Cara Mudah Membeli Barang yang Diinginkan Tanpa Uang

Pada postingan kali ini, saya akan cerita bagaimana cara saya membeli barang yang diinginkan tanpa menggunakan uang sama sekali. Penasaran? Silahkan disimak! ^^

—————

Saya paling nggak bisa ke luar rumah tanpa memakai jam tangan. Iya, saya tau. Hari gini kalau mau melihat jam tinggal buka HP aja, kan? Namun buat saya itu sama sekali nggak ringkas. Khususnya jika saya bepergian untuk suatu kegiatan yang nantinya dirasa akan cukup sulit untuk sering melihat-lihat HP.  Jadi, keberadaan jam tangan ini memang mandatory sekali buat saya.

Sebenarnya saya sudah punya 2 jam tangan yang sering saya gunakan juga sebagai pelengkap outfit sehari-hari. Tapi, karena saya memiliki seorang balita di rumah yang sedang aktif-aktifnya dan ia sering tiba-tiba mengambil barang saya dari atas meja, lalu tanpa sengaja barang tersebut terlempar atau kadang malah sengaja dilempar oleh anak saya, sehingga kedua jam tangan saya tersebut sekarang rusak. Padahal harganya juga nggak murah. Huhuhu…

Jadi sejak saat itu saya jadi ingin sekali membeli jam tangan baru, namun nggak mau dulu lah beli jam tangan yang mahal. Nanti yang ada malah rusak lagi sama anak saya. Nah, kebetulan banget nih beberapa minggu terakhir ini sebenarnya saya lagi kerajingan buka-buka sebuah aplikasi jual-beli barang bekas atau yang biasa disebut juga dengan barang preloved. Nama aplikasinya adalah Prelo. Meskipun aplikasi ini sebenarnya bertujuan untuk memperjual belikan barang-barang bekas atau preloved, namun sebenarnya banyak juga kok barang yang masih baru dijual di sini karena mungkin barang tersebut memang sudah dibeli namun tidak terpakai atau sebenarnya barang tersebut adalah unwanted gift atau hadiah yang tidak diinginkan. Dari pada nyempit-nyempitin rumah, mending dijual aja kan?

Kebetulan di rumah, saya punya segambreng barang yang tidak terpakai, baik yang sudah bekas maupun yang masih baru. Salah satunya adalah breast pump atau pompa ASI elektrik bekas yang sebenarnya baru 2 kali saya gunakan karena merasa tidak cocok dengan pompa ASI elektrik. Jadilah pompa ASI second tersebut menjadi salah 1 barang yang saya jual di Prelo.

Sambil menunggu barang-barang bekas di “shop” saya ada yang terjual, saya pun mencari jam tangan yang sesuai dengan keinginan saya di Prelo. Karena di Prelo, sangat mungkin kita dapat menemukan barang second namun dengan kualitas yang masih bagus atau bahkan barang yang masih baru, namun dijual dengan harga miring. Setelah sekian lama mencari, eeh akhirnya dapat juga deh tuh jam tangan yang sesuai dengan keinginan saya, murah, namun tetap kelihatan elegan, dan ternyata malah masih baru! Waaaahh… Langsung aja saya tandai dan masukkan ke dalam Lovelist saya. Iya, di aplikasi Prelo ini kita bisa me-remark barang-barang incaran sebelum kita benar-benar membelinya.

Dan ternyata, mungkin karena memang sudah rejeki… (hehe…) nggak lama kemudian, ada yang membeli pompa ASI bekas saya di Prelo! Jujur ya, sebenarnya ini di luar dugaan saya pada awalnya. Saya sempat berpikir kalau nggak mungkin barang bekas saya ada yang mau beli. Tapi ternyata, barang-barang bekas tersebut nggak sulit juga kok terjual di Prelo.

Nggak pake lama, begitu saya mendapat notifikasi bahwa pembeli sudah melakukan pembayaran kepada Prelo, saya langsung bungkus dan kirim barang tersebut di hari itu juga. Dua hari kemudian ternyata barang sudah diterima oleh pembeli dan ia pun segera me-review barang yang dibelinya tersebut. Dengan demikian, balance di akun Prelo saya pun langsung bertambah dan sebenarnya bisa aja langsung saya cairkan! Woohoo!

Nah, saatnya membeli barang incaran saya! Untungnya selisih harga pompa ASI preloved yang saya jual tersebut, nggak jauh beda dengan harga jam tangan yang sudah saya tandai dan masukkan di Lovelist saya ini. Sebenarnya jika ditambah ongkos kirim, harga jam tangan ini masih lebih tinggi sedikit dengan saldo atau balance di akun Prelo saya saat itu. Tapi untungnya ada Refferal Bonus yang dapat saya gunakan untuk menambah balance ini sehingga saya dapat membeli jam tangan incaran tanpa mengeluarkan uang sepeserpun! Aaaaaaaaaakkk… So happy! Terimakasih, Prelo!

Setelah menyelesaikan pembayaran, saya langsung menghubungi penjual (yang ternyata berada di Bandung) dengan melakukan kontak via fasilitas Chat yang sudah disediakan oleh Prelo. Di sini, saya memberi pesan kepada penjual bahwa saya sudah melakukan pembayaran sehingga penjual dapat segera mengirimkan barangnya kepada saya. Penjual merespon dengan baik pesan singkat saya tersebut dan segera mengirimkan barang pesanan saya. Lalu beberapa hari kemudian, tibalah jam tangan incaran saya ke rumah. Setelah saya lihat barangnya, ternyata sangat sesuai dengan ekspektasi dan saya puas sekali sehingga saya memberi review yang bagus kepada penjual. Dengan demikian, transaksi pun dinyatakan selesai.

Tadinya saya mau menjelaskan secara detail bagaimana cara menjual dan membeli barang di Prelo. Namun ternyata Prelo sudah menjelaskannya dengan sangat baik melalui ilusitrasi berikut ini:

Cara menjual barang di Prelo

Atau ikuti panduan pada link berikut: https://prelo.co.id/panduan-penjual

Cara membeli barang di Prelo

Atau ikuti panduan pada link berikut: https://prelo.co.id/panduan-pembeli

Gimana? Mudah, bukan?

Dengan rekber di Prelo, transaksi yang kita lakukan sudah pasti aman karena penjual tidak akan menerima uang tanpa review dari pembeli dan uang masing dapat kembali kepada pembeli jika barang memang tidak sesuai dengan spesifikasi dan deskripsi produk yang diberikan penjual (misalnya palsu atau ada catat tambahan) dengan masa tunggu maksimal 3 hari setelah barang dinyatakan diterima oleh pembeli. Penjual pun juga merasa aman sebelum mengirim barang yang dijual kepada pembeli karena sebelumnya penjual akan menerima konfirmasi bahwa barang telah dibayar oleh pembeli ke rekening Prelo sebagai jaminan bahwa penjual akan segera menerima uang begitu barang diterima dan di-review oleh pembeli. Win-win solution, kan? ^^

So, kamu punya banyak barang bekas atau preloved di rumah? Duh, udah nggak jaman deh nimbun-nimbun barang! Segera jual dan uangkan barang-barang bekasmu agar bisa diganti dengan yang baru! :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *