong kalo ngeliat ada hewan yang mungkin menurutnya memiliki bentuk atau suara yang aneh. Nggak banyak yang sempat dilihat di sini karena keburu hujan dan “terkurung” di area kandang burung sambil nunggu hujan reda. Eeh tau-tau anaknya udah ngantuk aja dan kepengen bobok. Jadilah begitu hujan reda, kita langsung pulang.

9. Desember 2016 – Aya 16 bulan – ke Bandung untuk yang ke-2 kalinya

Kali ini kebetulan kebagian business trip ke Bandung. Terus dapat kabar kalo nginepnya di hotel Trans Luxury Bandung. Langsung kepikiran mau bawa Aya ke sana. Secara rada nggak mungkin ditinggal di rumah karena anaknya masih susah bobok kalo nggak sambil nenen. Jadi sekalian ajak ayahnya juga deh biar ada yang jagain Aya di kamar hotel kalo ibunya lagi sibuk kerja. Hihihi…

Meskipun ke Bandung kali ini lagi-lagi nggak sempat ke mana-mana, tapi Aya dan ayahnya sempat main ke TSM dan ketemuan sama Galuh dan si kecil Daya. Terus begitu kerjaan saya selesai, menjelang pulang nyempetin main di kolam hotel yang bagus banget itu. Ada pasir pantainya dan kalo pagi-pagi bangun dan buka jendela, pemandangannya langsung ke arah kolam renang yang asyik itu. Sayangnya Aya sempat kedinginan waktu berenang di sini karena angin lagi kencang-kencangnya, semacam mau hujan gitu. Jadilah nggak lama-lama berenangnya. Hal yang menyenangkan lainnya adalah karena makan pagi sampai malam disediain di hotel, jadi bisa puas kulineran dan alhamdulillah selama di Bandung ini Aya sama sekali nggak susah makanannya. Apa karena makan makanan hotel yak? Ahahahaha…

10. Desember 2016 – Aya 16 bulan – TMII

Ceritanya rada mati gaya di rumah karena long weekend natalan. Trus suami ngajakin jalan-jalan ke TMII. Sebenarnya saya rada malas sih. Pertama, udah 2 kali ke sana dan dua-duanya memang sebelum Aya lahir, sih. Kedua, secara itu pas banget di hari Natal, udah yakin seyakin-yakinnya kalo TMII pasti bakal jauh lebih rame dari biasanya. Karena banyak bus dari luar kota datang bawa penumpang. Tapi akhirnya memang jadi juga ke sini dengan pertimbangan belum pernah bawa Aya ke sana. Dan bener aja, TMII udah kayak lautan manusia. Untung kita datangnya pagian. Jadi masih nggak susah cari parkiran dan masih puas keliling karena waktu itu pengunjung belum begitu rame.

Nah baru rame banget itu menjelang jam 12 siang. Masih gampang nyari tempat makan sih. Tapi waktu kita mau pindah ke museum lain, itu mau keluar parkiran aja susahnya minta ampun. TMII beneran macet. Akhirnya setelah sempat ke Taman Burung, Istana Anak-anak, Dunia Air Tawar dan Serangga kita memutuskan untuk langsung pulang aja. Udah pada capek juga sih. Termasuk si bocil yang udah puas jalan sendiri ke sana ke mari sambil lihat binatang. Makannya jadi banyak dan tidurnya pun jadi nyenyak di mobil. Hihihi… Jam 5 sore kita udah di Depok lagi aja gitu. Rencana mau makan malam di Margonda gagal karena sampai sana masih sore. Hahaha… jadi ya langsung pulang aja dan istirahat di rumah. ^^

Harapannya tahun ini bakal lebih banyak lagi acara jalan-jalan dan piknik keluarganya. Do’ain, ya! Hihihi… ;P Dan semoga semakin banyak kebahagiaan dan keceriaan di tahun ini. ^^

One thought on “Piknik Keluarga 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *