Setitik Biang Kerok di Payudara Saya

hasil USG (klik gambar utk memperbesar)

hasil USG saya (klik gambar utk memperbesar)

Haaa… 6 buah tumor + 2 buah kista bertengger di dalam payudara saya ternyata. :D September tahun lalu ketika saya memeriksakannya ke dokter umum, hanya 1 tumor yg terdeteksi. Namun saya saat itu sebenarnya sudah dianjurkan utk USG demi memastikan. Tp karena saya males, barulah sabtu ini saya memeriksakannya. :| Itu pun kalo bukan karena diseret-seret Mbubh, nggak bakal saya perksa-periksa lg deh tu tumor kayaknya. :))

Enggg… anu, gimana ya? Bukannya ngeremehin, sih. Secara ini tuh tumor gitu, loh. Masih jinak. Ya, ok… Ok… Saya tau, emang nggak bisa diremehkan jg. Tumor pun bisa jd ganas yg kemudian disebut kanker. Tp setau saya, emang manusia tuh wajar-wajar aja terkena tumor. Bahkan bisa sampai 3 kali di waktu yg berbeda dlm sepanjang hidupnya. Dan nggak semua tumor jg kok yg harus diangkat. Karena tumor bisa mengecil. Meskipun yg namanya tumor kata dokter nggak akan pernah bisa hilang. Yg bisa hilang itu kista, karena isinya cuma air dan bisa pecah. Kalo tumor kan isinya daging. :| Hilangnya gimana coba?

Tapi saya kaget jg waktu lihat hasil USG saya. Karena ternyata, salah 1 dr ke enam tumor di payudara saya mengandung kalsifikasi (proses yang menghasilkan kapur). Dan kata dokter ini pertanda buruk dan kemungkinan besar bisa membahayakan. Lihat deh gambar yg di kanan bawah. Lihat titik putih yg lalu ditulis “kalsif”, kan? Ya, itu dia biang keroknya! :-w Maka pada Lembar Hasil Radiologi ditulis bahwa saran dokter adalah : Biopsi Lesi yg dlm bahasa simpelnya, HARUS DIANGKAT alias operasi! Huwaaa… :((

Sebenarnya, sodara kembar saya itu tahun lalu jg sempet terkena kasus yg sama. Tp nggak nyangka jg setelah itu saya akan menyusul. :-s Dan memang yg namanya tumor di keluarga saya tuh bukan hal yg baru. Beberapa tahun yg lalu, kakek saya meninggal karena kanker pencernaan! Engg… okay, tentu saya jg nggak mau sampai seperti itu. :| Makanya, begitu merasa ada tonjolan yg aneh di payudara, saya langsung check up ke dokter. Meskipun antara check up pertama dan lanjutan jaraknya sampe berbulan-bulan. :))

Huff… Saya belum tau jg mau operasi kapan. Kayaknya saya harus nyiapin nyali dulu. Soalnya ini akan menjadi operasi pertama saya. :| Dan saya paling ngeri sama yg namanya operasi. Hiii… Kebayang aja tuh payudara saya diobok-obok ama dokter. Bikin lemes. Belum lg gimana caranya saya ngasih tau papa dan mama tentang hal ini. Wooohh… Pasti nyap-nyap mereka. Iya, saya pasti diomeli dulu tuh. Soalnya saya nggak segera USG meskipun udah tau ada tumor di payudara saya sejak tahun lalu. Trus saya sebenernya jd ngerasa bersalah jg karena akan membuat mereka khawatir. :(

Tapi yah, dokter sempet ngibur saya kayak gini, “Kamu tuh beruntung. Usia masih 23 tahun dan cuma ada 6 tumor di payudaramu. Beberapa waktu yg lalu ada cewe, masih 21 tahun dan ada 27 tumor di payudaranya! Waktu saya kasih tau dia, kayaknya dia nggak kaget. Soalnya katanya baru 2 tahun yg lalu dia operasi tumor jg dan saat itu ada 18 tumor yg terdeteksi di payudaranya.” Owalaaahhh… Serem amat! :| Okay, baiklah… Kalo begitu saya masih beruntung. *menghibur diri*

33 thoughts on “Setitik Biang Kerok di Payudara Saya

  1. hwidih! saya mesti check up jg kayanya nih…duh tapi takuuuttt….
    btw tanyain sama dokternya dong, itu nama pasien yg 21 taun itu siapa, soalnya saya punya temen yg skrg umur 22, tapi operasi payudara sebelum dan pas umur 21.

    semoga semua berjalan lancar ya Nil :)

  2. hiii, gawat juga ya tante. saranku sih, cepet kasih tau orang tuamu. yah, mereka bakal ngomel tp daripada trus-trusan takut diomelin dan kamunya jadi makin ga ada nyali? *hahay, sotoy* mending dari sekarang aja. sekalian, mereka jg bisa ikutan konsultasi sm doktermu tah?

    wishing all the best for your healthy :D

  3. waduh.. mengerikan jg… btw adekku juga sama, insyaAlloh minggu depan operasi (tapi ga sebanyak ini, cuma 1biji).. beranikan diri aja jum, supaya ga lama2 .. :)

  4. ayo periksa periksa periksa…beranikan diri beranikan diri beranikan diri… *sugesti diri sendiri*
    serem laaaa….kista dan tumor di rahim gw aja tumbuh bolak balik :(

  5. Sebaiknya ortu kamu jg dikasih tau nill, cz lambat laun jg ntar mereka ngerti.. Kalo diomelin ya didengerin aja, resiko itu mah hehehe.. Yup moga cepet sembuh ya nill :)

  6. paling juga diinfus, jadinya g akan kerasa ;;)
    anyway, semoga lancar semuanya, n cepet membaik.. percaya aja sama dokter yang operasi, bahwa beliau akan melakukan yang terbaik ;)
    good luck ya neng nilla :)

  7. aih pantes berasa dejavu, ternyata nieke ya yang kapan tau abis operasi tumor payudara…

    aduuuh kok serem sil Nil? :| jadi kamu kapan dioperasinya?

  8. nikah aja nill,,, temen ku juga ada 3 org yg kayak gitu, 2 di operasi, yg satu gak, dia nunggu nikah aja katanya.. kata dokternya juga…

    btw, temen ku itu kembar juga :D

  9. Iya mbak. Hanya kita yg bisa menghibur diri kita sendiri, tetap bersyukur mba, itu semua uda dari yang di atas, saya jg sama kok. tipe2 penyakitan jg. hehe tp ya saya anggap positif, sy anggap ini ujian dan bukti kalo tuhan sayang. :) cepet sembuh ya… dan berdoa…

  10. Temen ku udah 2 orang yang pernah operasi.. Alhamdulillah berhasil n lancar.. mending di operasi aja kalo dokternya bilang gitu.. daripada ditunda2 takutnya malah makin parah.
    Semangat ya jum..

  11. ya ampuuun, aku baru tau nil…
    hmm, jadi nyadar deh klo aku gak boleh terlalu takut ngadepin kedepan…
    kamu aja tegarnya gini…

    semoga sembuh ya nil…

  12. @ all : tengkyu yah, buat do’anya. :-* *ciumin satu2* aku gak apa2, kok. lagian, ga usah terlalu takut. ga semua tumor itu yg harus diangkat sebenernya. ini karena ada kalsifikasi aja makanya harus diangkat. :D

    @ de asmara : waduh, aku belum balik check up ke RS lg, mbak. nanti ya kalo ketemu dokternya lg aku tanyain. :P

    @ rime dan nengbiker : ciri-cirinya berasa ada benjolan yg cukup padet di dalam payudara. biasain deh cek payudara gitu sehabis mandi. kalo ngerasa ada “benda asing”, langsung segera check up aja. ;)

  13. Nilla, cepat sembuh yaa…. saya ada benjolan diketiak, dulu awalnya kecil saya acukan, dan akhirnya Februari kemarin mulai membesar dan sakit, sampe2 saya susah menggerakkan tangan kiri saya tsb :(
    dan gak berani ke dokter cuma ke akupuntur dan dikasih obat HPA gitu, Alhamdulillah sekarang udah gk rasa lagi, dan smoga gak lagi…
    wanita rawan banget yaa kena penyakit :(
    *upss maaff Nilla, saya jadi curhat* :*

  14. Pingback: Hal yang Menarik dari Operasi Itu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *