Pendapat Gw tentang "Tukeran Link"

Di postingan kali ini, gw cuma pengen pengutarakan pendapat gw tentang sesuatu. Kalo ada yg ga setuju ama gw, silahkan saja! Setiap orang BERHAK mengutarakan pendapatnya masing2.

————————–

Jujur aja, gw kurang suka kalo ada yg ngajak “tukeran link”. Gini… gini… Gw jelasin, yah! Gw sih ga masalah kalo ada yg mau ngelink blog gw di blognya. It’s OK! Silahkan saja! Tp, alangkah lebih baik kalo ngasih tau gw dulu sebelum ngelink. Buat konfirmasi aja…

Gw sendiri, kalo berkenan dgn blog seseorang, pasti akan ninggalin pesan ini di blognya, “Mas/Mbak, ijin ngelink blognya, ya!” TANPA ada keinginin untuk DILINK BALIK oleh orang yg bersangkutan! Iya, beneran! Kalo emang orang itu jg berkenan ama blog gw n pengen ngelink blog gw jg, ya Alhamdulillah… Tp kalo ga, jg ga masalah!

Seperti ibu yg 1 ini misalnya… Jelas bahwa terdapat namanya di link blog gw. Tp coba perhatikan… di link blognya ga ada nama gw, kan? [sekarang udh ada, sih! Baru di tambah ama si Kana! :)) * Santey aja kali, Na!* :P :D] Padahal, ibu yg 1 ini jg sering maen ke blog gw n “meniggalkan jejak”. But, It’s OK lah… Gw ga akan MINTA dia utk ngelink blog gw, karena dia BERHAK utk menentukan siapa saja yg ada di link blognya.

Percuma aja kalo blog gw ada di link blog seseorang, tp dia jarang main atau “ninggalin” jejak di blog gw. Majang blog gw cuma buat “nambah panjang” link blognya aja! Untuk apa? Lebih baik spt ibu yg 1 ini. Sekalipun nama gw ga ada di link blognya, tp dia sering jg maen n “ninggalin jejak” di blog gw!

Atau seperti bapak yg 1 ini. Perlu menunggu waktu yg cukup lama jg hingga akhirnya ia menambahkan blog gw di linknya. Memang gw yg ngelink blognya duluan. Kenapa? Karena gw sangat terkesan dgn tulisan2nya. Jd, utk mempermudah gw maen ke blognya lg, maka gw link-lah blognya. Dan ketika gw tau bahwa blog gw ga ada di dlm link blognya, GA MASALAH SAMA SEKALI! Sama halnya dengan ibu yg tadi, toh bapak yg 1 ini jg tetap suka main ke blog gw dan “meninggalkan jejak” meskipun ga ada nama gw di link blognya. But, akhirnya setelah sekian lama gw mondar-mandir di blognya, barulah ia menambahkan nama gw di link blognya. Gw sendiri jg kadang ga langsung ngelink blog yg baru sekali-dua kali gw kunjungi. Kadang, perlu kunjungan yg sekian kali, baru akhirnya blog tsb gw link.

Lain lg dengan bapak yg 1 ini. Terlihat jelas bahwa sangat sedikit nama di link blognya. Bapak yg 1 ini emang konon ga mudah memasukkan nama di linknya. Terbukti ketika orang ini minta dilink ama bapak yg 1 ini, meskipun mereka sebenarnya udh sering ketemu… tetep aja bapak yg 1 ini ogah utk memajang nama orang ini di link blognya! [Wakakaka… =)) pizz, Bodh! :D] Namun, bapak ini telah memajang nama gw di link blognya TANPA GW MINTA!

Maaf, buat orang2 yg ngajakin gw “tukeran link”… Gw lebih suka kalo kalian bilang, “Mbak, ijin ngelink blognya, ya!” atau “Mbak, aku link ya blognya!”. Dari pada, “Tukeran link, yuk!” atau “Aku link yah blognya! Kutunggu link back-nya!” Owh… common! Bukankah itu terkesan “Pemaksaan”? Belum apa2, gw jd ragu utk ngelink blognya. Gw malah berfikir kalo orang itu ngelink blog gw CUMA karena ingin DILINK BALIK oleh gw. Meskipun [kadang] kenyataannya ga selalu spt itu.

Nah, sekarang coba pikirkan… Anda ingin blog Anda dilink dgn suka rela, atau dgn ‘terpaksa’?

————————–

Nb : Kok gw ngerasa rada aneh ya, kalo ngomong serius spt ini? :| Ngerasa ga cocok aja! :D Hehehe…

60 thoughts on “Pendapat Gw tentang "Tukeran Link"

  1. ya, saya setuju dengan Anda.

    tapi kalo gua sih suka kasian sama orang2 yang bilang “tukeran link yu” itu. gua pikir dia juga kan pengen eksis di dunia perblogan dengan cara melebarkan sayap.. ya mungkin caranya aja yang kurang tepat kali ya..

    salam kenal. kamu temennya si Bodhi ya? :D

  2. mbak, tukeran link yuk, link back ya mbak..makasih..
    heuheuheu.. xD

    kalo saya punya pendapat laen..
    saya ga masalahin org mau ngelink saya..
    ga ijin2 juga gpp..
    itu hak dia..
    jadi hak saya juga mau ngelink dia balik apa enggak..
    etikanya begitu kalo buat saya..
    itu aja..
    yah, seperti yang mbak bilang di awal tadi, ini cuma masalah pendapat ;)

    PS: buat Bodhi, yg sabar ya nak xD
    buat Rime: hare gene baru tau..? wakakakaka.. xD

  3. Hmm…kira2 gw masuk kategori itu ga ya???? :)
    Ah,tapi ga mungkin!!!gw kan belom bapak2..gw masih perjaka bo’. Mungkin klo nieke nulis “perjaka yang 1 ini” gw bisa aja termasuk dalam kategori itu..:D

  4. @ Rime : Yuph! Kalo menurut gw sih itu cara yg kurang tepat!

    Iya, temen blognya Bodhi! Hayo hayooo… kenapa, tuh? ;P Hihihi… baru tau ya kalo kita kembar? ;D

    @ Nieke : Emang! Saya jg akan dgn sangat senang sekali kalo ada yg mau ngelink. Tp menurut gw ya lebih baik ngasih tau dulu… Biar ga kaget kalo sewaktu2 maen ke blognya terus… eng ing eng… dah terpampang aja nama gw di blognya!

    Kan ga lucu jg kalo tiba2 ada yg nulis di SB, “Hai Nilla! Salam kenal! Gw liat blog lo di blognya Badu.” Sementara Badu aja gw ga tau itu siapa. Masa harus gw tanya, “Badu yg mana, ya?” Trus dijwb, “Badu yg ngelink blog Mbak!” Gw tanya lg,”Oh ya? yg ngelink blog saya? Yg mana, ya???” Tuh, jd ribet kan buntut2nya…

    Gitu… ;) Toh jg bukan pekerjaan yg berat kan memberitahu yg punya blog kalo kita ngelink blognya! :)

    @ Nanto : Kategori yg mana sih, To? /:) Kok gw rada2 ga mudeng ya ama comment lo yg ini? Hayooo… lo salah comment, ya? Hqhqhq… X)

  5. Nill….setuju bgt….
    oke banget kamu posting pendapat kyk gini….

    lebih baik di link sukarela dan ngelink sukarela….dan rajin saling menyambangi…..:-)

  6. wah,, postingannya oke kok. kenapa merasa gak PD hehe..

    gue siih seringnya,mereka lebih dulu yang memasukan link, izinnya belakangan gak masalah sihh.

    cuma BTnya nggak bilang tukeran link eh jauuh hari di bilang sombong gak mampir padahal mah gak ada di link * ups jadi curhat hehe*

  7. Masalah link dan link balik memang menjadi sebuah kelaziman di dunia blogging dan beberapa klasifikasi yang saya “patok” untuk link yang ada di blogroll saya:
    1. link “teman ngeblog” merupakan blog yang secara “nyata” dan atau “maya” sudah sangat saya kenal, sosoknya ada, dan postingannya senantiasa saya ikuti.

    2. link “orang ngetop” merupakan blog atau sosok yang secara “maya” dan atau “nyata” sudah dikenal. Saya merasa sayang kalo berita atau isi pikiran orang seperti Hidayat Nur Wahid, Juwono Sudarsono, Gus Dur dll terlewat. Walaupun tidak setiap saat berita atau posting mereka saya ikuti.

    Beberapa blog orang ngetop ini ada yang telah saya delete karena teridentifikasi “tidak pernah update”…

    3.link “asing” merupakan blog atau web milik orang asing yang kontennya saya anggap menarik.

    4.link “anonim” merupakan blog yang sosok pemiliknya sama sekali tidak jelas. Akhir-akhir ini cukup banyak blog seperti. Bisa jadi blog ini merupakan duplicated site dari pemilik yang sama. Tidak jarang blog ini biasanya sangat-sangat bussines oriented. Walaupun saya link, tapi blog seperti ini biasanya hanya saya tengok kalo blognya “nyapa” duluan…he…he….

    Perasaan saya saat ngelink mereka:
    Item 1,2,3 saya link dengan SEPENUH HATI

    Item 4 saya link dengan SETENGAH HATI.

  8. apa ya hehehe smuanya dah terjawab deh keknya… kalo saya ngelink brati nandakan saya udah pernah kunjung ktmpt org yg saya kunjungin biar ntar di laen hari pas kunjung lg ke blog itu gag bilang salam kenal lg huehehehe soalnya pernah kejadian ehh trus orgnya blg keknya udah kenalan dehh wahh kan malu jadinya huehehe

  9. Ah, sebegitu pentingkah arti semua link back? sebegitu pentingkah arti sebuah komentar?

    Nilla hari ini kesambet apaan? it seems not your own soul :P

  10. bwahahaha….

    kok bisa-bisanya ngambek soal blogroll. santai aja bu

    ngomong2, saya sendiri banyak ninggalin jejak ga? soalnya tukang ketik khan ada di blogrollnya tuch. hihihihi….

    ngomong2 lagi, gw juga sebel sama orang yg tiba2 gw lihat dari technocrati, kenal kagak tapi kok ngelink. kesannya khan gw seleb. *wueek*

    anyway, sabar2… banyak senyum.

    gw cinta ama nih blog. Lugas dan ganas!!

  11. @ Mbak Nila : Makasih, Mbak! ;) Segala sesuatunya emang lebih enak kalo dilakukan secara sukarela.

    @ Mbak Dezz : Soalnya aku emang ga terlalu suka ngomong yg agak2 serius. Jd ga PD aja! ;P

    Btw, apa yg Mbak Dezz bilang itu jg termasuk salah 1 alasan kenapa lebih baik kita memberitahu yg punya blog kalo blognya kita link! ;)

    @ Cempluk : Hehehe… dah kayak apaan aja pake direnung2kan segala! ;P

    @ Mas Mashuri : Aku jg kurang suka tuh Mas, ama blog2 yg “bussines oriented”… :( Ndak mudeng kalo bacanya! ;P

    @ Mbak Deenda : Owww… gitu toh, Mbak? Iya, sih! Ada benernya jg! ;)

    @ Mas Galih : Ga tau neh Mas, kesambet apaan! :( Hehehe… Postingan kali ini ga aku bgt ya? :P

    @ Tukang Ketik : Mas, ini jg bikin postingannya sambil senyum, kok! Ga sambil manyun! Hehehe… ;D [nyengir]

    Bukannya ngambek, tp lg pengen makan orang aja! :| ;P

    Wah, Tukang Ketik cinta ama blognya, apa ama yg punya blognya, neh? Wakakakaka… =)) Hmmm… btw, ganasnya dimana, yah? :|

  12. ehem .. *liat blog gw* loh blognya nilla belon ada toh?!? :p …setuju ama kamu buat yg satu ini, malah jadi inget udah lama bgt gak pernah update link di blog gw sendiri :p

  13. oops!! maap ya juminten,,, aduh,, blog asisten sendiri koq ga ada di blogroll gw yupz?? xP jadi merasa berdosa,,, sementara kembarannya udah nampang di daptar,, xP nanti juragan masukin daptar blogroll juragan ya jum! xP

    tapi hooh tuh, kadang gw juga suka ga suka kalo ada yg minta tukeran link. tapi biasanya gw liat2 dulu. kalo sekiranya his/her writtings are interesting, why not his/her address be on my blogroll list?

    yah, gpp lah,,,as rime said, “biar bisa eksis sekaligus memperkenalkan linknya kepada dunia” *halah* toh biasanya mereka ga yang maksa juga siy waktu ngajak tuker link. tapi pernah juga siy ada yg maksa n ngotot minta dimasukin ke dalem blogroll,,kalo udah gitu biasanya gw cuekin ajah,,, xP *jahat yah?*

  14. @ Mas Adi : Gpp, kok Mas! ;) Santey aja… :D Aku ga mempermasalahkan blogku mau dilink atau ga, kok! Yg penting, sering2 maen2 aja! Hehehe… *ngarep* ;P

    @ Kana : Et dah. Langsung dilink ama Juragan! ;P Santey aja kali… ;)

    Iya tuh, Juragan! Paling sebel kalo ada yg minta dilink, tp maksa! Kayaknya sikap “cuek” emang diperlukan bgt utk kasus yg spt itu! Hqhqhq… X)

  15. Ngomong2 soal link, sepertinya blogspotnya Nilla belum aku link ya? hehehe….yg dilink baru Blog FSnya aja.
    Kalo aku sebelum nge-link blog orang, pasti kulo nuwun dulu. Siapa tahu kurang berkenan. Walaupun selama ini Alhamdulillah belum pernah ditolak…hehehe

  16. tukeran link yu’

    :P~

    perasaan banyak y yang pertama kali mampir langsung minta tukeran link, biz itu tak pernah datang lagi huhuhu,,, X(~

  17. diblog mata tidak ada yang namanya friends list link. sebab memang ada kendala karena nanti bakal berat bukanya.

    tapi semua link dari teman teman sudah tercatat dalam bookmarks. jadi bagi yang mau link tempat mata ya silahkan tidak juga ngga apa apa. bukan suatu keharusan kok :)

  18. sebenarnya tergantung kita juga kok nilla.. tapi untungnya link kita di add apa sie.. bisa lebih terkenal gt.. ga kan

  19. @ Mbak Irma : Gpp kok, Mbak! ;D Hehehe… Iya, Mbak! Emang menurut aku lebih baik ngasih tau yg punya blog dulu kalo mau ngelink blognya! ;)

    @ Aryo : That’s what I mean, Yo! Kadang orang ngajak tukeran link itu ga jelas buat apa. Soalnya kebanyakan cuma ngelink doang. Tp habis itu ga balik2 lg…

    @ Mata : Iya, nih. Pas maen ke blognya Mata sempet bingung, kok ga ada linknya? Ternyata begitu, ya? Hehehe… ;P

    Mata, nanti aku link yah blognya! ;) Soalnya sering jg maen ke sana! ;D

    @ Agung : Bagi aku, ngelink blog seseorang itu penting supaya aku bisa maen2 lg ke blognya di lain waktu. Bukan masalah terkenal atau bukan sih sebenarnya! ;)

  20. Waduh, Nilla yang lagi ngambek…
    Saya setuju banget dengan postingannya.
    Ya udah, jangan terlalu diambil hati.
    Anggap aja Nilla sedang mendulang pahala dengan berlapang dada terhadap ulah oknum tersebut.
    Oh, ya..
    Saya copy paste postingannya, plus komentar saya terhadap kejadian yang Nilla alami.
    Ternyata bukan hanya Nilla sendiri loh, yang mengalami kejadian menjengkelkan ini.

  21. nill… kita tukeran link lagi yuk…
    jadi di kmu ada 2 nama aku…
    di aku ada 2 nama aku…
    ehh.. termasuk pemaksaan ga?…
    atau pemborosan dan ketidakefisienan… alah… hahaha…

  22. kalo aku sih gak masalah kalo ada orang ngajak tukeran link, dan biasanya langsung aku respon.

    tapi kalo aku yg mau ngelink blog orang lain, aku pasti minta ijin dulu dan baru ngelink kalo udah dapet ‘restu’. aku biasanya ijin ngelink kalo udah sering main ke tempatnya dia. ya kecuali kalo dianya yg baru pertama kali main ke blogku udah minta link itu lain lagi ceritanya :D

    btw aku udah lupa siapa yg duluan ngelink aku atau Nilla ya?! tapi yg jelas Nilla yg duluan main ke blogku dengan nama ‘Miss Patoli’. ingat?! :D

  23. ah, santey aja kali. hehehe…
    biasanya yang “maksa” tukeran link gitu blogger baru. maklumin ajalah, kita2 dulu waktu baru ngeblog pasti juga pernah punya perasaan pengen di-link banyak2 :)

  24. @ tukeranlink : Wekz! Saya ga ngembek, kok! :P Cuma lg pengen nyakar orang aja! *kucing garong kale…* ;P

    Sok atuh, kalo mau di copy paste! tp bayar royalti, yak! Hqhqhq… X)

    @ ordinary girl (senny) : Bilang kok, Sen! Gw masih inget, waktu itu kan bilangnya pas kita lg ngobrol di Y!m… ;)

    @ Mas Dian : Hmmm… comment ga jelas deh ni orang! ;P

    @ Mbak Mela : Oalah… Itu namanya ketidakefisienan, Mbak! Hehe… Ada2 aja Mbak Mela ini! ;D

    @ Wahyu : Iya, inget! Waktu itu gw komentarin profile lo dulu kan di SB! Hqhqhq… X) [jd kayak nostalgia gene! :P]

    @ Hannie : Ga jg sih, sebenarnya! Bahkan sebagian yg ngajak tukeran link itu kalo dilihat2 yg udh punya banyak link jg di blognya! Kalo emang masih baru sih, yah masih bisa dimaklumilah… ;) Selama ga hanya sekedar ngelink aja! ;P

  25. Huehuehue, terus terang gua termasuk org yg make cara ini.

    Saya setuju dengan ama yng Nila bilang, hanya saja ingin mencoba menambahkan sudut pandang saja.

    Yang gua tau seh, tukeran link itu tidak berarti harus dalam bentuk blogroll atau semacam list link di sidebar.

    Ketika kita menulis artikel dan di dalamnya sempet memasukkan sebuah link, menurut gua itu dah termasuk link back.

    Semua halaman yang ada linknya, bisa dikatakan itu berpotensi untuk link back.

    saran gua seh, untuk saran tukeran link, buat aja sebuah postingan khusus yang di dalamnya ngelist semua link yang mo tukeran link ma Nila, tidak harus dalam bentuk blogroll.

    Karena menurut gua, blogroll itu sebuah sanctuary, cuma yyg khusus aja boleh masuk :)

  26. halo, sekedar mau berpendapat nih..

    kalo saya sendiri, kerap sekali meminta perijinan orang lain untuk melink blognya di blog saya, meski baru pertama kali melihat blognya..

    hal ini saya lakukan hanya untuk menambah teman saya tanpa maksud apapun..
    hhehehe peace!!

    btw, minta ijin buat ngelink blog anda yaa =)

  27. kekekek,
    setuju!
    ada seratus orang (eh, belum ada segitu ya?) yang udah aku link, tapi nggak ngelink balik…
    malah ada yang ngajak TUKAR LINK YUK, setelah aku link duluan, GA NGELINK BALIK.
    kaget juga baca postingan ini, karena teman saya ada yang namanya Nila, untung setelah di klik, bukan blog ini yang muncul, gawat juga kalo sampe belum minta ijin udah aku link… berarti nggak berkenan di hatimu dong…

  28. weheheheh
    setuju
    banget

    gw jg klo ngelink org, gw ga pduli di link balik pa ngga. tp klo org ngelink pny gw en minta di link balik, gw ga tegaan bwt nolak. hehehe…

  29. Kalo cuman tukeran link sih engga masalah, tapi kalo tukeran baju..agak bermasalah..apalagi kalo jenis kelamin-nya bedha… jelas bermasalah. Khan engga mungkin aku pake baju ceweq.

    Aku link ya..(bukan minta izin..tapi pemberitahuan).

  30. @ standalone :“Karena menurut gua, blogroll itu sebuah sanctuary, cuma yyg khusus aja boleh masuk :)Yuph! sayah setuju sekali dengan Anda… ;)

    @ *yg namanya pake tulisan… kanji?* : Baguslah kalo memang ga bermaksud apa2. :) silahkan kalo mau dilink! ;) Makasih, ya!

    @ Mbak Isnuansa : Gpp kok kalo emang mau link blogku tanpa “minta ijin” dulu! Yah kalo bisa sih konfirmasi ke aku dulu aja, bukan berarti “meminta ijin”. Aku jg bukan mempermasalahkan hal itu! xP Yg jd masalah, yg ngajak “tukeran link” tau2 udh minta “link back” aja. Kalo aku sih kurang setuju dgn cara spt itu, mbak! ;) Karena yg namanya sebuah list link (blogroll), itu buatku sgt pribadi. Dimana hanya kita (yg punya blog)-lah yg berhak menentukan siapa2 aja yg ingin kita link.

    @ macangadungan (Lea) : Gw jg awalnya ga tegaan, Le! Tp kalo dipikir2, kalo semua yg ngajak tukeran link itu semua linknya kita pasang di blogroll, apa itu sidebar di blog makin lama ga semakin panjang dan kepenuhan??? Jd, lebih baik kita lebih selektif lg kalo mau memasukkan sebuah link dlm blogroll kita. Menurut gw, itu adalah cara yg lebih baik! :)

    @ Harrie : Wekz… Ini bukan masalah baju loh, Mas! :P Silahkan dilink! Terima kasih.

  31. saya kan masih cupu.. jd rada g mudheng ini..
    lha saya selama ini asal ada yg asik aja, ya langsung saya link..

    *merayu mode:ON*
    nah, kaya blog ini.. asik nih.. jd saya ijn nge-link di blog saya ya?thx
    *merayu mode:OFF*

    PS:lah.. gantian saya udah komen 5 kali,tapi g masuk2.. sensi juga ini ya?

  32. Kalau sudah tukeran link, ya kita mesti konsisten ; harus saling mampir dan menyapa.
    Pengalaman saya; kebanyakan malah menjadi ada ikatan emosianal, walau belum pernah ketemu sama sekali. Kalau ada yang sudah lama vacum posting, saya merasa kehilangan. Ada juga yang kemudian “putus”, tapi saya tidak akan menghapus nama dia dari link.

  33. nice blog….
    nice tought….
    but nothing wrong if u;
    learn more in relation
    experience more in life…

    salam hangat dan salam kenal…

    “peace”

  34. oh gitu ya? ya gak papa sih…kemerdekaan berpendapat. hehehe…aku juga sering tiba2 blog aku nongol di daftar link blog orang, padahal aku blom pernah tau siapa dia…gak ijin pula. Tapi sengaja aku tambahin linker, biar aku tau , siapa ajah yang udah main ke rumahku. Malah, untuk beberapa blog yang cuman mampir di SB tapi gak isi linker, aku “paksa” balik dan isi linker aku..hehehe..dengan catatan isi blognya bagus! oke, sukses buat kamu ya Nila!

  35. waduh… ibu nilla… ajegile.. šŸ˜®
    ternyata ada postingan kayak gini.. :banghead:
    wadoh gimana nih.. (bu nila marah gak ya…)
    hmm,, jadi begini bu.. di blog saya udah ada link ke tempat ibu… :buttrock:
    gapapa yaaa…??? :-?

  36. ah kalo saya mah biasanya cuma bilang gini aja:
    – saya link ya…

    ato saya link aja blognya ga pake bilang2…hehehe…

    mau dilnk balik/gak, ya terserah dan sesempatnya ajalah…

  37. ehm..”boleh ngelink blognya gak?” ^-^
    udah bebrapa kali dateng kesini walo blum pernah ninggalin jejak.. :)

    salam kenal ya..

    dari Dy (sm2 anak pekanbaru juga)

  38. @ Imil : Makasih sudah dilink imiL! ;) sensi? balas dendam kali! huahuahua… xD

    @ Om GusKoko : Iya, tuh Om! Yg penting saling menjambangi… ;) Jangan hanya sekedar ngelink aja!

    @ Faisal : *pletak!*

    @ Mbak Lady : :|

    @ khomeinimuj : wah, kayaknya saya ndak lg bahas “learn more in relation”! :D Ini cuma masalah link2an atau blogroll aja! ;) “relation” menurut saya maknanya lebih dr sekedar “link”! :) Salam hangat dan salam kenal jg! :D

    @ Mbak Diana : hihihi… jd karena itu mbak diana “maksa” aku isi linker? xP btw, makasih ya mbak! ;) Suskses jg buat mbak Diana!

    @ aji putra : Iya… iya… gpp, kok! santey aja! xP

    @ Mbak tyka : aku dulu jg gitu kok, Mbak! Kadang suka ga bilang2 kalo ngelink blog org. Skrg sih biasanya ngasih tau. Sebagai pemberitahuan aja buat yg mpunya blog. Ga ada maksud apa2! ;)

    @ Dy : Gpp, link aja! ;) Wah, dr pekanbaru jg toh? DoOohhh… senengnya ketemu org sekampung halaman! x)

  39. hehehe, baru baca postingan yang ini…

    hihihi, sama ajah sama sayah… lo jadi jubir gue aja deh jum.. hahaha, kaya gue orang penting aja…

    cuma gue lebih ke arah nieke gitu…
    kalo gak ngomong gpp, tapi kalo ngomong lebih baik lagi…

    eum, soal iir, ga ada apa2 kok :P dia temen kumitt gue, anaknya baek banget… *lho, jadi curhat

    eh, btw, manggil gue dinda aja deh. ndak usah pake mbak… :)

  40. Assalamu alaikum,

    Mumpung hari minggu, saya bisa berlama2 di blog ini.. :)

    Saya pribadi sih newbie banget dlm komunitas blog.. bru bln November 2007. Tapi gak napsu2 amat sama tukeran link. Memang saya pny daftar teman, tp hanya di blog yg free (blogspot), tp untuk web pribadi yg dibuat untuk usaha/bisnis (Bukan ADSENSE dan semcamnya yah) malah gak ada daftar link atau shoutbox atau banner komunitas yg saya anggap “gak terlalu berguna” dan “gak perlu dipasang itu”, bukannya arogan, tapi emank gak relevan.. dan itu harus bisa dibedakan.

    Khusus untuk blog yang free (blogspot), Biasanya kalo mau ngelink minta ijin sama yg pny link, dan biasanya yg ada didalam link selalu saya kunjungi (walaupun biasanya malas nulis pesan di shoutbox). Tapi ada banyak juga blog yg rutin saya kunjungi tp blom saya link (ex: totoks.com, blog nya gus koko, blognya putlies, titiw.com, termasuk blog ini). Kalaupun saya tidak meninggalkan comment diartikel ybs, itu karena comment yg ingin saya tulis sudah ada, dan sudah ditanggapi.. jd buat apa nambah2in comment, malah terkesan OOT :d

    Saya pribadi dan mungkin kita semua lebih suka dengan web/blog yang isinya asik, mencerahkan, dsb daripada blog/web yg dipaksakan menggunakan bahasa asing dengan content2 yg gak jelas apa tujuan dibuatnya atau untuk siapa content itu dibuat (Persoalan content nya di tulis dengan bahasa yg serius atau santai itu lain lg yah :d).

    Saya sering membaca blog yg isinya saya anggap asik, gak terlalu serius tp bisa bikin ketawa, dan tentu original.. Saya pikir itu masih lebih bagus dibanding blog/web yg isinya dipaksakan mereview soal2 “yg terlalu dipaksakan itu” dan “gak perlu disebut itu” .. Trus isinya ditujukan buat siapa yah???

    Masalah link mungkin karna yg pny blog terlanjur di doktrin sama blogger (yg katanya) senior untuk mencari link sebanyak2nya dengan tujuan meningkatkan rangking blognya. Saya pribadi gak pernah perduli sama rangking, visitor, dan semacamnya. Karena ketika kita mengejar rangking, visitor dsb maka kita akan terjebak menjadi followers yang akhirnya membuat kita tidak menjadi diri sendiri. Please deh… Kita itu harusnya menjadi seperti yg kita kehendaki, yang kita sukai. Dan blog itu harusnya menjadi cerminan diri kita.

    Saya selalu berpendapat begini : Buat apa rank blog kita tinggi, visitor banyak tapi visitor yg datang tidak happy atau tidak mendapat “sesuatu dari blog kita? berdasarkan pengalaman, saya sering merasa kesal jika mencari artikel di google, kemudian saya mengakses blog atau site di halaman pertama ternyata isinya hanya “kata kunci” atau malah di beri link macam2, atau malah antara judul artikel dengan isi artikel ibarat venus dan mars??

    Back to topic :d, balik lagi ke soal link, saya pribadi klo diajak tukeran link emank rada gak tega sih klo mau nolak, biasanya yah saya kasih aja link.. adakalanya juga saya meminta ijin untuk link (misalnya blog2 tutorial yg banyak membantu diawal2 saya membuat blog). Persoalan mereka mau memberi link balik itu hak mereka, dan saya tidak pernah memaksa untuk diberi link, krn saya percaya.. masih banyak hal yg bisa dilakukan untuk membuat blog/web kita dikenal dan disukai tanpa harus menumpuk banyak link..

    (Comment saya hanya sekedar uneg2, itu subjektif, dan anda semua tidak perlu setuju thd coment saya.. Peace)

    Wassalam..

  41. I couldn’t more agree with your thought babe.. Aku juga ngelink orang2 yg gak ngelink aku, dan itu sama sekali gak masalah, bete banget kalo ada yg ajak tukeran link dan minta tuker sampe berkali2 di shotbox.. Argghhh!! annoying!!
    Emang sih ningkatin traffic, but it’s not my number 1 priority.. of course.. hehheee.. Cheers!

  42. aku baru2 ini aja tau kalo tukeran link tuh bagus buat rank blog kita.. (nubie banget nie..)
    tadinya bikin link blog tetangga cuma biar gampang mengunjungi.. tinggal klik..
    yang penting sih posting, posting n posting..
    pelampiasan uneg2 lebih penting dari page ranking..;)

  43. Menarik sekali tulisannya.
    Sekedar sharing aja…
    Terus terang ada blog saya yang khusus affiliate marketing untuk produk kesehatan sungguh memerlukan ini.
    Dan ini ibarat nyawa saya, ini karena marketnya cenderung ke amerika, canada dan eropa sehingga persaingannya menjadi ‘serem’. Misal saja situs webmd.com (saingan berat banget).
    short tail dan long tail keyword hampir dia kuasai dengan link yang berhubungan dengan situs tersebut mencapai 1.500.000 link (wow….) sedangkan situsku baru berumur 1 bulan.
    Tapi dengan aktif di forum kesehatan orang sono dan ikut berdiskusi akhirnya walaupun situs tersebut baru berumur 1 bln tapi sudah memberikan hasil penjualan sekitar $460
    alhamduliilah lumayan balik modal dengan membeli paid hosting sekitar $11 melalui paypal. dan sudah mendapat pagerank 1 dlm waktu 1 bln ini.

    Jadi terus terang saya butuh backlink guna bersaing di market yang strategis tapi persaingan yang sengit.

    Kenapa saya terjunin ini? Ya, tidak lain karena residual income. Kalau obat saya bermanfaat buat mereka tentunya mereka akan beli kembali dan sayapun akan terus mendapat komisi walaupun ia membelin produk tersebut langsung melalui telepon.

    So..kalau ada dari teman yang ingin bertukar back link, saya dengan senang hati membalasnya.
    Dengan syarat situs tersebut tidak berbau porno dan situs yang berbau penghinaan.

    Teman2 bisa submit situs/blognya pada menu sidebar situs saya.
    Silahkan main kesitus saya, atau berdiskusi tentang bisnis ini. Akan sangat senang sekali memiliki teman diskusi bisnis ini dengan teman2 yang satu bahasa dan kultural

    Thanks

  44. maaf, bu
    bukan mau ngelink
    coz i know
    “u don’t want 2 be a celebrity!!!”

    cuma mo komen,
    bahwa blognya bagus
    updated end selalu fresh

    salam

  45. setuja!!(setuja aja) :d banget mbak,saya rasa itu salah satu bentuk pelecehan dan penzaliman buat para newbie-newbie yang rangkingnya empot-empotan di mbah google dan nyai alexa…contohnya seperti saya ini…udah capek-capek ngarepin ampe bakar sesajen tapi si seniorita-seniorita blogger pada nyantumin tanpa mau ninggalin noda di blog saya !!! saran saya mbak mari kita DEMO para Seniorita itu……….!!! hidup newbie blogger!!!:x:x:x

  46. berarti harus ada satu “rayuan yang dibakukan” tertentu untuk tukeran link…jadi scara ngk langsung link tsb bisa di aprv tanpa harap harap cemas link nya dicuekin…:d

  47. yang penting tukaran nya ama web yang udah punya rate bagus tapi biasa nya mereka juga mau nya ama yang bagus juga…

    akhir nya yang bagus makin bagus….dan kita yang low traffict yah makin low aja…:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *